Tari Gambyong adalah salah satu seni tari tradisional yang sangat subur di Jawa Tengah. Types tarian ini militer lestari hingga kini dan were bagian dari artis masyarakat Jawa yang sangat beragam. Umumnya tari ini dipentaskan di ~ acara adat, serta pagelaran kebudayaan yang dihadiri masyarakat luas.

Anda sedang menonton: Tari gambyong berasal dari daerah

Gambyong dianggap kemudian tarian dengan ciri khas serta keunikan membandingkan tarian menyiksa lainnya. Tari gambyong adalah deviasi satu types tarian Jawa klasik apa berasal dari menyiksa Surakarta. Menurut sejarahnya, tarian gambyong merupakan bentuk baru dari tari tayub apa sering digelar untuk menyambut tamu diatas cara hajatan rakyat.


Gambyong awalnya adalah tarian tunggal, namun saat ini berkembang dulu tarian yang dilakukan melalui 3 sampai 5 rakyat penari. Tarian ini dulu kebanggaan sosial Jawa, khususnya Jawa tengah dan masih bertahan dipelajari hingga saat ini.

Minat masyarakat terhadap kesenian tari Jawa markas besar dapat dilihat dari didirikannya sanggar-sanggar tari apa melatih para penari pemula, mulailah dari usia dini hingga dewasa apa ingin belajar menari gambyong.


Sejarah

Tarian gambyong merupakan kesenian tari asli apa berasal dari daerah Surakarta. Tari ini terus berkembang hingga ke quenn Jawa sekitarnya. Silam tari gambyong dibawakan saat raja menyambut para tamu serta sebagai tontonan upacara adat keraton.

Lihat lainnya: Okezone Bola Berita Bola Terbaru Dan Terkini, Berita Bola, Jadwal, Skor & Liga Eropa


*
*
*
*
surakarta.go.id

Beberapa development dari tarian gambyong yaitu dengan menghasilkan tipe tarian lain, yaitu Gambyong Sala Minulya, Gambyong Ayun-Ayun, Gambyong Gambirsawit, Gambyong Dewandaru, Gambyong Mudhatama, dan Gambyong Campursari. Meski mengalami beragam perkembangan, namun ciri khas urama tarian ini tetep dipertahankan benar adat budaya khas Jawa.


Posting di atas INDONESIA, TARI DAERAHDitag budaya, gambyong, tari, tari daerah, tari gambyong, tari tradisional, tarian