Jepang mendarat pertama kali di atas 10 Januari 1942 di Tarakan, Kalimantan Utara. Tarakan were sasaran terutama invasi Jepang di Indonesia karena ....

*




Anda sedang menonton: Jepang pertama kali mendarat di

memiliki letak geografis apa strategis

*


menyimpan kekayaan bahari melimpah

*


memiliki banyak sumber daya manusia

*


memproduksi perlengkapan senjata

*




Lihat lainnya: Slogan Jokowi Kerja Kerja Kerja, Slogan Kerja Jokowi Pepesan Kosong

memiliki ladang minyak apa luas

*


Ekspansi Jepang usai Kepulauan Indonesia diawali mencapai menduduki menyiksa Tarakan, Kalimantan Timur. Pertempuran merebutkan pulau Tarakan terjadi dari 11-12 Januari 1942. Alasan kepala Jepang menduduki Tarakan buat adanya industry minyak bumi. Pulau Tarakan pribadi fasilitas 700 sumur minyak, kilang, dan pelabuhan udara. Selain akun itu Tarakan adalah penghasil nyata mentah bagi industri dan mesin perang negara-negara Eropa, Amerika Serikat, dan Jepang, termasuk minyak. Minyak Tarakan dikenal berkualitas tinggi dan remaja (world purest oil). Alasannya lain adalah letak Tarakan yang strategis, dimana dekat dengan pulau Fillipina Selatan. Di samping itu, di dalam pandangan Jepang pengusaan pulau Tarakan ini adalah memenuhi kebutuhan minyak tahunan sebesar 16%.

Setelelah menginvasi Tarakan, Jepang tambahan melakukan pendudukan ke menyiksa penghsil perminyakan lain setelah Balikpapan, Pontianak, Samarinda, Banjarmasin, dan Palembang.