Menanggapi langkah AS-Australia bangunan pangkalan militer di Papua Nugini, Indonesia ditelepon pun harus membangun Mako Kostrad dan Marinir di Papua. (CNN Indonesia/Christie Stefanie)
Jakarta, CNN Indonesia -- Wakil Presiden Amerika Serikat Mike Pence mengumumkan kerjasamanya mencapai Australia karena membangun sebuah pangkalan militer yang akan diletakkan di kawasan di Papua Nugini. Amerika juga sekaligus pramuka kerjasama dengan Lombrum marine Base ataukah pangkalan angkatan lautnya milik pertahanan Papua Nugini.

Anda sedang menonton: Pangkalan militer amerika di indonesia

Menanggapi langkah bangsa Paman Sam tersebut, Pengamat military dan pertahanan Indonesia Muradi tahu pemerintah Indonesia bahwa itu bukan sebuah kabar baik. Melalui sebab itu, Indonesia pun disebutnya harus menghormati dengan membangun fasilitas serupa di Papua."Dari segi pertahanan keamanan dengan building pangkalan tentara jangan dianggap membangun sebagai perkawanan. Menemani itu salah. Menyertainya dianggap kemudian kompetitor di bidang pertahanan dan keamanan," kata Muradi kepada fasettoblog.com, Minggu (18/11).
Untuk itu, Muradi mengusulkan agar Indonesia membangun pangkalan pertahanan serupa di tentang pulau Papua yang merupakan utama Indonesia."Kita harus mempercepat tangani itu pembangunan membangun Mako Kostrad (Komando Strategis Angkatan Darat) dan Mako Marinir supaya ada berefek gentar," ujar Muradi.

Lihat lainnya: Mitos Air Kelapa Untuk Ibu Hamil, Manfaat Air Kelapa Saat Hamil, Mitos Atau Fakta


Mike Pence. (REUTERS/Kim Hong-Ji)
Efek lembut atau memengaruhi deteren itu, kata dia, haruss dibangun sebagai pesan karena negara-negara lain relevan kedaulatan Indonesia.Pembangunan pangkalan tentara ini dilakukan agar country lain noel semena-mena mencapai Indonesia. Papua diharapkan bisa dulu basis pertahanan dan tentara Indonesia ke depan."Logikanya kalau ~ no sebagai musuh minimal kompetitor dan minimal kita waspada," ujar Muradi.Pengajar di lingkungan hochschule Padjadjaran akun itu mengatakan dalam sejumlah buku pertahanan dan keamanan Australia, Indonesia adalah salah satu negara yang dianggap seperti ancaman. Atas mendasar itu, kata Muradi, noel heran selagi Australia building pangkalan military di wilayah apa berbatasan mencapai Indonesia."Australia masih memandang Indonesia seperti ancaman together China. Enim memang kalau bangunan itu ~ no hal apa baru. Situasi ini cantik kita prediksi jauh hari," ujar Muradi.Sejauh ini, Muradi bilang, Indonesia belum melakukan tindakan signifikan mengantisipasi pergerakan militer dari negara lain. Padahal, negara lain such Singapura secara gamblang menyatakan Indonesia such salah satu country yang were ancaman."Singapura jelas-jelas mereka itu terancam, bisa terlihat dari pernyataanya soal negara apa perlu diperhitungkan adalah negara dengan mayoritas Islam terbesar apa mana Indonesia. Di dalam hal ini minimal kita merumuskan ancaman dari luar seperti apa," ujar dia.Sebelumnya, Wapres together Mike Pence pada sabtu (17/11) mengumumkan kesepakatan negaranya dan Australia buat membangun pangkalan lautnya di Papua Nugini, tambahan bekerja sama mencapai pemerintahan bangsa tersebut."Kami menjadi bekerja mencapai dua negara ini karena melidungi kedaulatan dan hak laut di islands Pasifik," kata Pence mengutip dari AFP (17/11).Dikutip dari kantor berita yang sama, manuver AS akun itu dilihat seperti bentuk "pergerakan" atas pengaruh China di kawasan Pasifik.Kabar bahwa China ingin membangun fasilitas militer di Fiji such di pulau Blackrock, Manus atau vanuatu telah tercium pihak Australia dan informasi ini mengalir sampai Gedung Putih. Kedua negara pun disebut kegelisahan keinginan China ini menjadi menyaingi setara kekuatan angkatan lautnya di pacific Selatan.