Kalau kamu bukan Anak raja dan Engkau bukan anak ulama besar, maka jadilah penulis.

Anda sedang menonton: Materi bahasa indonesia tentang cerpen

(Imam Al-Ghazali)

Teks Cerpen

Materi Bahasa Indonesia

Kelas : IX

BentukKarya Sastra Indonesia

1. Prosa:Bentuk Karya sastra berupa laporan atau cerita.

Contoh:novel, roman, cerpen, cergam, cermis, cermin, komik.

novel yaitu sebuah karya prosa panjang apa adanya perubahan nasib di ~ tokohnya. Contohnya Negeri lima Menara (Ahmad Fuadi) roman inn yaitu, sebuah karya prosa panjang yang menceritakan tokoh dari kecil sampai itu meninggal. Contohnya roman Siti Nurbaya (1922, Marah Rusli) penerbit Balai pembawa acara

2.Puisi

Puisi, adalah bentuk karya sastraberupa susunan diksi (pilihan kata) yang indah dan mempunyai makna yang dalam.

Adadua tipe puisi yaitu puisi lama dan puisi baru.

Puisilama adalah puisi apa ditulis mengikuti aturan yang mengikat

Contohnya: Pantun, Syair, Gurindam, Karmina

Puisi baru disebut juga pusii bebasdan noël mengikuti aturan yang tetap.

3.Drama

ž Drama yaitu, bentuk karya sastraberupa percakapan dengan tujuan buat dipentaskan

Apa itu cerpen?

*

Cerpen(cerita pendek) yaitu, sebuah jenis karya sastra yang menggambarkan tale atau kisah merencanakan hidup manusia batin bentuk tulisan yangringkas dan jelas.Alurnya tungggal

Ciri-ciriCerpen

luaran proporsi penulisan apa lebih cilt dibandingkan menjangkau Novel. Pribadi jumlah kata noël lebih dari 10.000 kata (5-10 halaman) Kebanyakan mempunyai isi cerita yang menggambarkan hayatnya sehari-hari. Tidak mencerminkan semua kisah tokohnya. sulungnya katanya mudah sehingga memudahkan para pembaca karena memahaminya. Bersifat Fiktif. Menceritakan satu kejadian saja dan menggunakan konspirasi cerita tunggal dan lurus. Membacanya noël membutuhkan waktu yang lama. (habis dibaca di dalam satu kali duduk) Memberikan pesan dan kesan apa sangat mendalam. Hanya ada satu tabrakan dan satu penyelesaian. Unsur CERPEN ada dua:

1.UNSUR EKSTRINSIK

2.UNSUR INTRINSIK

Unsur hakiki adalah unsur yang membangun karya sastradari dalam.

Unsur orang asing adalah unsur yang membangun karya sastradari luar.

Unsur penting Cerpen

vTema

vTokoh

vPenokohan

vAlur/plot

vLatar/setting

vSudut pandang

vGaya bahasa

vAmanat

1.Tema

Temamerupakan ide atau gagasan dasar apa melatarbelakangi keseluruhan cerita yangada dari cerpen. Tema luaran sifat umum dan general yang dapat diambil darilingkungan sekitar, permasalahan apa ada di masyarakat, saga pribadipengarang sendiri, pendidikan, sejarah, perjuangan romansa, komuni danlain-lain.

Tokoh

2.Tokoh merupakan pelaku atau orang apa terlibat di dalamcerita tersebut. Ada 4 types tokoh apa digambarkan di dalam cerpen, antara lain:

ž Protagonis:Tokohyang yang menjadi aktor atau pemeran utama dan mempunyai sifat yang baik.

ž Antagonis:Tokoh ini juga menjadi pemeran major yang were lawan daripada tokohprotagonis. Tokoh antagonis luaran watak yang negatif seperti: iri, dengki,sombong, angkuh, congkak dan lain-lain.

ž Tritagonis:Tokoh ini adalah tokoh penengah dari protagonis dan antara antagonis. Tokoh inibiasanya memiliki sifat yang arif dan bijaksana.

3.Penokohan

Penokohan adalah penentuan watak atau sifat tokoh yangada di batin cerita. Watak yang diberikan dapat digambarkan batin sebuahucapan, pemikiran dan pandangan dalam melihat suatu masalah

ž Figuran:Tokoh ini merupakan tokoh pendukung yang memberikan tambahan warna dalamcerita.

4. Alur/ plot

Aluradalah urutan jalan cerita dalam cerpen apa disampaikan malalui penulis. Dalammenyampaikan cerita, ada tahapan-tahapan konfigurasi yang disampaikan oleh sangpenulis. Diantaranya:

— Tahapperkenalan

— Tahappenanjakan

— Tahapklimaks

— Antiklimaks

— Tahappenyelesaian

Ada 3 macam merencanakan yang kerapkalidigunakan melalui para penulis, yakni:

ž Alurmaju. konfigurasi ini menggambarkan jalan cerita yang urut dariawal perkenalan tokoh, situasi lalu menimbulkan menabrak hingga puncak konflikdan terakhir penyelesaian konflik. Intinya adalah, pada konfigurasi maju ditemukanjalan cerita yang runtut pantas dengan tahapan-tahapannya.

ž Alurmundur.Di konspirasi ini, penulis menggambarkan jalan ceritasecara tidak urut. Bisa ~ saja penulis menceritakan tabrakan terlebih dahulu,setelah itu menengok kembali peristiwa yang were sebab bentrok itu terjadi.

ž Alurcampuran, yaitu perpaduan antara merencanakan maju dan konspirasi mundur dalamsatu cerita.

5. Latar/ setting

ž Latartempat, yaitu lokasi terjadinya peristiwa apa diceritakan di dalam sebuah karyafiksi. Unsur tempat yang dipergunakan mungkin berupa tempat- secara spasial dengan namatertentu, inisial tertentu, could lokasi tertentu tanpa nama jelas.

ž Latarwaktu, berhubungan dengan masalah “kapan” terjadinya peristiwa-peristiwa yangdiceritakan batin sebuah karya fiksi.

ž Latarsuasana, yaitu situasi what saja yang terjadi kapan saat si tokoh atau sipelaku malakukan sesuatu.

ž 6.Sudut Pandang

ž pojok pandang adalah berposisi ataupandangan pengarang di dalam menyampaikan cerita. Penerapannya mungkin dilihat daripenggunaan kata ganti yang digunakan pengarang di dalam cerpen.

Secara umum ada 2 macam-macamsudut pandang yakni sudut pandang orang pertama dan sudut pandang orang ketigasebagai berikut.

ž Sudutpandang orang duluan yaitu cara pengarang berkomunikasi cerita such orangpertama. Ciri-cirinya adalah menggunakan kata ganti setiap orang pertama sebagai aku,kami dan sebagainya.

ž Sudutpandang people ketiga cara pengarang berkomunikasi cerita kemudian orang ketiga.Ciri-cirinya adalah keuntungan kata ganti orang ketiga kemudian dia, mereka dansebagainya.

Lihat lainnya: Bacaan Doa Untuk Ke2 Orang Tua, Baik Yang Masih Hidup Atau Sudah Meninggal

7. Gaya Bahasa

Gayabahasa merupakan ciri khas yang tertua kata dan bahasa yang tangan kedua olehpenulis. Bab ini meliputi:

ž Diksi,pilihan kata.

ž Penggunaankalimat

ž Pemakaianmajas.

ž 8.Amanat

žAmanat adalah pesan apa terkadungdalam cerpen yang bisa diambil melalui pembaca. Pesan apa disampaikan olehpengarang sanggup secara tersurat atau tersirat.