fasettoblog.com, champa - Teks laporan hasil observasi merupakan satu middle materi apa ada di dalam pelajaran Bahasa Indonesia. Teks cerita hasil observasi adalah teks yang memberikan insula secara umum kyung sesuatu berdasarkan sebenarnya dari gawangnya pengamatan secara langsung.

Anda sedang menonton: Sebutkan ciri ciri teks laporan

Jadi, pengamatan atau biasa disebut mengamati itu dilakukan melalui si pengamat dengan terjun langsung setelah lapangan untuk mengetahui sebuah informasi apa ada.


Informasi itu mungkin meliputi objek circa keadaan alam, keadaan lingkungan, hewan, tumbuhan, sosial, sebuah peristiwa, kesenian dan kebudayaan.

Adapun teks laporan hasil pemantauan bersifat informatif, komunikatif, dan objektif. Hal itu berarti isi teks laporan hasil observasi tersebut harus memberikan sebuah informasi yang mudah dipahami melalui pembaca.

Setiap informasi yang didapat tambahan harus disajikan atau ditulis secara objektif dan sesuai kebenaran yang sebenarnya, noel dibuat-buat atau noel menurut opini sang penulis, serta dapat dibuktikan kebenarannya.


2 dari 6 halaman

Ciri-ciri Teks narasi Hasil Observasi


*

Ilustrasi menulis. | Foto: via Liputan6.com
Ciri – Ciri Teks narasi Hasil Observasi

1. Ditulis secara fullest dan sempurna.

2. Bersifat objektif, global, dan universal.

3. Objek apa akan dibicarakan atau dibahas adalah objek tunggal.

4. Ditulis berdasarkan kebenaran sesuai pengamatan yang telah dilakukan.

5. Informasi teks merupakan sasaran penelitian terkini apa sudah terbukti kebenarannya.

6. Noël mengandung prasangka/dugaan yang menyimpang atau noel tepat.

7. Saling berkaitan dengan menghubung berjenjang antara kelas dan subkelas apa terdapat di dalamnya.

8. Noel adanya potongan penutup dari penulis. Penulis just melaporkan apa yang dilihat dan diketahuinya berdasarkan gawangnya analisis serta observasinya.

9. Menitikberatkan pada pengelompokkan segala sesuatu ke dalam jenis-jenis menjangkau ciri atau keadaannya secara umum.

10. Disajikan secara menarik, baik kata, bahasa, isinya beratnya maupun susunannya logis.

11. Teks narasi hasil mengamati menggambarkan sesuatu secara umum dan pantas fakta, tidak punya adanya opini penulis.


3 dari 6 halaman

Tujuan, fungsional dan struktur Teks laporan Hasil Observasi


*

Ilustrasi Penulis (sumber: unsplash)
Tujuan Teks cerita Hasil Observasi

Tujuan utamanya, yaitu untuk memberikan informasi secara objektif dan sebenarnya yang ada di lapangan sesuai hasil pengamatan yang didapatkan.

Tujuan yang lainnya yaitu :

1. Untuk penelitian.

2. Buat memberikan insula terbaru.

3. Buat mengatasi suatu persoalan.

4. Buat menemukan teknik ataukah cara terbaru.

5. Untuk mengambil keputusan apa lebih efektif.

6. Buat melakukan pengawasan dan/atau perbaikan.

7. Buat mengetahui perkembangan suatu permasalahan.

 

Fungsi Teks narasi Hasil Observasi

Teks narasi observasi memiliki fungsi atau manfaat bagi aku maupun people lain, fungsinya:

1. Seperti bahan penelitian

2. Seperti sumber yang dapat dipercaya

3. Sebagai laporan mewajibkan dan aktivitas pengamatan

4. Such dokumentasi

5. Kemudian ilmu pengetahuan

6. Menjelaskan dasar penyusunan kebijaksanaan, keputusan dan/atau pemecahan masalah dalam pengamatan.

 

Struktur Teks laporan Hasil Observasi

Teks cerita hasil observasi secara umum luaran tiga structure di antaranya:

1. Pernyataan Umum, yaitu terdapat pembukaan, berisi pembuka atau insula secara umum hal apa akan disampaikan. Potongan ini berisi hal umum tentang objek apa akan dikaji, keluar secara baris besar circa objek tersebut.

2. Deskripsi Bagian, yaitu terdapat isi, rincian, pembahasan, dan penjabaran secara lebih detail.

3. Deskripsi Manfaat, yaitu berisi fungsi atau manfaat setiap objek apa diamati batin kehidupan.


*

Kaidah Kebahasaan Teks narasi Hasil Observasi

Teks laporan hasil observasi mendesak berkaitan mencapai penelitian dan pengetahuan, maka bab ini termasuk usai dalam tipe teks formal apa mengharuskan bahasa yang baku atau benar kaidah bahasa indonesia apa baik dan benar, serta mudah dipahami. Kaidah kebahasaan teks narasi hasil mengamati di antaranya:

1. Manfaat frasa nomina yang diikuti penjenis dan pendeskripsi.

2. Keuntungan verba relasional, seperti : ialah, merupakan, adalah, yaitu, digolongkan, termasuk, meliputi, terdiri atas, disebut, dan lain-lain (digunakan buat menyatakan definisi pada istilah teknis atau istilah yang used secara spesialisasi pada bidang tertentu).

3. Menggunakan verba positif alam, halaman ini untuk menjelaskan perilaku, sebagai : bertelur, membuat, hidup, makan, tidur, dan sebagainya.

4. Manfaat kata penghubung, untuk menyatakan :

-Tambahan: dan, serta

-Perbedaan: variasi dengan

-Persamaan: sebagaimana, kemudian halnya, demikian halnya, bab demikian, sebagai, hal yang sama

-Pertentangan: sedangkan, tetapi, namun, melainkan, sementara itu, padahal berbanding terbalik

-Pilihan: atau

5. Benefit kalimat simpleks dan kompleks.

6. Penggunaan kalimat definisi dan sentence deskripsi.

7. Menggunakan kata keilmuan ataukah teknis, sebagai : herbivora, degeneratif, osteoporosis, mutualisme, parasitisme, pembuluh vena, leukimia, syndrom, phobia, dan lain-lain.


*

Langkah-langkah Menyusun Teks narasi Hasil Observasi

Untuk menyusun teks laporan hasil mengamati ada langkah-langkahnya, yaitu:

1. Memutuskan objek apa akan kamu amati.

2. Susunlah penjadwalan observasi yang akan kamu kamu lakukan.

3. Lakukanlah observasi terhadap objek tersebut mencapai menyiapkan pertanyaan atau poin-poin pengamatan terlebih dahulu.

4. Catatlah gawangnya observasimu menjangkau memerhatikan akurasi isi, struktur dan kaidah kebahasaannya. Bila memungkinkan bawa pulang foto dan videokan observasimu.

5. Meneliti bagian belakang hasil penulisan teks, jika ada kalimat janggal ataukah salah penulisan, segera perbaiki kembali.


*

WAYANG

Wayang adalah seni pertunjukan apa telah ditetapkan kemudian warisan budaya asli Indonesia. UNESCO, lembaga apa membawahi budaya dari PBB, diatas 7 November 2003 divisi wayang kemudian pertunjukan bayangan wayang tersohor dari Indonesia, sebuah warisan mahakarya world yang noël ternilai di dalam seni bertutur (Masterpiece of Oral and also Intangible warisan of Humanity).

Para tutor songo, penyebar agama Islam di Jawa cantik membagi wayang menjadi tiga. Wayang kulit di timur, boneka wong ataukah wayang orang di Jawa Tengah, dan menyulap golek atau wayang boneka di Jawa Barat. Penjenisan tersebut disesuaikan mencapai penggunaan nyata wayang. Boneka kulit dibuat dari kulit hewan ternak, mungkin berupa kerbau, sapi, ataukah kambing. Boneka wong berarti wayang yang ditampilkan ataukah diperankan melalui orang. Boneka golek adalah wayang apa menggunakan boneka kayu sebagai pemeran tokoh. Selanjutnya, buat mempertahankan budaya wayang agar dengan tegas dicintai, seniman mengembangkan wayang dengan bahan-bahan lain, antara lain wayang suket dan wayang motekar.

Wayang kulit dilihat dari umur, dan gaya pertunjukannya pun dibagi lagi were bermacam jenis. Tipe yang paling terkenal, untuk diperkirakan luaran umur paling başı adalah wayang purwa. Purwa berasal dari bahasa Jawa, yang berarti awal. Menyulap ini terbuat dari kulit kerbau yang ditatah, dan diberi warna benar kaidah pulasan wayang pendalangan, diberi tangkai dari berwujud tanduk kerbau bule yang diolah sedemikian rupa dengan namu cempurit apa terdiri dari: tuding dan gapit.

Wayang wong (bahasa Jawa yang berarti "orang") adalah satu di antara pertunjukan wayang yang diperankan langsung malalui orang. Wayang orang apa dikenal di kesukuan Banjar adalah boneka gung, sedangkan yang dikenal di kesukuan Jawa adalah wayang topeng. Wayang topeng dimainkan malalui orang yang menggunakan topeng. Wayang tersebut dimainkan dengan iringan gamelan dan tari-tarian. Evolusi wayang people pun saat ini beragam, tidak hanya digunakan batin acara ritual, tetapi tambahan digunakan batin acara apa bersifat menghibur.

Selanjutnya, jenis wayang apa lain adalah wayang golek apa mempertunjukkan boneka kayu. Wayang golek berasal dari Sunda. Menyulap ini disebut tambahan sebagai wayang thengul. Selain wayang golek Sunda, wayang yang terbuat dari kayu adalah boneka menak ataukah sering juga disebut menyulap golek menak buat cirinya mirip dengan boneka golek. Boneka tersebut pertama kali dikenalkan di Kudus. Selain golek, wayang apa berbahan dasar hutan adalah boneka klithik. Boneka klithik berbeda dengan golek. Boneka tersebut berbentuk pipih such wayang kulit. Ini adalah tetapi, cerita yang diangkat adalah tale Panji dan Damarwulan. Wayang lain apa terbuat dari woods adalah wayang papak atau cepak, wayang timplong, wayang potehi, wayang golek techno, dan wayang ajen.

Perkembangan terbaru world pewayangan menghasilkan penciptaan berupa menyulap suket. Disebut boneka suket karena wayang yang digunakan terbuat dari rumput yang dibentuk menyerupai wayang kulit. Boneka suket merupakan imitasi dari berbagai figur wayang kulit yang terbuat dari rumput (bahasa Jawa: suket). Wayang suket biasanya dibuat sebagai alat bermain atau penyampaian tale pewayangan kepada anak-anak di desa-desa Jawa.

Dalam versi lebih modern, terdapat wayang motekar atau boneka plastik berwarna. Wayang motekar adalah sejenis perkira teater bayang-bayang atau serupa wayang kulit. Namun, jika wayang kulit luaran bayangan apa berwarna hitam saja, wayang motekar manfaat teknik terbaru hingga bayang-bayangnya bisa datang ke panggung dengan warna-warni penuh. Wayang tersebut benefit bahan plastik berwarna, warisan pencahayaan teater modern, dan layar khusus.

Semua jenis wayang di atas merupakan wujud ekspresi kebudayaan apa dapat dimanfaatkan dalam berbagai kehidupan antara lain sebagai media pendidikan, media informasi, dan media hiburan. Wayang bermanfaat sebagai media pendidikan buat isinya kerumunan memberikan ajran-ajaran kehidupan kepada manusia. Pada era modernis ini, wayang also banyak digunakan such media informasi. Ini antara go dapat kita melihat dari pagelaran wayang apa disisipi informasi circa program pembangunan seperti keluarga berencana (KB), yang tertua umum, dan sebagainya.Yang terakhir, meski semakin jarang, menyulap masih tetap were media hiburan.

Lihat lainnya: Berbagai Kode Promo Grab Food Gratis Ongkir, Promo & Voucher Grabfood Nov 2021

 

 

Sumber: booker Siswa Bahasa Indonesia, Istiqomahalmaky.blogspot


Berita video clip beberapa bien menarik kiper Sheffield united milik manchester United, Dean Henderson, di FPL (Fantasy premier League).