Tahun 1966 ~ no pertama kalinya PKI dulu partai terlarang. Historia mencatat perjalanannya darimana era revitalisasi nasional Indonesia
fasettoblog.com, Jakarta Ketakutan munculnya Partai Komunis Indonesia (PKI) bagian belakang merebak muncul ke permukaan. Beragam intimidasi dan dilarang terhadap agenda-agenda membahas terkait penyimpangan satu bagian sejarah Indonesia tersebut kerap terjadi. Tercatat hingga beranjak Mei 2016 terjadi 24 pelanggaran kebebasan berekspresi mencapai 86 persen goals isunya mengenai PKI dan komunisme.

Anda sedang menonton: Pki dinyatakan sebagai partai terlarang sebab

*


Kita mengenal insanity MPRS No. XXV/1966 yang menegaskan bahwa PKI were partai terlarang di negeri yang menjunjung Bhineka Tunggal Ika ini. Namun, nyatanya tahun 1966 bukan pertama kalinya PKI menjadi partai terlarang di Indonesia. Historia menceritakan bahwa 40 lima sebelumnya, PKI pun sempat mencicipi lid partai terlarang era Kolonialisme Belanda.

PKI didirikan pada 23 Mei 1920, pada awalnya bernama Perserikatan Komunis indit yang menjadi partai komunis duluan di Asia. Pertemuan II Juni 1924 memutuskan untuk mengubah nama belakang menjadi Partai Komunis Indonesia. Partai ini were partai pertama apa secara resmi manfaat Indonesia. Disusul selanjutnya Partai Nasionalis Indonesia (PNI) yang didirikan melalui Soekarno di atas 1927.

PKI memutuskan untuk mengadakan perlawanan terhadap imperialisme dan kolonialisme Belanda batin Konferensi Prambanan 1925. Selama setahun persiapan implisit pergolakan di internal partai, pemberontakan dimulai duluan kali di Batavia. 

*

Pemberontakan dengan basis persekutuan buruh-tani tersebut cepat merambat setelah daerah-daerah lain, seperti Tangerang, Banten, Priangan, Solo, Banyumas, Pekalongan, Kediri, dan Surakarta hingga Sawahlunto. Pemberontakan apa dimulai di atas Maret 1926 tersebut kemudian ditumpas di atas akhir Maret 1927 oleh Kolonialisme Belanda. 

Pasca-pemberontakan, Kolonial Belanda kemudian does teror, penindasan, penangkapan, dan pembuangan terhadap orang-orang PKI. PKI lalu dinyatakan sebagai partai terlarang di hindia Belanda di atas 1927. Beberapa bien menyebutkan tentang 13.000 people pribumi ditangkap di seluruh pada kenyataannya Belanda, 1.300-an rakyat dibuang ke Boven Digul usai pengadilan.

Perlawanan PKI kala itu adalah menentang imperialisme Eropa dan kolonialisme di tanah Hindia-Belanda. Di atas umumnya, perlawanan terhadap Kolonialisme Belanda akan dicap seperti pahlawan. Namun halaman tersebut nampaknya tak berlaku bagi PKI.

(rn)

**Ingin berbagi insula dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa baca di sini.

Lihat lainnya: Sketsa Rumah Ukuran 6×13 - Mathematics In The Junior High School

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik memukau lainnya, yuk berbagi di Forum fasettoblog.com.