Orangutan adalah satu-satunya kera besar yang hidup di daratannya Asia dan hanya ditemukan di pulau Kalimantan dan Sumatera. Terdapat tiga spesies Orangutan, yaitu Orangutan Kalimantan (Pongo pygmaeus), Orangutan sumatra (Pongo abelii), dan Orangutan tapanuli (Pongo tapanuliensis). 

*
Orangutan Kalimantan (Pongo pygmaeus)
*
Orangutan sumatera (Pongo abelii)
*
Orangutan tapanuli (Pongo tapanuliensis)

Beberapa fakta menarik tentang primata ini yang perlu diketahui.

Anda sedang menonton: Orangutan adalah jenis fauna yang terdapat di pulau

Orangutan Kalimantan (Pongo pygmaeus)

Orangutan jantan dengan bantalan pipi melebar sehingga wajahnya membulat.Bobot orangutan bisa ~ lebih dari 90kg, dan mempunyai rambut berwarna cokelat gelap.Orangutan kalimantan banyak ditemukan di hutan rawa gambut.

Orangutan sumatera (Pongo abelii)

Orangutan jantan mempunyai bantalan pipi apa menggelambir nanti bawah dan mempunyai wajah yang oval.Bobotnya bisa mencapat hingga 90 kg, dan mempunyai haar berwarna coklat orange terang.Habitat orangutan sumatra berada di hutan dataran tinggi atau pegunungan mencapai ketinggian 1.000 mdpl.

Orangutan tapanuli (Pongo tapanuliensis)

Habitat orangutan tapanuli hanya dapat dijumpai di Ekosistem batangan Toru, Sumatera utara dan resmi dinobatkan sebagai jenis baru pada lima 2017.Perbedaan fisik orangutan tapanuli :

Tengkorak dan tulang rahang lebih small namun gigi taring lebih geram daripada orangutan sumatra dan orangutan kalimantan, rambut lebih kental dan keriting. Orangutan tapanuli jantan luaran kumis dan jenggot apa menonjol menjangkau bantalan pipi berbentuk datar apa dipenuhi oleh haar halus berwarna pirang.

Jenis tumbuhan sumber pakan belum pernah tercatat such jenis pakan, termasuk benih Aturmangan (Casuarinaceae), Buah Sampinur Tali/Bunga (Podocaroeceae) dan Agatis (Araucariaceae).

Estimasi Perkiraan Populasi orangutan di Indonesia yaitu Orangutan Kalimantan (pongo pygmaeus) jumlah populasi diperkirakan 57.350 individu, Orangutan sumatera (pongo abelii) jumlah populasinya diperkirakan 14.470 sendiri dan Orangutan tapanuli (pongo tapanuliensis) apa perkiraan jumalah populasinya kurang dari 800 individu

Orangutan Kalimantan

Orangutan Kalimantan tersebar hampir di seluruh pulau Kalimantan. Gugusan pegunungan Schwaner dan Muller memiliki dua sungai besar, yaitu Sungai kapuas (Kalimantan Barat), serta Sungai Mahakam (Kalimantan Timur) were barier bawaan yang form tiga subspecies orangutan kalimantan saat ini.

Pongo pymaeus pygmaeus yang tersebar di bagian barat Laut Kalimantan (Taman Nasional Betung Kerihun Danau Sentarum dan sekitarnya), utara Sungai kapuas sampai Timur laut Serawak.Pongo pygmaeus wurmbii memiliki kain lap pada west Daya Kalimantan, bagian Selatan sungai kapuas (Kalimantan Barat) dan sedikit populasi di bagian timur sungai bari sat (Kalimantan Selatan).Pongo pygmaeus morio yang didefinisikan sebarannya di ~ Sabah dan bagian Timur Kalimantan sampai sejauh sungai Mahakam.

Sumber papan Orangutan

Orangutan termasuk setelah dalam hewan frugivorous (pemakan buah-buahan). Buah merupakan makan pokok orangutan berdasarkan data dan gawangnya penelitian. Berkomposisikan presentase jenis makanan yang makan melalui orangutan yaitu : 69% buah-buahan, pada kondisi tertentu juga memakan lembaran 17%, bunga 6%, kulit pohon tertentu 1%, serangga 6% dan lain-lain 1%.

Habitat Orangutan

Orangutan secara umum menyukai woods primer dataran inferioritas (dibawah 500 mdpl), hingga kayu dataran tinggi atau pegunungan dengan ketinggian 1.000 mdpl. Orangutan dapat hidup pada berbagai tipe hutan, mulai dari kayu kering, perbukitan, dataran rendah, menyiksa aliran sungai, hutan rawa air tawar, rawa gambut, tanah kering di atas rawa mangrove dan nipah, sampai ke hutan pegunungan.

Habitat orangutan merupakan hutan apa didominasi oleh tanaman dari famili Dipterocarpaceae. Kondisi tersebut berkaitan mencapai karakteristik orangutan apa merupakan hewan aboreal atau hewan yang segala kegiatan dilakukan di atas pohon. Di habitat aslinya, orangutan membuat sarang untuk tidur, kawin, melahirkan anak, dan mengasuh anak sampai siap disapih. Di ~ umumnya, seperti ini making sarang diatas pohon yang memberikan pandangan lebih luas usai sebagian geram areal hutan.


*
Hutan Dataran Rendah
*
Hutan Rawa Gambut

Peran Orangutan

Membuka Kanopi

Orangutan berperan terlalu tinggi bagi ketersediaan cahaya matahari di di dalam hutan sembuh kondisi woods hujan tropis sangatlah lebat dan gelap. Saat mencari makan dan produksi sarang, orangutan selalu memetik dahan dan daun pepohonan. Mencapai cara ini, bagian atas hutan akan suspended sehingga itu mudah sinar matahari dilampiri dan menjangkau tanah. Kemudian, tunas tumbuhan baru dapat berkembang mencapai baik karena mendapat sinar matahari yang cukup. Sebagai yang kita ketahui, sinar matahari mendesak penting dalam proses pengolahan pakan bagi tumbuhan.

*
Sarang Orangutan Kalimantan

Penyebar benih Tumbuhan

Orangutan suka sekali memakan buah-buahan. Benih dari buah apa mereka makan akan dikeluarkan together dengan feses. Biji-biji menemani itu dapat tersebar tampan jauh sebab orangutan dapat berpergian sepanjang 10 km dalam satu hari. Jika jatuh di tempat yang subur maka benih tersebut dapat tumbuh dulu pohon baru. ~ terdapat beberapa tipe tumbuhan yang just dapat ditanam melalui mengangkut orangutan.

Ancaman Terhadap Orangutan

Semua tipe orangutan adalah jenis yang terancampunah dan full dilindungi melalui perundang-undangan Indonesia. Spesies ini diklasifikasikan malalui CITES nanti dalam kategori Appendix i (species yang dilarang buat perdagangan komersial internasional buat sangat rentan terhadap kepunahan). Pemfitnahan ancaman utama apa dihadapi oleh orangutan adalah kehilangan habitat, perburuan dan kebakaran hutan. Orangutan sering kali disebut sebagai hama untuk sering dianggap mengganggu aset sehingga noël jarang terjadi bentrok antara orangutan dan manusia.

Lihat lainnya: Download Lagu Children Of Gaza, Children Of Gaza

Dalam satu dekade terakhir, di tiap tahunnya, paling tidak terdapat 1,2 million Ha kawasan kayu di Indonesia telah digunakan karena aktivitas-aktivitas penebangan berskala besar, pembalakan liar, serta kelonggaran hutan untuk pertanian, perkebunan, pertambangan, dan pemukiman. Jika habitat mereka semakin hancur, memberi makan semakin padat didapat. Saat ini hampir dipastikan orangutan telah kehilangan 80% wilayah, berupa hutan seperti tempat hidup di dalam waktu kurang dari 20 tahun. Mengingat, laju deforestasi di Indonesia merupakan yang tertinggi di dunia.