Tarian sumatera Barat – Provinsi Sumatera barat merupakan provinsi apa terletak di pulau Sumatera dan town Padang sebagai ibu kotanya. Kanton Sumatera barat terletak di sepanjang pesisir barat Sumatera bagian markas besar dan beberapa pulau di lepas pantainya. Provinsi Sumatera barat mempunyai kanton seluas 42.297,30 km² dan berbatasan mencapai beberapa provinsi kemudian Sumatera Utara, Jambi, Riau, dan Bengkulu.

Anda sedang menonton: Tari yang berasal dari daerah sumatera barat adalah


Sumatera west ialah rumah karena etnis Minangkabau, meskipun wilayah adat Minangkabau lebih luas dari wilayah administratif Provinsi Sumatera barat sekarang ini. Provinsi Sumatera barat memiliki inhabitants sebanyak 4.846.909 jiwa dan mayoritas beragama Islam. Provinsi ini memiliki 12 kabupaten dan 7 town dengan pembagian utama administratif sesudah kecamatan di seluruh kabupaten.


Berbicara soal Sumatera west tentunya tidak terlepas dari berbagai macam kebudayaan asli dari kota ini sendiri. Sumatera barat adalah kota yang terkenal dengan berbagai kebudayaannya yang asri dan siap cukup membusuk di mancanegara. Adapun berbagai Tarian Sumatera west yang fasettoblog.com berikan untuk Anda antara lain.

*
*
*
*

Tari kumparan asal pertama diambil dari tale rakyat saat seorang gadis apa ditinggal tunangannya untuk berdagang. Selama ditinggal menemani itu si gadis kehilangan cincin pertunangan dan berusaha mencarinya di pusat malam. Ia mencarinya menggunakan membawa lilin such penerangan. Finite gerakan dari gadis menyertainya dijadikan tarian hingga terciptalah Tari Lilin.

6. Tari Rantak.


Tari Rantak berasal dari Kabupaten Kerinci. Tari Rantak mempunyai ciri ketegasan di dalam setiap gerakannya dan disertai mencapai hentakan kaki yang menimbulkan suara serta gerakan tang silat. Kostum yang dipakai penari adalah kostum dengan melukis tegas, yaitu merah dan pakaian adat Minangkabau.

7. Tari Ambek-ambek Koto Anau.


Tarian ini terinspirasi dari aktivitas anak-anak yang sedang permainan dengan teman-temannya. Manuver dari tarian ini ada apa duduk, berjalan-jalan, berkeliling, berhadapan, sedikit gerakan pencak silat dan gerakan dll seolah anak apa sedang bermain.Kostum yang dikenakan buat laki-laki umumnya adalah kostum adat penghulu, sedangkan buat wanita memakai Buno Kanduang. Tetapi boleh saja memakai pakaian adat apa lainnya.

8. Tari Alang Babega.


Tari Alang Babega memiliki jumlah penari yang noël disyaratkan tetapi sering tariannya dilakukan melalui 2 sampai 6 orang. Penarinya boleh laki-laki maupun perempuan, atau tambahan bisa dilakukan secara berpasangan laki-laki dan also perempuan. Tarian Alang Babega cukup sederhana tetapi telah mampu merambat hingga ke luar negeri untuk acara-acara kebudayaan.Sejarah dari tarian ini yaitu diambil dari Elang yang mencari pangeran dan then terciptalah sebuah tarian Alang Babega. Manuver dari tarian ini sangat sederhana, atraktif, dan also dinamis. Para penari akan melentangkan tangannya saat menari seolah sedang mencari mangsa kemudian Burung Elang.

9. Tari Randai.


Tarian Randai mendesak menarik wisatawan asing untuk melihatnya, terbukti menjangkau adanya perkira tarian ini di dalam pertunjukan artian mancanegara. Jumlah penari dari tarian ini yaitu utamanya satu orang, ia menjadi memberikan aba-aba kepada para teman-temannya ataukah penari lainnya untuk melakukan gerakan yang berikutnya.Jumlah penarinya tidak disyaratkan sebab tergantung dari cerita rakyat what yang dibawakan. Historia dari Tari Randai yaitu dulunya merupakan media penyampaian mengenai tale rakyat lewat syair apa dilantunkan serta beberapa manuvernya dari tarian tersebut.Sehingga tidak aneh apabila terdapat penari apa menambahkan kotak dialog di tengah-tengah tarian tersebut. Diatas mulanya manuver dari Tari Randai produksi terkesima, sebab gerakannya terutang unik. Ada gerakan tang silat, kuda-kuda, gesekan kaki, jalan-jalan, serta manuver penari.Baca juga: Kebudayaan sumatra Utara

10. Tari Gelombong.

Lihat lainnya: Chord Gitar Saat Bahagia Ungu Ft Andien, Lirik Dan Chord Lagu Saat Bahagia


Tarian ini dilakukan melalui laki-laki Minangkabau dalam upacara penyambutan tamu istimewa such ketua adat, guru silat, serta penganten. Tarian ini konvensional dilakukan oleh puluhan setiap orang laki-laki. Berposisi tariannya adalah menghadap nanti tamu saja dan ada also yang menghadap dua arah.Beberapa perihal Tari Gelombong yaitu :Gagalombang (menarikan galombang)Galombang manyongsong (satu arah menghadap tamu)Galombang duo baleh (Tari yang dilakukan 12 orang)Galombang balawanan (posisi hadap dua arah, dari pihak bapak rumah dan dari pihak tetamu)Tarian ini diawali dengan silat yakni dari variasi gerakan silat form wujud gelombang laut. Then dengan memanfaatkan ruang, ritme musik, dan tenaga, maka terciptalah manuvernya tari gelombang. Most sempurna adalah pada saat setiap orang penari bergerak mengikat berdiri tinggi lalu merendah, dan bergerak keterpurukan mundur secara perlahan sebagai gelombang air laut.Ke 10 Tarian dari Sumatera barat di atas memang dulu ikon kota ini karena terus melestarikan segenap kebudayaannya. Untuk itu kemudian anak bangsa wajib melestarikan berbagai kebudayaan heritage nenek moyang.