Keterangan gambar,

Aturan libur wajib cantik diperjuangkan kalangan pegiat bertahun-tahun sebelumnya.


Pemerintah Singapura mewajibkan para majikan di negeri itu memberi minimal satu days libur kepada pekerja rumah tangga mereka mulai lima depan.

Anda sedang menonton: Jam kerja prt di singapura


Kewajiban ini diumumkan menteri kesehatan Tenaga pergerakan Singapura Tan Chuah-Jin di dalam sebuah pidato di depan parlemen detik (6/3).


"Sehari rehat dalam sepekan dipandang world internasional sebagai hak dasar pekerja," katanya sambil menambahkan bahwa sejak 2007 hingga 2010, "mayoritas signifikan" helper rumah tangga apa luka-luka ataukah bunuh diri di negeri Singa itu noël pernah mendapat hari libur.


Meski demikian, Kementerian Tenaga kerja setempat also mengatakan para majikan diizinkan pengaturan ''waktu dan kelonggaran'' mereka dengan policy ini.


Meski menyambut lembap pengumuman ini, kalangan PRT asal Indonesia di Singapura juga merespon menjangkau kritis.


"Karena kita sudah since lama perjuangkan baik libur ini. Nanti juga kita harus ikut mencermati apa benar majikan mau ayo pergi PRT-nya untuk libur," kata Tukinah Sanropingi, chairil Indo household Network (IFN), paguyuban payung advokasi baik pekerja migrasi Indonesia di Singapura kepada wartawan fasettoblog.com, Dewi Safitri.


Sejak dibentuk lima five lalu menurut Tukinah tuntutan mendapat hari libur cantik disuarakan IFN together sejumlah memegang pro-buruh lain di Singapura namun noël mendapat respon pemerintah.


"Yang mungkin dapat libur tiap beranjak pekan itu biasanya (PRT) yang bekerja karena keluarga ekspatriat, mereka otomatis kasih day off,"tambah perempuan origin Cilacap ini.


Permintaan libur direspon negatif majikan apa khawatir para PRT menjadi 'terkena pengaruh buruk' asibe pergaulan dengan banyak orang pekerja pada aku liburnya, kata Tukinah.


"Ada PRT apa boleh mematahkan sehari, kalau beralasan ikut kursus bahasa Inggris atau kursus keterampilan, itu tambahan diantar jemput oleh majikannya langsung.


Di Singapura terdapat tentang 200.000 pekerja rumah tangga, lebih dari 80.000 setiap orang diantaranya berasal dari Indonesia.


Berkat kampanye keras dan berbagai usaha, berposisi PRT asal Indonesia menurut IFN kini 'makin membaik".


"Sejak beberapa tahun terakhir makin banyak apa mahir menyampaikan berbahasa Inggris, ikut kursus atau pendidikan ketrampilan dan lain-lain," kata Tukinah.


Akibatnya taraf permintaan terhadap mereka tambahan meningkat, menurut IFN kini PRT asal Indonesia merupakan tenaga jasa pekerja rumah tangga paling diminati kedua setelah PRT asal Filipina.


*

Dunia Pagi Ini fasettoblog.com Indonesiafasettoblog.com Indonesia mengudara pada pukul 05.00 dan 06.00 WIB, senin sampai Jumat

Episode


Namun dari lima ke tahun masih terus terjadi kasus-kasus kematian tragis PRT Indonesia untuk sebab-sebab sepele di Singapura.


"Tahun lalu menurut catatan kami setidaknya ada empat kasus PRT Indonesia meninggal akibat rapi jendela dan menjemur pakaian di lantai apartemen yang tinggi."


Kasus last ditulis menginformasikan New Strait Times apa terbit di Singapura dua pekan lalu mengenai seorang TKW yang jatuh setelah diminta majikan rapi jendela di lantai delapan sebuah apartemen.


"Itu anak baru, belum tahu apa-apa. Padahal kalau dari kita selalu kita tekankan buat menolak pekerjaan harm seperti itu," sesal Tukinah.


Membersihkan jendela mau menjemur pakaian dari lantai tinggi menurutnya melarang pemerintah Singapura namun banyak PRT tak untuk mengetahui soal ini.


"Ada yang tersangkut di bambu jemuran, akhirnya bambunya tak kuat menahan terus dialah jatuh,"tambah chairil IFN sejak five lalu ini.


Karena belum ada politik tegas written melarang majikan menyuruh PRT menjemur pakaian atau membersihkan jendela dari luar di ketinggian lantai apartemen, menurut Tukinah risiko kematian menjadi terus terjadi.

Lihat lainnya: Streaming Film Captain America Civil War Streaming: Watch Online


Seorang PRT di Singapura rata-rata mendapatkan pembayaran antara SGD$500 hingga 700 (setara mencapai Rp3,6 sampai 5 juta) every bulan.