Disclosure statement

Fabio Scarpello does not work for, consult, own shares in or receive capital from any firm or organization that would keuntungan from this article, and has discover no appropriate affiliations beyond milik mereka academic appointment.

Anda sedang menonton: Susi tidak jadi menteri lagi

Partners

*

restriksi Susi terhadap kapal asing were sumber ketegangan antara dirinya mencapai pelaku industri dan doan politik. (ANTARAFOTO/Joko Sulistyo)

Sayangnya, Susi menerapkan hukuman dan pencabutan izin operasi kepada seluruh perusahaan tersebut tidak punya pandang bulu. Bab ini tidak hanya membuat marah mereka apa beroperasi secara ilegal di Indonesia, melainkan juga mereka yang melakukan pelanggaran administrasi ataukah pajak yang bersifat ringan.

Berdasarkan wawancara yang saya lakukan di Jakarta, strateginya yang digunakan oleh koalisi buat melawan Susi berubah dari waktu nanti waktu.

Di mulailah masa jabatannya, mereka mencoba bernegosiasi mencapai Susi relevan kebijakannya. Ke ini gagal, mereka mencoba menekan Jokowi untuk menggantikan Susi. Selagi Jokowi diputus bahwa ini bukan langkah politik yang tepat, koalisi berganti fokus karena memastikan Susi noel akan diangkat back di periode berikutnya.

Dalam hal ini, anggota persatuan memilih strategi yang berbeda, implisit ‘menyuap’ dan ’melakukan berkampanye hitam’ - kedua strategi ini tidak berhasil.

Koalisi kemudian fokus karena melobi politikus senior dan anggotaenam parlemen, mengatur dan fiskal demonstrasi yang melawan Susi, serta menyerang Susi malalui pers atau media sosial.

Kombinasi dari tiga strategi last ini membuahkan sasaran dan mungkin berakhir di ~ keputusan Jokowi buat tidak tangga berjalan Susi kembali.

Keberhasilan persatuan anti Susi ini shine ketika mereka bisa meyakinkan Jokowi untuk menunda restriksi cantrang – sejenis penangkapan pukat – tidak punya batas waktu tertentu. Padahal, lebih baru cantrang siap dilarang melalui Peraturan sekretaris kesehatan No. 2/2015 bersama dengan berbagai jenis jaring pukat lainnya untuk dianggap sebagai praktik penangkapan ikan yang merusak.


*

Penundaan larangan cantrang menyebabkan kerugian politik bagi Susi, yang berulang kali mengatakan bahwa restriksi itu bersifat tetap. (ANTARAFOTO/Rahmad)

Nelayan di seluruh Indonesia diberi waktu hingga 2018 untuk beralih ke metode penangkapan ikan alternatif, yang walaupun lebih ramah lingkungan, hasilkan tangkapan yang lebih sedikit. Kawanan nelayan di Jawa didefinisikan melawan, dan dibiayai melalui anggota koalisi, buat kemudian turun ke jalur dan melakukan protes.

Pada akhirnya, Jokowi bertemu dengan para perwakilan nelayan tersebut pada start 2018. Ia then langsung judo Susi karena memperpanjang masa transisi di Jawa tidak punya batas waktu.

Perubahan policy itu merusak citra politik Susi, yang berulang kali mengatakan bahwa melarang itu cantik bersifat final.

Sikap ‘tanpa krompromi’ Susi

Hengkangnya Susi dari kabinet senin Jokowi also dipicu oleh ketidakmampuan - atau keengganan - dia buat membangun persatuan sendiri buat mendukung penglihatan dan tindakannya.

Susi menggabungkan kebijakannya menjangkau gaya kepemimpinan sebagai sosok ‘wanita kuat’, apa merasa most ‘benar sendiri’ yang akhirnya melakim terisolasi. Ini berakar dari kepribadian yang ia tunjukkan diatas publik ~ sebelum dulu menteri, such orang luar yang noël tertarik di ~ kekuasaan.

Susi berusaha menjalin hubungan langsung dengan masyarakat dengan memanfaatkan maafkan saya yang dianggap setiap orang lain seperti kelemahan: sosok wanita batin dunia milik pria; orang yang putus sekolah yang akhirnya berhasil; pebisnis apa sukses; dan seorang nenek apa merokok, bertato, dan berbicara secara terus terang.

‘Persona’ ini terutang disukai oleh masyarakat umum tetapi berkontribusi pada pengasingan Susi di dalam dan luar kementerian.

Dalam Kementerian Perikanan dan Kelautan, Susi memusatkan pengambilan keputusan just pada dirinya dan sejumlah sendiri tertentu. Selisih pendapat noël ditoleransi dan menyalahkan dengan pemecatan ataukah penggantian. Di dalam jangka panjang, bab ini memperburuk kementerian apa memang sudah terpecah - dengan kerumunan pejabat yang meragukan prioritas dan pendekatan Susi - dan berangsur memberi alasannya pada crowd pihak untuk bergerak melawan Susi.

Pendekatannya memutus tautan baik dengan banyak pelaku yang secara historical terlibat dalam industri perikanan, implisit sejumlah asosiasi perikanan dan para penyelidik kelautan dari Institut agraris Bogor (IPB).

Susi stabil kementeriannya dari para alumni IPB - penyumbang tetap staf di Kementerian Perikanan dan Kelautan - yang dinilai terlalu menutup dengan mantan sekretaris kesehatan Rohmin Dahuri. Rohmin personally adalah alumni IPB apa hingga kini masih punya pengaruh dan rutin kritis kebijakan Susi.


Susi mengelompokkan berbagai aktor ini sebagai anggota mafia perikanan - sesuatu yang noel dapat bisa dikonfirmasi di dalam penelitian saya - dan terbatas mengasingkan mereka.

Kelompok seperti Kesatuan Nelayan tradisional Indonesia (KNTI) pada awalnya sangat mendukung pendekatan Susi karena mereka diberi jalur buat mempengaruhi kebijakan malalui berbagai komisi such Komisi Tuna dan delegasi Udang.

Namun, melewati pertengahan masa jabatannya, mereka dirasa frustrasi dengan konsentrat Susi apa “berlebihan” pada penangkapan ikan ilegal sehingga mengorbankan kesejahteraan nelayan.

Lihat lainnya: Pemilik Harus Tahu, Ini 9 Ciri Ciri Kucing Sakit Perut, ​Gejala Masalah Pencernaan Pada Kucing Anda

Isolasi politika Susi were semakin jelas ke pertikaiannya dengan menteri kesehatan Koordinator daerah Kemaritiman Luhut Pandjaitan dan Wakil Presiden Jusuf Kalla pada mulailah 2018. Mereka tuntutan Susi karena menghentikan peledakan kapal dan fokus diatas pengembangan industri perikanan.

review more: Buasnya warisan politik Indonesia halangi upaya reforming dari batin oleh mantan aktivis