Keputihan adalah terms ketika lendir atau cairan diambil dari vagina. Keputihan merupakan cara bawaan tubuh untuk menjaga membersihkan dan kelembapan body organ kewanitaan. Selama seorang banci mengalami keputihan, cairan yang diproduksi kelenjar vagina dan leher rahim menjadi keluar membawa sel sekarat dan bakteri, sehingga vagina tetap terlindung dari infeksi.

Anda sedang menonton: Penyebab keputihan dan cara mengatasinya

*

Keputihan sekutunya terjadi di atas wanita apa masih mengalami menstruasi. Tengah hamil mungkin akan lebih sering mengalami keputihan acibe perubahan hormon. Kapan wanita start memasuki masa menopause, hanya satu keputihan ini adalah berkurang.

Harap berhati-hati jika cairan keputihan mengalami perubahan warna, tekstur, dan bau. Kondisi ini dapat menjadi gejala keputihan yang tidak normal yang disebabkan melalui infeksi ataukah kelainan pada organ reproduksi wanita. Keputihan yang berciri sebagai ini sering kali merupakan deviasi satu ciri penyakit kelamin wanita.

Gejala Keputihan

Keputihan apa tergolong tangga akan shine dari cairan apa keluar dengan gejala sebagai berikut:

Tidak berwarna atau berwarna putih.Tidak berbau atau tidak mengeluarkan dupa menyengat.Meninggalkan bercak kekuningan di celana dalam.Tesktur cairan keputihan dapat berubah tergantung siklus menstruasi.

Untuk keputihan yang tidak normal dapat ditandai dengan:

Cairan keputihan various warna, bau, ataukah tekstur dari biasanya.Cairan keputihan disetujui lebih crowd dari biasanya.Keluar darah ke berhubungan seksual atau di luar reservasi haid.

Keputihan yang abnormal ini dapat disertai dengan keluhan:

Gatal pada area kewanitaan.Nyeri di panggul atau ketika buang air kecil.Rasa terbakar di sekitar vagina.Penyebab Keputihan

Keputihan yang dialami setiap perempuan berbeda-beda, mulai dari jumlah cairan yang keluar hingga cat dan tekstur cairan. Keputihan sekutunya terjadi setidaknya 6 bulan sebelum seorang banci mengalami menstruasi buat pertama kalinya. Kondisi ini dipengaruhi melalui perubahan hormon di dalam tubuh.

Selain buat perubahan hormon, keputihan juga akan normal disetujui saat feminin mendapatkan stimulasi seksual, sedang menyusui, atau stres.

Sementara itu, keputihan apa tergolong tidak normal disebabkan oleh vulvovaginitis, atau servisitis akibat infeksi bakteri, virus, atau jamur. Selain infeksi, keputihan also dapat menjadi tanda tangan dari kanker rahim atau leher rahim.

Bila keputihan yang dialami merupakan petanda dari kanker rahim, maka could dokter become menganjurkan Anda karena melakukan histerektomi ataukah bedah pengangkatan rahim.

Sebelum mengabadikan langkah ini, ada baiknya dari mereka tanyakan terlebih dahulu apa thừa dan kekurangan prosedural tersebut dengan dokter. Saat ini, terdapat asuransi kesehatan yang menyediakan layanan chat liberty bersama hati-hati spesialis.

Ada mayoritas faktor yang membuat seorang perempuan rentan mengalami diencerkan vagina dan menimbulkan keputihan, antara lain:

Menderita penyakit diabetes.Melakukan menghubung seksual tanpa kondom dan sering berganti pasangan.Terdapat iritasi di batin atau kyung vagina.Menipisnya dinding vagina asibe menopause.Terlalu sering stabil area kewanitaan dengan semprotan air.Menggunakan sabun atau losion yang mengandung parfum ataukah pewangi.Diagnosis Keputihan

Untuk memutuskan apakah keputihan bersifat kesatuan atau tidak normal, hati-hati akan menanyakan gejala yang dialami, siklus menstruasi, dan mengenai menghubung seksual. Selanjutnya, hati-hati akan does pemeriksaan, terutama pemeriksaan panggul untuk memeriksa kapak organ reproduksi wanita, such vagina, serviks, dan rahim.

Selain itu, dokter tambahan akan does pemeriksaan terhadap cairan dari keputihan menemani itu sendiri. Perubahan warna pada cairan keputihan ini dapat dulu petunjuk bagi dokter buat menentukan penyebabnya. Berikut penjelasannya:

Cairan berwarna hijau atau keemasan dan berbuih. Keputihan ini disebabkan malalui penyakit trikomoniasis.Cairan berwarna weiss dan kental. Keputihan ini disebabkan oleh infeksi jamur pada vagina.Cairan berwarna putih, abu-abu, atau kuning, disertai kemenyan amis. Keputihan ini disebabkan melalui penyakit vaginosis bakterialis.Cairan berwarna merah muda. Keputihan apa terjadi setelah melahirkan.

Tanda keputihan yang noel normal umumnya siap dapat terdeteksi pada pemeriksaan awal. Namun, hati-hati dapat mendukung pasien buat menjalani pemeriksaan tambahan agar lebih pasti, seperti:

Tes pH, untuk memeriksa taraf keasaman lendir atau cairan dan mendeteksi tanda-tanda infeksi di atas vagina.Tes sampel cairan vagina, yaitu aturan dirombak laboratorium terhadap sampel cairan atau lendir keputihan untuk mendeteksi keberadaan jamur, bakteri, atau parasit apa menyebabkan keputihan.Pap smear, yaitu aturan dirombak terhadap sampel jaringan serviks buat mendeteksi kelainan apa terjadi diatas jaringan serviks.Pengobatan Keputihan

Keputihan yang tergolong normal noel memerlukan menangani medis secara khusus. Terms ini dapat perlakuan dengan membersihkan area kewanitaan secara rutin buat menghilangkan lendir atau cairan.

Sementara, cara diatasi keputihan yang tergolong abnormal dilakukan berdasarkan penyebab apa mendasari keputihan. Hati-hati akan memberikan terapeutik obat untuk mengobati keputihan abnormal, seperti:

Metronidazole atau tinidazole, jika keputihan disebabkan melalui parasit penyebab diseases trikomoniasis.

Selain dengan obat-obatan dari dokter, keputihan juga bisa mengatasi dengan obat keputihan tradisional.

Lihat lainnya: Kemendikbud Peringati Hari Lanjut Usia Nasional 2019, Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (Hlun) 2019

Pencegahan Keputihan

Langkah utama untuk mencegah keputihan abnormal adalah membudaya kebersihan area kewanitaan agar terhindar dari risiko infeksi. Cara yang bisa dilakukan yaitu:

Hindari menyiram atau ringkas vagina menjangkau semprotan air. Cara ini berisiko menghilangkan bakteri baik yang melindungi vagina dari infeksi.Gunakan celana dalam berbahan katun buat menjaga kelembapan diatas area kewanitaan. Hindari benefit celana dalam apa terlalu ketat.Hindari keuntungan sabun atau produk kewanitaan apa mengandung parfum, buat dapat mengganggu keseimbangan radang usus besar baik di atas vagina.Jagalah kebersihan vagina selama menstruasi mencapai mengganti pembalut setidaknya setiap 3-5 pukul sekali.