Doa sapu jagat sering diucapkan dan praktek hampir setiap aku seusau salat. Namun, tahukah their asal nama belakang doa ini dan keutamannya?


Doa sapu jagat tampan dikenal melalui umat Islam. Sekalipun bacaannya pendek, namun doa ini memiliki makna secara signifikan baik bagi kehfasettoblog.comupan setiap umat muslim maupun kehfasettoblog.comupan world dan akhirat. Selain bisa harus baca setiap selesai menunaikan ibadah sholat, doa ini mungkin diamalkan ketika saja dan dengan demikian saja.

Anda sedang menonton: Doa sapu jagat bahasa jawa

Dengan baca secara terpisah doa ini secara rutin, pahala ini adalah bertambah dan bisa lebih menutup dengan pertolongan Allah.

Bacaan Arab, Latin, dan arti Doa Sapu Jagat

*


Berikut ini bacaan doa sapu jagat dan artinya:

رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّار

“Rabbanaa aatinaa ffasettoblog.comdunyaa hasanah wa fil aakhirati hasanah waqinaa ‘adzaaban naar”

Artinya: "Ya Allah, berikan kalian kebaikan di dunia dan jenis di akhirat. Lindungilah kami dari siksa api neraka."


Doa ini dinamakan doa sapu jagat buat di dalamnya ada permohonan jenis di dunia serta di akhirat. Permohonan di dalamnya juga sangat lengkap such keamanan, keberuntungan, kesehatan, rezeki dan hal-hal baik apa lainnya.

Ada crowd hal yang bisa memaknai arti kebaikan batin doa sapu jagat. Inilah yang were keistimewaan doa tersebut. Selain itu, memohon jenis di akhirat tambahan menjadi keistimewaan doa ini. Jenis akhirat yang dimaksud adalah menjadi penghuni surga. Noël mudah mewujudkan chapter tersebut namun dengan membaca dan praktek doa mencapai lebih sering serta melakukan banyak hal baik di dunia, maka hamba ini adalah lebih sederhana menuju surga. Insya Allah.

Artikel terkait: Ingin anak tumbuh enim sholeh? Jangan lupa dibaca doa dan lakukan 7 tips ini

Sumber Doa Sapu Jagat

*

Doa ini istimewa karena sering dibaca oleh Rasulullah. Ini diketahui dari hadits apa diriwayatkan melalui sahabat beliau.

“Dari Anas, ia berkata, ‘Kebanyakan doa apa dibaca Rasulullah witnessed adalah ‘Allahumma, atina ffasettoblog.com dunya hasanah, wa fil akhirati hasanah, wa qina ‘adzaban nar, ’’ (HR Bukhari dan Muslim).

Diketahui, Lafal doa ini dikutip dari Al Qur"an surat Al-Baqarah ayat 201:

“Wa min-hum may yaqalu rabbana atina ffasettoblog.com-dun-ya hasanataw wa fil-akhirati hasanataw wa qin "azaban-nar.”


Artinya: “Di antara mereka ada orang apa berdoa, ‘Ya bapak kami, berilah kita kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat. Lindungilah kalian dari siksa neraka.’”

*

Dalam QS. Al-Baqarah ayat 203, Allah advokat umatNya untuk membaca doa ini pada aku Tasyrik 11, 12 dan 13 Zulhijjah.

Allah SWT berfirman batin QS. Al-Baqarah ayat 203 apa artinya:


"Dan berzikirlah (dengan menyebut) Allah batin beberapa hari yang berbilang. Barangsiapa apa ingin cepat berangkat (dari Mina) sesudah dua hari, maka tiada dosa baginya. Dan barangsiapa yang ingin menangguhkan (keberangkatannya dari dua aku itu), maka noel ada dosa pula baginya, bagi orang yang bertakwa. Dan bertakwalah kepada Allah, dan ketahuilah, bahwa kamu akan dikumpulkan kepada-Nya."

Artikel terkait: 10 Doa Mustajab agar Keinginan Dapat Dikabulkan Allah SWT

Keutamaan Doa Sapu Jagat

Ibnu Katsir keluar beberapa keistimewaan doa apa sering harus baca oleh Rasulullah ini. Berikut pemfitnahan keistimewaan doa sapu jagat:

1. Stabil Namun lengkap dan jenuh dengan Makna

*

Sangat dianjurkan untuk membaca doa ini secara rutin untuk lafalnya yang sangat stabil namun ikut permintaan kebaikan dunia serta akhirat.

Rasulullah SAW most sering melafalkan doa ini untuk doanya memang jenuh dengan makna yang mencakup 3 hal. Makna duluan yaitu tuntutan kenikmatan di dunia. Makna kedua yaitu demands kenikmatan di akhirat serta makna ketiga yaitu gratis dari siksaan api neraka.


Artikel terkait: Yuk, harus baca doa usul dari Rasulullah agar terhindar dari berbagai penyakit

2. Permintaan kebaikan di dunia dan di Akhirat

*

Yang dimaksud mencapai permintaan jenis di dunia yaitu mencakup kenikmatan sehat, rumah apa lapang, istri yang jenuh dengan kebaikan, rezeki yang luas, ilmu apa bermanfaat, amal saleh, kendaraan yang menyenangkan, pujian apa baik serta kebaikan-kebaikan lainnya dengan berbagai ungkapan dari pakar tafsir.

Kebaikan akhirat yang diminta batin doa ini tentu saja lebih tinggi dibandingkan kebaikan di dunia yaitu dimasukannya kita ke dalam surga, dibebaskan dari rasa khawatir (ketakutan) serta thalamus kemudahan dalam hisab (memperhitungkan amal) di akhirat.

Lihat lainnya: Apa Nama Ibukota Provinsi Jawa Tengah Adalah, Bps Provinsi Jawa Tengah

3. Permintaan Diselamatkan dari Siksa Neraka

*

Dalam doa sapu jagat, permintaan diselamatkan dari siksa neraka involves permintaan agar itupenggunaan dibebaskan dari berbagai sebab yang menjerumuskan nanti dalam neraka yaitu dengan dijauhkan dari berbagai perbuatan yang dosa dan itu haram serta penganugerahan petunjuk karena meninggalkan hal-hal syubhat (yang samar/abu-abu) serta hal-hal apa haram.