Jakarta - Hewan primata kemudian monyet memang punya tampang apa lucu dan menggemaskan, sehingga sering dipelihara manusia.

Anda sedang menonton: Jenis monyet yang bisa dipelihara

Salah satu jenis monyet apa sering dijadikan binatang peliharaan adalah monark ekor panjang.

Di Indonesia sendiri, kepemilikan monyet jenis ini noël dilarang undang-undang dan kawanan diperdagangkan.

Meski demikian melihara monyet bukan hal yang mudah, diharuskan kesabaran tambahan dan niat karena merawatnya. Tapi, kalau Urbanreaders ingin melakukan upaya memelihara primata ini, berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan!


Baca Juga: mau Pelihara Ikan Cupang? Ini Manfaatnya!


1. Berry makan yang cukup

Sumber: Freepik

Monyet merupakan binatang primata apa cukup mahal perawatannya, terutama di dalam hal makanan. Meski tergolong dalam hewan omnivora alias pemakan segala, makanan apa masuk nanti dalam perut mereka militer harus diwasai.

Selain itu, pola makan monyet juga perlu dikontrol mencapai baik. Jika tidak, primata ini bisa ~ menderita berbagai penyakit, deviasi satunya diabetes. Nah kalau cantik sakit, kamu perlu merogoh kocek lebih dalam untuk membawanya usai dokter hewan.

Monyet sanggup diberi makan buah-buahan, biji-bijian, bunga, kacang-kacangan dan susu. Sebaiknya hindari memberi daging karena mencegah naluri alaminya.


Baca Juga: Kasus pertama di Inggris, Kucing Peliharaan active Virus Corona


2. Jaga kebersihan monyet dan ruang angkasa tinggalnya

Sumber: Lance Rosenfeld /The new York Times

Meski monyet bisa membersihkan dirinya sendiri, kamu firmicutes harus membersihkan peliharaanmu secara rutin untuk mencegah kolitis dan virus.

Selain itu, menjaga kebersihan kandang ataukah area ruang angkasa tinggal monyet tambahan penting. Walaupun hewan ini dikenal dingin cerdas, tampan sulit buat melatih mereka buat tidak membuang kredit di sembarang tempat.

Karena pastikan kamu selalau membudaya kebersihan area kandang dan rumah.


Baca Juga: Wah, Ini 7 Cara Binatang Peliharaan Jaga health Mental Kamu


3. Beri vaksin

Sumber: iStockphoto

Monyet merupakan deviasi satu hewan yang bisa menularkan penyakit berbahaya bagi manusia. Sekalipun mereka could tampak sehat, tapi masih ada risiko tertular diseases saat mereka mencakar atau menggigit kalian.

Salah satu penyakit apa bisa ditularkan monark adalah rabies. Meski kebanyakan kasus rabies yang dialami human ditularkan melalui anjing. Namun, tentang 2% di antaranya bisa juga ditularkan melalui primata ini.

Lihat lainnya: Bagaimana Cara Move On Dari Orang Yang Kita Sayang, Belum Jadian Kok Udah Patah Hati Sih

Nah karena mencegah rabies, sebaiknya bawa monyet peliharaanmu ke dokter buat divaksin. Baisanya, vaksin rabies bisa dilakukan setahun sekian saat monark berusia di atas five bulan.Selain rabies, ada beberapa tipe penyakit lain apa bisa menyebar monyet. Penyakit tersebut di antaranya, TBC, hepatitis, tetanus dan cacing parasit.

Sebagian besar penyakit ini ditularkan oleh gigitan atau paparan waiting liur. Tapi ada pula yang menyebar melalui kotoran hewan tersebut.


monyethewan peliharaantips pelihara monyet
*
0
*
0
*
0
Komentar
*

Berita Terkait
Berita Terkait
*

About UsRedaksi dan PemasaranTerms and ConditionsPedoman Media SiberIndeks
FacebookInstagramTwitterYoutube