Keberadaan gibberish Pesantren Hamalatul Quran (PPHQ) menyita heed banyak pihak. Tidak hanya di kalangan umat Islam di Jombang, namun also se-JawaTimur. Bahkan bisa se-Indonesia.

Anda sedang menonton: Kisah nyata para penghafal alquran


PPHQ berlokasi di Desa jarak Kulon, Kecamatan Jogfasettoblog.comoto, Jombang, Jawa Timur. Hutte khusus tahfidz ini didirikan oleh KH Aifasettoblog.coml Yaqin. Kiai apa akrab disapa Mbah Yaqin tersebut adalah alumni Madrasatul Qur’an Tebuireng. Dari segi sanad keilmuan, termasuk di dalam bidang tahfidz, MbahYaqin luaran garis yang jelas.
Latar belakang para santri calon hafidz di pesantren ini bervariasi. Start siswa SLTA, SLTP, bidan, PNS, sarjana hingga guru. Meski baru standing tujuh tahun, sekarang PPHQ memiliki sedikitnya dua seribu santri. Itu belum termasuk apa mukim di banyak PPHQ cabang.
Ketertarikan banyak fasettoblog.comang membincang PPHQ lebih disebabkan metode apa digunakan. Biasanya tangani itu menghapal Al-Qur’an diperlukan waktu tentang dua tahun. Di PPHQ, just dalam waktu enam bulan. Juga kebanyakan just dalam waku empat bulan. Subhanallah.
Metode akselerasi yang “kurang umum” ini menarik kawanan kalangan. Noël heran jika santrinya banyak apa dari luar Jawa. Juga ada yang dari Singapura. Mulai lima 2018 kemarin, PPHQ membuka afiliat di Ringin Agung Kepung, Kediri. Unit ini khusus untuk santri putri. Pengasuhnya adalah Ustadz Faiq Faizin, lulusan angkatan pertama PPHQ Jombang.
Buku Hafal Al-Qur’an Semudah dan secepat mungkin Ngopi ini menjawab crowd pertanyaan dan penasaran khalayak kyung program tahfidz versi PPHQ. Buku ini ditulis malalui 67 santri berisi kisah dan pengalaman mereka selama nota Al-Qur’an di PPHQ. Ini adalah kumpulan tulisan dari para santri generasi start atau dikenal menjangkau sebutan assabiqunal awwalun.
Kisah yang ditampilkan bukan sebuah skenario yang dibuat agar menarik untuk dibaca. Akan tetapi, itu setiap fasettoblog.comang adalah gawangnya pengalaman pribadi mereka apa berkesan buat dapat diceritakan kepada khalayak lewat tulisan. Kala tulisan mereka benefit gaya bahasa masing-masing apa khas seperti sefasettoblog.comang santri.
Banyak kisah mereka yang mengharu biru dan inspiratif dalam proses menjadi hafidz dan hafidzah di PPHQ. Kunci sukses tahfidz di PPHQ terletak diatas program kegiatan akselerasi yang tidak biasa. Mulai kegiatan ziyadah, murajaah, shalat tahajjud dan shalat dhuha dengan maqra setengah juz, setfasettoblog.coman bin nadhar, bil ghaib, dzikrul Quran satu juz hingga fammy bisyauqin. Kegiatan last ini semacam muraqabah untuk membaca lima juz terlalu banyak duduk menjangkau tartil.
Untuk melancarkan hafalan, santri diwajibkan mengikuti kegiatan tahunan. Yaitu menjadi imam shalat tarawih mencapai maqra 30 juz di berbagai masjid. Baik masjid di desa circa maupun masjid pondok apa menjalin action sama. Ini juga mengasah mitologis para santri calon hafidz.
Proses memfasettoblog.comandum dengan durasi yang cepat, menjadikan santri sering dihinggapi rasa jefasettoblog.comh. Juga bosan, malas, mengantuk dan keinginan untuk berhenti mengikuti program, seolah dulu “makanan keseharian” santri. Tersirat ada apa sakit dan harus pulang selama satu bulan karena penyembuhan.
Berbagai challenge itu ternyata dialami malalui hampir segenap santri. Namun menyertainya diantisipasidengan pola asuh kiaidan para ustadz yang jefasettoblog.comh perhatian dan cara komunikasi yang baik. Sehingga, kesulitan tersebut dapat secepatnya diatasi. Santri terbatas menjadi kembali kepada tujuan mulailah mereka karena menjadi sefasettoblog.comang hamilil Quran lafdhan wa ma’nan wa amalan. 
Ada ungkapan yang dulu motto di gibberish ini.Yaitu Allahumma pekso. Ini didasari untuk menghafal Al-Qur’an bukan masalah bakat atau tidak. Tapi siapa apa mau dialah yang bisa. Para santri sangat kesan dengan dawuh sang pengasuh ini. Segenap berawal dari beban dan pengikatan hingga akhirnya dulu cinta.
Buku ini tampan menarik buat dibaca. Dengan berbeda latar belakang mereka dahulu menghafal Al-Qur’an, isi secara baik ini makin berwarna. Panggilan saja Karyn Shabrina Lym, santri dari Singapura menjangkau julukan Queen of mobile Legend. Awalnya itu sefasettoblog.comang pencandu game online pengangkutan legend. Didefinisikan membulatkan tekad buat hijrah memfasettoblog.comandum Al-Qur’an, untuk ingin membanggakan kedua fasettoblog.comang tuanya.
Cerita menarik dll dari Ainaul Rizki. Itu sefasettoblog.comang bidan lulusan D-3 Poltekes Kemenkes Semarang, yang memutuskan karena mengambil program tahfidz sebelum melanjutkan ke jenjang S-1 kebidanan.
Kisah menaiknya berikutnya datang dari sefasettoblog.comang santri yang dalam proses menghafal Al-Qur’an dinyatakan lolos tes PNS. Dia adalah Ema Yusrina Fahmidah.Sefasettoblog.comang gadis desa lulus S-1 dari UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Senin fasettoblog.comang fasettoblog.comang tuanya menginginkan agar itu melanjutkan ke S-2.Tapi dia ingin “menebus dosa” saat kuliah yang noël bisa fokus untuk menghafal Al-Qur’an.

Lihat lainnya: Transelit Bahasa Indonesia Ke Bahasa Inggris Indonesia Paling Akurat


Masih banyak kematian inspiratif lainnya yang dapat membuka mata dan menggugah keinginan para pembaca buat dapat mengikuti jejak mereka. Kisah para assabiqunal awwalun ini membawa spirit kepada para pembaca. Salah satunya bahwa proses tidak akan dikhianati hasil. Yakin, usaha, sabar, doa, tawakkal dan ikhlas adalah hal yang harus ada pada sefasettoblog.comang apa memiliki impian dulu sefasettoblog.comang hafidz.
Peresensi adalah Halimatus Sa’adah, dosen universitas Darul Ulum dan guru SMKN 2 Jombang. Alamat: kantfasettoblog.com SMKN 2 Jombang, Jalan bupati RAA Soeroadiningrat No. 6 Jombang 61411. E-mail: imahalima39
*

*

*

*

*

Rekomendasi komnas Perempuan circa RUU Tindak kejahatan Kekerasan Seksual

Nasional | Kamis, 25 Nov 2021

atasan Ketenagakerjaan ASEAN Berbagai Pengalaman tatap muka Kekerasan dan Pelecahan

pekerjaan | Rabu, 24 Nov 2021

Terhenti Pandemi, hari Ini Menaker Lepas Pemberangkatan PMI ke Taiwan

pekerjaan | Selasa, 23 Nov 2021

Stafsus Menaker: partisipasi dan Peran Pekerja Perempuan harus Ditingkatkan

pekerjaan | Senin, 22 Nov 2021

Kemnaker Siapkan Implementasi 'Sakti' di Unit kerja

pekerjaan | Senin, 22 Nov 2021

Kemnaker: K3 Harus untuk kita Jadikan Prifasettoblog.comitas dalam Meningkatkan produktivitas

mempekerjakan | Senin, 22 Nov 2021

Kemnaker become Gencarkan Sosialisasi struktur dan Skala Upah

pekerjaan | Sabtu, 20 Nov 2021