Menyajikan insula terkini, terbaru dan terupdate awal dari politik, bisnis, selebriti, way of life dan masih banyak lagi.

Anda sedang menonton: Surat al baqarah ayat 275 tentang riba


*

*

*
*
*

*
Perbesar
Surat Al-Baqarah ayat 275 berisi kyung larangan Allah SWT kepada umat-Nya buat memakan sesuatu yang dihasilkan dari riba. Secara bahasa, riba berarti tambahan atau ziyadah.
Sedangkan menurut istilah, riba artinya pengambilan tambahan di dalam proses transaksi jual beli ataukah pinjam meminjam yang bertentangan menjangkau ajaran Islam. Mengutip laman NU Online, setiap orang yang does riba disebut dengan murbin. Allah SWT berfirman:
اَلَّذِيۡنَ يَاۡكُلُوۡنَ الرِّبٰوا لَا يَقُوۡمُوۡنَ اِلَّا كَمَا يَقُوۡمُ الَّذِىۡ يَتَخَبَّطُهُ الشَّيۡطٰنُ مِنَ الۡمَسِّ‌ؕ ذٰ لِكَ بِاَنَّهُمۡ قَالُوۡۤا اِنَّمَا الۡبَيۡعُ مِثۡلُ الرِّبٰوا‌ ۘ‌ وَاَحَلَّ اللّٰهُ الۡبَيۡعَ وَحَرَّمَ الرِّبٰوا‌ ؕ فَمَنۡ جَآءَهٗ مَوۡعِظَةٌ مِّنۡ رَّبِّهٖ فَانۡتَهٰى فَلَهٗ مَا سَلَفَؕ وَاَمۡرُهٗۤ اِلَى اللّٰهِ‌ؕ وَمَنۡ عَادَ فَاُولٰٓٮِٕكَ اَصۡحٰبُ النَّارِ‌ۚ هُمۡ فِيۡهَا خٰلِدُوۡنَ
Artinya: “Orang-orang apa memakan riba noel dapat kedudukan melainkan kemudian berdirinya orang apa kemasukan setan karena gila. Yang demikian itu karena mereka berkata bahwa penjualan beli sama menjangkau riba. Padahal Allah telah menghalalkan penjualan beli dan mengharamkan riba. Barangsiapa mendapat peringatan dari Tuhannya, lalu dialah berhenti, maka what yang telah memperoleh dahulu dulu miliknya dan urusannya (terserah) kepada Allah. Barangsiapa mengulangi, maka mereka menemani itu penghuni neraka, mereka abadi di dalamnya.” (QS. Al-Baqarah: 275).
Selain ayat di atas, adapun hadist yang also menjelaskan circa larangan terhadap riba, yakni: “Dari Jabir itu berkata, "Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam melaknat pemakan riba, orang yang menyuruh makan riba, juru tulisnya dan saksi-saksinya." dialah (Nabi) berkata, "Mereka segenap sama.

Lihat lainnya: Toko Kue Ulang Tahun Di Kuningan Jawa Barat, Twin Cake & Bakery Kuningan

" (HR. Muslim).