fasettoblog.com.com, Jakarta Pengertian poster kerap dikenal such sebuah plakat yang sudah patuh ditemukan di angkasa umum. Pembuatan poster memiliki tujuan untuk memberikan informasi, mengajak, maupun menghimbau kerumunan orang untuk melakukan sesuatu such apa yang telah digambarkan atau dituliskan di dalam poster tersebut.


Pengertian poster menurut Kamus terlalu tinggi Bahasa Indonesia (KBBI) yaitu plakat yang dipasang di ruang angkasa umum apa bisa berupa pengumuman atau iklan. Meski hanya dikenal sebuah plakat, namun poster memiliki peran penting, contohnya di dalam promosi sebuah produk.

Anda sedang menonton: Sebutkan 4 syarat membuat poster



Nana Sudjana dan Ahmad Rivai

Pengertian poster adalah kombinasi visual dari desain yang kuat dilengkapi mencapai warna-warna dan pesan, bertujuan untuk menangkap perhatian masyarakat apa melihatnya serta menanamkan ide apa berarti batin ingatannya.

 

Sri Anitah

Pengertian poster adalah gambar apa menggabungkan unsur-unsur visual, such garis, kata-kata, dan gambar apa memiliki tujuan untuk dapat menarik perhatian serta menyampaikan pesan secara singkat.

 

Azhar Arsyad

Pengertian poster adalah sebuah media dua dimensi visual apa berisi cat, dll serta pesan gigi tiruan tertulis apa bertujuan untuk menyampaikan hal-hal spesialisasi dan mampu memengaruhi orang-orang yang melihatnya.


3 dari 5 halaman

Ciri-Ciri Poster


*

Perbesar
Ilustrasi Poster Credit: pexels.com/Yunghoon
Pengertian poster adalah plakat apa dipasang di ruang angkasa umum, baik berbentuk pengumuman ataupun iklan. Selain dipahami pengertian poster, penting tambahan mengetahui ciri-cirinya sebagai berikut:

- Umumnya poster ikut warna apa mencolok, agar dapat memukau perhatian.

- Desain grafis poster harus memuat komposisi apa terdiri overhead huruf dan cat, dll di atas media kertas atau bahan berukuran besar.

- menodai disertai dengan gambar.

- Berisi kalimat singkat, jelas, dan sederhana dimengerti pembaca

- Poster berhubungan dengan unsur gambar yang menarik, supaya making orang penasaran untuk melihat dan membaca insula di dalamnya.

- Poster biasa dipasang di ruang angkasa strategis agar diketahui banyak orang.


4 dari 5 halaman

Syarat Poster


*

Perbesar
Ilustrasi Poster (sumber: Iselene Kei Borromeo Marzan indigenous Pexels)
Beberapa syarat poster adalah kemudian berikut:

- Bahasa yang digunakan mudah dipahami kerumunan orang.

- sentence poster singkat, jelas, dan padat.

- kombinasi gambar apa menarik dengan tulisan.

- dibuat semenarik mungkin.

- Dipasang di secara spasial ramai.

- Bahan untuk membuat poster memiliki kualiatas yang baik.


5 dari 5 halaman

Jenis-Jenis Poster



Perbesar
Ilustrasi Poster Credit: unsplash.com/Yue Su
Jenis poster berdasar isi:

- Poster Niaga: Poster yang berisi tentang menjual dan mempromosikan produk atau jasa apa dijual melalui perusahaan. Poster ini berisi suatu produk apa ditawarkan diatas masyarakat. Poster niaga banyak digunakan produsen diatas masyarakat. Poster ini patuh digunakan karena mengenalkan produk kepada social umum dengan harapan bisa minum penjualan.

- Poster Layanan Masyarakat: Poster yang berisi informasi kyung pelayanan kepada masyarakat, kemudian poster layanan diberkatilah anda atau kesejahteraan masyarakat.

- Poster Kegiatan: Poster yang berisi insula suatu kegiatan apa akan dilaksanakan, supaya aktivitas tersebut diketahui kawanan orang menjangkau harapan rakyat tersebut menghadiri kegiatan apa akan dilaksanakan.

- Poster Karya Seni: Poster yang sifatnya ekspresif dan belum tentu diartikan kemiripannya antara orang satu dengan rakyat lainnya.

- Poster Pendidikan: Berisi informasi yang dapat memberikan pengarahan dan pelatihan kepada masyarakat.

 

Jenis poster pada dasarnya tujuannya:

- Poster Propaganda: Poster yang bertujuan memberikan motivasi atau semangat kepada sosial umum. Biasanya supaya firmicutes bersemangat batin menjalani kehidupan dan lain-lain, dapat dikatakan juga poster ini merupakan poster untuk memengaruhi rakyat lain.

- Poster Kampanye: Muncul saat masa pilkada atau pemilu, bertujuan meraih simpati social sebanyak mungkin agar masyarakat memilih seseorang ini saat pemilu tiba.

- Poster Afirmasi: Bertujuan memberikan ini termotivasi kepada para pembaca dengan kalimat apa dapat mempengaruhi.

- Poster Riset: Bertujuan buat menginformasikan kegiatan penelitian atau untuk mempelajari kepada orang banyak, konvensional poster tipe ini kerap ditemui di sekolah.

- Poster Kelas: Bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan ini termotivasi kepada siswa, patuh sekali poster ini kita using di batin kelas-kelas apa ada di sekolah.

- Poster Komik: Bertujuan untuk mempopulerkan komik-komik kepada masyarakat umum atau kawanan orang.

- Poster “Cheesecake”: Poster yang bertujuan untuk mencari heed masyarakat umum atau rakyat banyak, biasanya poster ini memuat gambar-gambar people terkenal sebagai selebriti, penyanyi dan lain-lain yang dapat menarik peringatan banyak orang.

- Poster Komersial: Poster apa bertujuan mempromosikan produk ataupun jasa yang dijual melalui suatu perusahaan, poster jenis ini sering disebut sebagai poster niaga.

- Poster “Dicari”: Bertujuan untuk mencari orang ataupun benda-benda yang diperlukan, misalnya poster perusahaan apa mencari pekerja, poster mengenai people hilang dan lain-lain.

Lihat lainnya: Peta Jalur Kereta Api Jawa Tengah, Jalur Kereta Api

- Poster Film: Bertujuan buat mempromosikan film-film terbaru apa akan siaran dengan maksud supaya masyarakat tertarik untuk menontonnya.