jalur Mudik Jakarta-Jogja luaran 3 alternatif, yaitu lewat cara Pantura, jalan tengah, dan cara selatan. Their mau pilih jalur yang mana? Inilah rate jaraknya.
*


Sejumlah kendaraan antre memasukkan gerbang tol Cikopo-Palimanan (Cipali) di Subang, Jawa Barat, Selasa (16/6). - Antara

fasettoblog.com.com, JAKARTA – jalur Mudik Jakarta-Jogja memiliki 3 alternatif, yaitu lewat jalan Pantura, cara tengah, dan cara selatan. Their mau pilih jalur apa mana? Inilah perbandingan jaraknya.

Anda sedang menonton: Jakarta jogja via tol cipali

Jarak Jakarta-Jogja most pendek adalah 501 kilometer jika melalui jalur selatan dan jarak yang paling jauh adalah 540 kilometernya jika melalui jalur Pantura.

Asumsi jarak tersebut adalah keuntungan mobil lewat jalur tol. Berikut ini kecepatan jarak ketiga cara mudik tesebut.

Jakarta-Jogja lewat Pantura


Total selang rute ini adalah 540 kilometer oleh Tol Jakarta-Pejagan dilanjutkan lewat jalan Pantura-Semarang-Magelang-Jogja.


Skenarionya adalah melalui jalan tol Jakarta-Cikampek menyambung lewat tol Cipali, tol Palimanan-Kanci lanjut tol Kanci-Pejagan.

Titik awal atau nol kilometernya ruas Tol Jakarta-Cikampek adalah Cawang, sehingga silakan pembaca mengukur pelubangan sendiri-sendiri dari ketentuan start yang berbeda.


Jika ditotal, bepergian tol tanpa henti di ruas tol Jakarta-Cikampek, Cipali, Palimanan-Kanci, Kanci-Pejagan become menempuh jarak 242 kilometer atau 45% dari berbisa jarak Jakarta-Jogja.

Jika ditambah mencapai ruas tol Krapyak (Semarang)-Bawen sejauh 28 kilometer, maka berbisa jalan tol apa dilalui oleh jalur ini adalah 270 kilometer atau 50% dari bruto jarak wisata Jakarta-Jogja via Pantura.

Ini sebuah penghematan yang signifikan. Hanya saja, dua kendala apa akan ditemui justru selagi mulai mengarungi jalur pantura ruas Pejagan-Semarang.

Pertama, antrean keluar tol Pejagan. Kehadiran Tol Cipali memang membuat bepergian semakin lancar, namun dampaknya adalah mempercepat penumpukan mobil di pintu keluar Tol Pejagan.

Kedua, pemudik sepeda motor. Pemerintah cantik menetapkan bahwa jalan Pantura menjadi prioritas bagi pemudik sepeda motor.

Titik pertemuan sepeda motor dengan berani dari champa via tol adalah di Pejagan. Walk beriringan dengan pengedara sepeda motor apa berkonvoi mendesak riskan senggolan.

Berikut ini urutan dan jarak jalur mudik Jakarta-Jogja lewat Pantura

Tol Jakarta-Cikampek-Cipali-Pejagan 242 kilometerPejagan-Semarang (Krapyak) 188 kilometerTol Krapyak-Bawen 28 kilometerBawen-Magelang 40 kilometerMagelang-Jogja 42 kilometer

Kelebihan di jalan Pantuara adalah ruas jalan yang lebar yang mampu menampung dua pengangkutan besar walk beriringan dan ada pembatas jalan dengan jalur yang berlawanan.

Jakarta-Jogja via jalur Selatan

Skenarionya adalah melalui jalan tol hingga Cileunyi dengan berbisa jarak perjalanan 144 kilometer mencapai asumsi start nol kilometer dari tol Cawang.

Rinciannya adalah ruas Cawang-Simpang Cipularang (sebelum Cikampek) sejauh 57 kilometer, simpang Cipularang-Padalarang 54 kilometer, Padalarang-Cileunyi 33 kilometer.

Selepas Tok Cipularang, beraliran selatan cantik menanti Anda start dari Cileunyi hingga town Banjar di kanton Provinsi Jawa Barat.

Kemudian dilanjutkan rute Majenang-Wangon-Buntu-Gombong-Kebumen-Kutoarjo-Purworejo di utama Provinsi Jawa Barat, dan last Wates-Jogja di utama Provinsi quenn Istimewa Yogjkarta (DIY).

Lihat lainnya: Produksi Emas Freeport Per Tahun, Dalam Sehari, Berapa Produksi Freeport Di Papua

Berikut ini urutan dan jarak jalan mudik Jakarta-Jogja lewat Pantura

Tol Cawang-simpang Cipularang 57 kilometerTol Cipularang 54 kilometerTol Padaleunyi 33 kilometerCiluenyi-Buntu 193 kilometerBuntu-Purworejo 99 kilometerPurworejo-Jogja 65 kilometer

Salah satu membatasi di cara selatan adalah jalan yang berkelok-kelok sejak Nagreg hingga kota Ciamis di utama Jawa Barat. Jalan berkelok-kelok kembali Anda temui di ruas Majenang-Wangon di kanton Jawa Tengah.