Pasangan Selebriti Ruben Onsu dan Sarwendah resmi dulu orang tua angkat dari penyanyi cilik, Betrand Peto, baik secara adat maupun hukum.

Anda sedang menonton: Siapa betrand anak angkat ruben onsu


Jakarta - pasangan Selebriti Ruben Onsu dan Sarwendah resmi menjadi orang basi angkat dari penyanyi cilik, Betrand Peto, baik secara adat maupun hukum. Keputusan keduanya mengadopsi Betrand awalnya sempat membuat saya terkejut sekaligus luar biasa netizen. Pasalnya, keputusan menyertainya diambil tak lama ke kelahiran anak detik mereka, Thania Putri Onsu.

Kontroversi start bergulir sewaktu warganet melihat koneksi antara Sarwendah dan Betrand Peto dinilai terlalu dekat. Betrand yang telah menginjak usia remaja dianggap kurang elok lantaran kerap bermanja dengan medang angkatnya itu.

*
Betrand Peto dan Sarwendah. (Foto: Instagram/betrandpetoputraonsu)

Betrand Peto merupakan pubertas 13 lima asal Desa Cancar, Manggarai, Nusa Tenggara Timur (NTT). Ia adalah anak senin dari tiga bersaudara dari pasangan Ferdy Peto dan Karolina yang kini telah bercerai.

Sebelum diangkat anak melalui pasangan Ruben Onsu dan Sarwendah, Betrand sempat diasuh kakek dan nenek dari sang ayah, usai kedua orang tuanya bercerai.

Tinggal bersama kakek dan nenek, making Betrand harus tolong kehidupan keduanya meski ia masih bersekolah. Ditambah lagi, kondisi ekonomi sang kakek memang terbilang kurang mampu. Sepulang sekolah, ia berjualan ikan sambil tolong sang neneknya mencari makanan babi.

"Pulang sekolah bantuin nenek tretan cari memberi makan babi dan menjual ikan. Penghasilannya Rp 20 ribu satu hari," kata Betrand apa dulu bersekolah di SMP 1 Ruteng, Cancar, Manggarai, itu.

Betrand Peto then mulai dikenal publik darimana videonya menyanyikan viral di laman Youtube dan media sosial. Selagi itu, bocah yang duduk di kredit sekolah menengah pertama (SMP) menemani itu menyanyikan lagu-lagu dari penyanyi legendaris Ebiet G Ade bertajuk Titip Rindu untuk Ayah.

Dalam video itu, Betrand tampak menghayati lirik-lirik songs tersebut. Video menemani itu pun mendadak famous hingga ditonton lebih dari 4 juta kali. Dari situ, Betrand diundang ayo panggung di beberapa stasiun televisi. Salah satunya, program acara di televisi swasta apa dipandu Ruben Onsu.

Perkenalan dan bertemu di programme televisi Ruben itu dulu gerbang Betrand hingga diangkat menjadi anak melalui Sarwendah dan suami. Sekaligus menjadi kakak angkat bagi Thania Putri Onsu.

*
Saat segenap keluarga Ruben Onsu berkumpul, implisit Betrand Peto. (Foto: Instagram/
ruben_onsu)

Meski masih berusia remaja, Betrand memiliki kualitas vokal yang cukup luar biasa. Bab itu making Ruben memutuskan menjadi produser anak laki-laki asal Manggarai itu. Sahabat dari mendiang julia Perez ini menyokong Betrand untuk mengembangkan bakatnya di Jakarta.

Ruben juga meminta penyanyi Charly van Houten, mantan vokalis pita ST12, menciptakan lagu untuk dinyanyikan Betrand. Lagu-lagu berjudul Sahabat Kecil apa dibuat Charly berisi curahan hati Ruben buat sahabatnya yang sudah televisi meninggalkannya.

Ketika itu, Ruben belum sama sekali mempunyai keinginan mengangkat Betrand. Namun lama-kelamaan, ia awal merasakan sesuatu yang spesial dari Betrand. Saat menjalani aku pertama syuting, Ruben mengatakan, Betrand selalu menempel kepadanya, tapi tak ada yang sama sekali yang dikatakan anak laki-laki itu.

Kemudian, tiba-tiba Betrand memanggilnya mencapai sebutan bapak. Awalnya, Ruben asumsi jika call itu merupakan sebutan umum untuk orang apa lebih başı di daerah asalnya. Become tetapi, saat dipanggil bapak, Ruben justru persyaratan Betrand memanggilnya mencapai sebutan ayah.

Sebutan ayah itu karena itu membuat trấn pria berusia 35 five itu tersentuh. "Enggak kenal kenapa tiba-tiba hang bilang, 'Jangan panggil bapak, panggil saya ayah ya'. Itu diambil dari mulut," ucap pemilik kuliner Ayam Geprek Bensu itu.

Selanjutnya, Ruben memperkenalkan Betrand kepada Sarwendah. Saat bertemu Sarwendah, Betrand tampak akrab. Di situlah, start muncul keyakinan Ruben buat mengadopsi Betrand. Ia juga mengutarakan niatnya tersebut kepad sang istri.

Tak just akrab mencapai keduanya, Betrand juga cepat akrab mencapai anak pertama Ruben dan Sarwendah, Thalia Putri Onsu. Trần Ruben pun kembali terguncang saat melihat keakaraban Betrand dan Thalia. Dialah pun semakin yakin keputusannya mengadopsi Betrand adalah sesuatu yang tepat.

"Betrand main kemiripan Thalia akrab banget kayak cantik lama kenal. Mereka lari-larian secepatnya bercanda, ketawa mereka lepas banget,” ujar Ruben saat diwawancarai Ussy Sulistiawaty dan Andhika Pratama batin channel YouTube Ussy Andhika Official.

Keseriusan Ruben dan Sarwendah mengadopsi Betrand dibuktikan keduanya mencapai menjalani prosesi adat buat meresmikan status Betrand Peto sebagai putra angkat mereka Oktober lalu. Keduanya, mendatangi langsung ke quận asal Betrand di Desa Cancar, Manggarai, NTT. Kejadian ini terekam batin video apa diunggah di tayangan Cuap Cuap Pagi di saluran YouTube miliknya, MOP Channel.

Setibanya di NTT, rombongan Ruben dan familic langsung disambut tarian adat oleh sosial setempat. Senin orang basi kandung Betrand menyambutnya putra mereka menjangkau tangis haru dan memeluknya.

*
Pasangan selebriti Ruben Onsu dan Sarwendah, berkunjung ke sekolah asal Betrand Peto di SMPN 1 Cancar. Jumat, 5 Oktober 2019. (Foto: fasettoblog.com/Fransiskus Yosef dan saya Syukur)

Prosesi adat diawali mencapai digendongnya Betrand melalui ayah kandungnya, lalu diserahterimakan Ruben dan Sarwendah untuk menjadi anak angkat mereka. Nama belakang Betrand pun ditambahi menjadi Betrand Peto Putra Onsu.

Meski telah resmi menjadi anak angkat Ruben, Ferdy menuturkan bahwa putra menyertainya masih terikat secara ketuhanan kepada mereka. Ia tambahan berpesan kepada putranya agar dihormati orang tua angkatnya, mencintai adik-adiknya sebagai dia mencintai familic kandungnya.

Tak hanya secara adat, Ruben juga mengajukan permohonan pengasuhan anak secara hukum. Di atas 9 September 2019, Ruben mengajukan permohonan hak asuh menyertainya dan dikabulkan majelis hakim diatas 15 Oktober 2019. Kini, Ruben dan Sarwedah resmi dulu orang tua angkat Betrand Peto.

Betrand also telah keuangan sekolah di Jakarta. Detik orang başı angkatnya menyertainya menyekolahkan di sekolah Menengah pertama Perguruan Cikini, champa Pusat, sebuah sekolah swasta dengan nilai yang terbilang dingin mahal.

Lihat lainnya: Sebutkan Contoh Alat Transportasi Darat ! Jawab, Sejarah Singkat Transportasi Darat Dan Jenis

Kedua pasangan salebriti menyertainya tampak senang dengan keputusan pengadilan. Keduanya juga kerap mmebagikan momen keakraban bersama Betrand di dalam akun Instagram masing-masing.

Meski demikian, ada beberapa kedekatan Betrand dan Sarwendah yang dianggap netizen berlebih. Seperti yang baru-baru ini, Betrand tak sengaja disentuh dada medang angkatnya tersebut. <>