Nuzulul Quran atau turunnya Alquran dari Baitul Izzah nanti Bumi diperingati tanggal 17 Ramadhan. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, fasettoblog.com - Pengertian Nuzulul Quran yakni peringatan diturunkannya Alquran dari Baitul Izzah nanti bumi pada 17 Ramadhan. Sedangkan secara terminologi, Nuzulul Quran merupakan peristiwa diturunkannya wahyu Allah SWT yakni Alquran kepada Nabi Muhammad SAW melalui perantara Malaikat Jibril alaihisalam secara berangsur-angsur.

Anda sedang menonton: Hadits tentang nuzulul qur an


Tahun ini, Nuzulul Quran duplikat dengan tanggal 29 April 2021. Nuzulul Quran terjadi di ~ 17 Ramadhan, di hang Hira pada lima ke-41 dari kelahiran Nabi Muhammad SAW. Saat itu, Nabi Muhammad SAW penerimaan wahyu lima ayat dari surat Al-"Alaq.


Para ulama variasi pendapat mengenai times turunnya Alquran. Sebgian berpendapat di atas 17 Ramadhan, sebagian another mengatakan Alquran diturunkan diatas tanggal 24 Ramadhan.


عَنْ زَيْدِ بْنِ أَرْقَمَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَال : مَا أَشُكُّ وَلاَ أَمْتَرِي أَنَّهَا لَيْلَةُ سَبْعَ عَشْرَةَ مِنْ رَمَضَانَ لَيْلَةَ أُنْزِل الْقُرْآنُ


Dari Zaid bin Arqam radhiyallahuanhu berkata, ”Aku tidak ragu bahwa malam 17 Ramadhan adalah malam turunnya Al-Quran.” (HR. Ath-Thabarani dan Abu Syaibah)


Dan deskriptif dari Ibnu Mas’ud bahwa malam Qadar menyertainya adalah malam apa siangnya terjadi autokrasi Badar, berdasarkan firman Allah SWT :إِنْ كُنْتُم آمَنْتُمْ باِللهِ وَمَا أَنْزَلْنَا عَلَى عَبْدِنَا يَوْمَ الْفُرْقَانِ يَوْمَ الْتَقَى الْجَمْعَانِ

Jika kamu beriman kepada Allah dan kepada maafkan saya yang kalian turunkan kepada hamba kalian di aku Furqaan, yaitu di aku bertemunya dua pasukan. (QS. Al-Anfal : 41)

Peristiwa tersebut benar dengan firman Allah SWT di dalam Surah Al-Baqarah Ayat : 185,

Allah SWT berfirman:

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنْزِلَ فِيهِ الْقُرْآَنُ هُدًى لِلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِنَ الْهُدَى وَالْفُرْقَانِ.

Lihat lainnya: Download Akagami No Shirayuki Hime Sub Indo, Akagami No Shirayukihime Season 1

Bulan Ramadhan, bulan yang di padanya diturunkan (permulaan) Al Quran seperti petunjuk bagi umat ​​manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk akun itu dan pembeda (antara yang hak dan yang batil).” (QS. Al Baqarah: 185).


Lihat juga: mewah Pernikahan Atta Aurel, Dihadiri Tokoh - Tokoh Penting
Editor : Kastolani Marzuki


Halaman Selanjutnya
Halaman :123
TAG :Pengertian Nuzulul QuranSejarah Turunnya AlquranBaitul Izzah17 Ramadhan
Bagikan Artikel:
Share
Share
*

BERITA TERKAIT


*

KOMENTAR


Close Ads x