*
" data-medium-file="https://i2.wp.com/www.fasettoblog.com/wp-content/uploads/2018/09/Jabal-Rahmah.jpg?fit=300%2C171&ssl=1" data-large-file="https://i2.wp.com/www.fasettoblog.com/wp-content/uploads/2018/09/Jabal-Rahmah.jpg?fit=700%2C400&ssl=1" data-full- title="Jabal Rahmah, Bukit cinta Adam dan Hawa 1">

Oleh: santai Yani

NABI Adam dulunya tinggal di surga sendirian. Kemudian Allah memberikan teman untuk beliau yaitu Siti Hawa.

Anda sedang menonton: Doa nabi adam agar dipertemukan dengan siti hawa

Iblis noël suka kalau Nabi Adam dan Siti Hawa berada di surga terus. Maka heck menggodanya dengan cara merayu Nabi Adam dan Hawa agar makan buah khuldi. Padahal depan Allah sudah berpesan kepada Nabi Adam dan Hawa agar tidak mendekati sanose itu.


Iblis merayu dengan inskripsi indah, bahwa menjangkau makan khuldi maka akan keabadian di surga. Akhirnya Nabi Adam dan Hawa termakan rayuan iblis, hingga makan buah terlarang itu. Allah marah dan pengusiran Nabi Adam dan Hawa keluar dari Surga. Mereka diturunkan Allah di bumi di tempat apa berbeda.

BACA JUGA: maafkan saya Itu Jin Khadam?


Nabi Adam dan Hawa terus bertaubat untuk memohon ampunan sampai bertahun-tahun lamanya. Hingga didefinisikan atas ijin Allah swt mereka dipertemukan kembali. Tempat pertemuan Nabi Adam dan Hawa di puncak Jabal Rahmah.

Jabal Rahmah lokasi di tepi padang Arafah yang merupakan quenn di pinggiran timur Makkah. Angkasa legendaris ini tidak pernah sepi dari kunjungan para jamaah haji maupun umroh yang datang dari berbagai belahan dunia.

Jabal Rahmah noël jauh dari Padang Arafah, angkasa dimana jamaah Haji menunaikan wukuf di Arafah pada tanggal 9 Dzulhijjah.Tempat jamaah Haji merenung, berdoa, muhasabah ourselves dan bertaubat memohon ampunan sekaligus bertekad akan memperbaiki amal ibadah nanti depannya.

Jabal Rahmah, dari asal katanya rahmah artinya kasih sayang. Merupakan bukit batu, tingginya just sekitar 70 meter dan bisa dinaiki dengan berjalan melewati batu-batuan terjal. Di puncak bukit ada sebuah monumen apa terbuat dari beton persegi liong dengan broad 1,8 meter dan tinggi 8 meter. Sosial setempat percaya, lokasi pertemuan Nabi Adam dan Hawa adalah di ketentuan bangunan monumen weiss tersebut. Puncak bukit akun itu dinamakan juga dengan Bukit cinta Adam dan Hawa.

Bersyukurlah bagi saudara muslimku jamaah Haji maupun umroh apa sudah berziarah di secara spasial bersejarah ini. Tempat penuh kasih bayinya Allah, yang mengijinkan Nabi Adam dan bunda Hawa temu kembali.

BACA JUGA: Taubat Nabi Adam diterima Allah SWT buat 5 Hal, Taubat gudang di bawah tanah Tidak Diterima untuk 5 Hal

Berkat kasih bayi Allah, kekhilafan mereka setia diampuni melalui Allah. Dan diijinkan melanjutkan kehidupan bersama, saling menyayangi dan finite mempunyai anak-anak dan keturunannya ada hingga sekarang bahkan sampai akhir zaman.

Saudaraku, ketika kita berziarah di Jabal Rahmah, selain mengingat sejarah bukit kekasih Adam dan Hawa, maka perbanyaklah berdoa, mohon ampunan, agar dijaga dari perbuatan apa dilarang Allah. Juga berdoa memohon diberi keluarga apa saling menyayangi dan saling mengingatkan untuk taat kepada Allah. Memanggang bukan sekedar berfoto-foto karena dipamerkan kalau cantik pernah ziarah nanti bukit cinta (Jabal Rahmah).

Bagi apa belum sarat Allah buat berkunjung di tanah suci dan ziarah usai tempat-tempat bersejarah, implisit Jabal Rahmah. Maka kita yakini bahwa Allah Maha Pengasih dan Penyayang selalu mendengar doa-doa kita. Allah mendesak dekat dan cantik mendengar segenap doa dan permohonan kita.


BACA JUGA:

Saudara muslimku, kita bisa ambil hikmah dari saga Nabi Adam dan bunda Hawa, “hanya mencapai kekhilafan sedikit saja” (memakan buah khuldi), hukuman Allah mendesak berat. Mereka diturunkan dari surga, taruh di bumi apa terpisah mendesak jauh. Kemudian mereka terus berdoa memohon ampunan sampai berpuluh-puluh tahun tanpa knows lelah. Hingga akhirnya Allah pertemukan dua insan apa sudah melakukan pertaubatan nasuha menemani itu di puncak bukit Jabal Rahmah. Mereka berdua dipertemukan, berkat kasih sayang dari Allah.

Lihat lainnya: Ppki Mengesahkan Uud 1945 Sebagai Uud Republik Indonesia Pada Tanggal


Bagaimana mencapai kita apa dosanya mendesak banyak. Sudahkah does pertaubatan sebagai Nabi Adam dan Hawa? berdoa memohon ampunan tidak punya henti. Hingga Allah menurunkan kasih sayangnya.

Saudaraku, walau hukuman Allah mendesak berat untuk hamba-hambaNya yang berdosa. Tetapi untuk kita jangan kecil trấn apalagi putus asa. Hendaklah senantiasa kita harapan rahmat dan ampunan Allah setiap saat. Hingga selama sewaktu-waktu kita harus menghadap Allah, harapan kita sudah di dalam kondisi bermusim dari dosa. Insyaa Allah. <>