fasettoblog.com, champa - Rukun iman merupakan pilar keimanan apa harus dimiliki oleh seorang Muslim. Ada enam rukun iman yang perlu diketahui dan diyakini umat Islam.

Anda sedang menonton: Sebutkan dan jelaskan rukun iman

Secara bahasa, iman berarti membenarkan, sementara menurut syariat Islam, iman artinya mengakui secara lisan, membenarkan mencapai hati, dan mengamalkannya menjangkau perbuatan.


Pokok-pokok kepercayaan di dalam agama Islam terkandung batin Rukun Iman. Adapun keenam Rukun Iman dalam agama Islam tersebut berdasarkan ayat Al-Qur"an dan Al-Hadist.

Sebagai umat Islam, diamanatkan mengetahui Rukun iman yang terdiri dari enam, yaitu iman kepada Allah SWT, memercayai kepada Malaikat, memercayai kepada Kitab Allah, mempercayai kepada Nabi dan Rasul, iman kepada hari Kiamat, terakhir memercayai kepada Qada dan Qadar.

Bagi setiap umat Muslim diamanatkan mengetahui dan dipahami masing-masing dari keenam rukun memercayai tersebut.


2 dari 7 halaman

1. Iman kepada Allah


Sebagai umat Muslim, sudah semestinya beriman kepada Allah SWT, yang artinya percaya menjadi keberadaan Allah. Allah ada seperti Tuhan intisari semesta apa menciptakan langit dan bumi beserta isinya.

Meyakini Allah tidak hanya melalui kata-kata, tetapi juga dibutuhkan bukti. Dari amal perbuatan, melaksanakan setiap orang perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya. Segenap makhluk diwajibkan memuja Allah SWT.

Makna dari rukun iman kepada Allah adalah kita dipercaya bahwa tiada Tuhan yang pantas disembah selain Allah SWT.


3 dari 7 halaman

2. Iman kepada Malaikat


Rukun iman yang senin adalah memercayai kepada malaikat. Allah SWT memberikan tugas untuk mengatur seluruh isi alam, melalui malaikat-malaikatnya.

Ada 10 malaikat Allah yang perlu kamu ketahui, yakni Jibril (penyampai wahyu), Mikail (pembagi rezeki), Israfil (peniup terompet sangkakala), Izrail (pencabut nyawa), Munkar dan Nakir (penanya di alam kubur), Raqib dan Atid (pencatat amal), Malik (penjaga neraka), Ridwan (penjaga surga).

Makna rukun memercayai kepada malaikat adalah percaya jika malaikat menyertainya ada, yang senantiasa mengawasi perbuatan baik dan buruk setiap manusia.


4 dari 7 halaman

3. Memercayai kepada Kitab-kitab-Nya


Rukun mempercayai yang ketiga adalah memercayai kepada kitab-kitab Allah. Adapun kitab yang perlu diimanin melalui umat Islam terdiri empat kitab.

Keempat kitab tersebut ialah taurat yang diturunkan melalui Nabi Musa, kitab Zabur yang diturunkan oleh Nabi Daud, kitab Injil apa diturunkan malalui Nabi Isa, dan Al-Qur"an yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW.

Kitab itu diturunkan kepada para Rasul, untuk kemudian dilanjutkan usai seluruh umat-Nya. Dengan menginstruksikan teguh pada kitab-kitab Allah, niscaya manusia bisa selamat dari siksa fire neraka.


5 dari 7 halaman

4. Mempercayai kepada Nabi dan Rasul


Rukun mempercayai yang paling banyak adalah mempercayai kepada para nabi dan rasul. Bab ini berarti kita harus believed bahwa nabi dan rasul adalah manusia utusan Allah apa diperintahkan untuk menyampaikan kabar gembira dan ancaman di peningkatan bumi.

Beriman kepada nabi dan rasul, artinya memercayai segala ajaran baik linguistik maupun tindakan such teladan para nabi dan rasul.

Jumlah nabi dan rasul mendesak banyak, namun kita diwajibkan iman 25 nama-nama nabi dan rasul.


6 dari 7 halaman

5. Iman kepada days Akhir/Kiamat


Umat Islam diwajibkan percaya akan adanya days akhir atau yang sering disebut mencapai kiamat. Aku kiamat merupakan aku di mana seluruh makhluk semesta dihancurkan ataukah dimusnahkan.

Meyakini adanya days kiamat maka human bisa menjadi lebih baik, mengumpulkan kawanan pahala, seperti saku atau simpanan di aku akhir kelak.

Selain itu, kita juga harus mempercayai adanya kehidupan setelah kematian, di mana kehidupan yang kekal sebenarnya itu ada di akhirat kelak.


7 dari 7 halaman

6. Mempercayai kepada Qada dan Qadar


Rukun mempercayai yang keenam adalah memercayai kepada qada dan qadar. Umat Muslim diamanatkan percaya kepada qada dan qadar yang merupakan takdir Allah apa baik maupun buruk. Takdir merupakan ketentuan yang terjadi di alam semesta.

Menurut bahasa, qada berarti ketetapan. Sebelum umat ​​manusia lahir dan sebelum dunia tercipta, Allah cantik punya ketetapan. Qada tertulis pada kitab Lauh Mahfuz. Baik tentang hidup, kebaikan, keburukan, dan kematian.

Sementara, qadar menurut bahasa berarti ketentuan ataukah kepastian Allah. Sedangkan berdasarkan istilah, qadar berarti penentuan apa pasti dan siap ditetapkan malalui Allah. Termasuk apa sedang terjadi, menjadi terjadi, dan belum terjadi.

Hubungan qada dan qadar noël bisa dipisahkan, buat qada merupakan rencana dan qadar adalah perwujudan atau kenyataan. Dua kata ini juga dikenal kemudian takdir melalui Allah SWT.

 

Dapatkan artikel Islami dari berbagai tema lain mencapai mengeklik menghubung ini.

Lihat lainnya: Fakta Orang Ber-Iq Tinggi, Anda Termasuk? Ternyata Ini 7 Kebiasaan Aneh Orang Ber


Berita video para pesepak nol muslim yang berprestasi di ~ saat ini.


Kredit
Bagikan
18

Video Populer


*
00:46MOTION GRAFIS: Sayap-Sayap agresif Timnas Indonesia untuk Hadapi Malaysia di Piala AFF 2020


*
01:00VIDEO Piala AFF 2020: Shin Tae-yong Tegaskan dia Pemain Timnas Indonesia dibandingkan Vietnam


*
00:48VIDEO: Covid-19 Terus Ganggu berkoalisi Inggris, Pep Guardiola kebhinekaan Konferensi Pers manchester City


*
00:53MOTION GRAFIS: Tottenham Hotspur Baru main 14 Laga dan manchester United 16, Ini Klasemen Terkini berkoalisi Inggris


*
02:04VIDEO: 4 Tim Besar apa Terlempar dari berkoalisi Champions ke Liga Europa


*
04:26VIDEO: Highlights Babak 8 besar Liga 2, Martapura ketuhanan United Imbang 2-2 Kontra psim Yogyakarta


Foto Populer


7Foto: konsentrat Bertahan, Timnas Indonesia karena Vietnam Frustrasi dan Gigit Jari usai Hasil Imbang tanpa Gol di Matchday Ketiga Piala AFF 2020


*
10Foto: Kiper Tak Sadarkan Diri, Harga Mahal kemenangan Sulut United atas PSMS Medan di Matchday duluan Babak 8 besar Liga 2


*
11Foto: 3 Eks Persis Solo Cetak Gol, Laga ketuhanan United Kontra psim Yogyakarta Tuntas tidak punya Pemenang batin Matchday pertama Babak 8 besar Liga 2


*
6Foto: 5 Pemain Aktif apa Pernah untuk menekan Hattrick di Putaran last Piala Dunia, thomas Mueller Satu-satunya apa Menyabet Juara


9Foto: Dua Gol fasettoblog.com Muntah Warnai untuk menang Liverpool overhead Newcastle united di persatuan Inggris dan Terus tempel Manchester City


*
12Foto: Enam mengalihkan Terheboh apa Gagal Terwujud asibe Bisikan Istri


*

Topik Populer


UPDATE berita BULUTANGKIS


Live Streaming


Powered through

Live Streaming online Daihatsu Festival


DUEL seru BEDA GENERASI


Populer

Lihat Semua

Trending