fasettoblog.com, sampanye - Sumber daya alam (SDA) merupakan wealth alam di suatu tempat yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia sehingga sanggup meningkatkan kesejahteraan dan kelangsungan hidup.

Anda sedang menonton: Sumber daya alam yang dapat diperbaharui hewan

Menurut Kamus besar Bahasa Indonesia (KBBI) daring, sumber daya makhluk adalah potensi alam yang dapat dikembangkan untuk proses produksi.


Sumber daya alam berperan penting batin pemenuhan kebutuhan kehidupan manusia. Bersumber daya alam apa bisa dimanfaatkan antara go hewan, tumbuh–tumbuhan, dan SDA non-hayati, such minyak, logam, dan gas alam.

Berdasarkan kelestariannya, sumber daya alam ada dua macam, yaitu bersumber daya alam apa dapat memperbarui dan sumber daya makhluk yang noël dapat diperbarui.

Sumber daya alam yang dapat memperbarui adalah bersumber daya alam apa dapat dibudidayakan atau dikembangbiakkan. Sumber daya alam tentu akan mungkin lestari atau noel dapat habis.


Berita video clip mantan bek Timnas Indonesia, Andri Ibo, memamerkan keindahan alam Papua, salah satunya wait terjun Kampung semoga di Sentani Timur.


2 dari 7 halaman

Hewan


*

Ilustrasi ayam, hewan ovipar. (Photo by James Wainscoat on Unsplash)
Hewan dikembangbiakkan mencapai beranak dan bertelur. Hewan ataukah binatang dapat dibedakan menjadi tiga, yakni:

1. Hewan Liar

Hewan liar merupakan hewan yang hidup bebas di intisari baik di perkampungan, hutan, sungai, maupun di laut. Hewan liar noël dapat dipelihara manusia.

Keberadaan hewan-hewan liar terutang penting karena menjaga parity alam. Namun, hewan liar seperti kijang, gajah, harimau, dan buaya justru kawanan diburu manusia.

2. Hewan Piaraan

Hewan piaraan merupakan hewan apa biasa dipelihara manusia untuk kesenangan ataukah hobi, sebagai kucing, burung, hamster, anjing, dan sebagainya.

3. Hewan Ternak

Hewan ternak merupakan hewan apa sengaja dikembangbiakkan untuk kebutuhan konsumsi maupun industri. Contoh hewan ternak antara lain sapi, kerbau, kuda, kambing, ayam, dan itik.


3 dari 7 halaman

Tumbuhan


*

Ilustrasi tumbuhan. | Akil Mazumder dari Pexels
Tumbuhan dikembangbiakkan menjangkau biji, tunas, dan spora. Selain itu sanggup dengan cangkok, stek, okulasi, dan mengenten. Tumbuhan atau botani dapat dibedakan were empat macam, yaitu:

1. Botani Pertanian

Tanaman agraris merupakan tanaman hasil pertanian apa meliputi tujuan sawah, tegal, dan ladang. Contoh tanaman pertanian: padi, sayur-sayuran, buahbuahan, gandum, dan ubi.

2. Botani Perkebunan

Tanaman perkebunan terdiri dari tanaman aset di dataran tinggi dan dataran rendah. Contoh tanaman perkebunan di dataran tinggi adalah cengkih, teh, dan tembakau.

Sedangkan contoh tanaman estat di dataran turun adalah kelapa, karet, tebu, dan cocos sawit.

3. Botani Hutan

Tanaman kayu merupakan tanaman yang tumbuh di hutan. Tanaman kayu biasanya tidak dipelihara manusia. Botani hutan banyak diambil kayunya sebagai bahan bangunan dan perabot rumah tangga. 

4. Botani Air

Tanaman yang banyak dimanfaatkan antara go rumput lautnya dan alga. Rumput laut dimanfaatkan buat membuat agar-agar.

Lihat lainnya: ' Tips Tahan Lama Saat Bercinta Videos, Wa 082111369222

Sedangkan alga ada yang langsung dikonsumsi. Ada pula jenis alga tertentu apa dapat dimanfaatkan such bahan baku obat-obatan, kosmetik, dan industri makanan.