fasettoblog.com - otoritasnya Provinsi Jawa tengah melalui melayani Komunikasi dan Informatika mendorong sinergitas program dengan Pemprov Jateng.

Anda sedang menonton: Dinas kominfo provinsi jawa tengah

Secara khusus program apa mendukung pelaksanaan Provinsi Jawa Tengah cerdas atau "smart province".

Seperti yang disampaikan Kepala melayani Kominfo Provinsi Jawa Tengah, Riena Retnaningrum, saat membuka acara mengucilkan Perencanaan aktivitasnya Urusan Komunikasi dan Informatika, Statistik, dan Persandian. Rabu, 3 November 2021.

“Kita berbicara sekitar smart city dan smart province. Smart menyertainya sesuatu hal apa bisa berbagi pakai, baik dengan seluruh OPD kabupaten/ kota maupun menjangkau provinsi (Jawa Tengah),” ujarnya.

Baca Juga: Tempat tempuh Sejarah Berupa Batu-batu Karst di Cipatat Bandung Barat, kerikil Garden!


Ditambahkan, terdapat tiga poin utama yang harus disinergikan. Pertama, inovasi berbasis pemanfaatan prasarana TIK apa sudah tergelar di seluruh melayani Kominfo se-Jawa Tengah.

Menurutnya, Pemprov Jateng telah menyediakan dukungan band lebar (bandwith) dan jaringan fiber optic (FO), bagi seluruh dinas Kominfo kabupaten/ town se- Jawa Tengah.

Poin kedua, imbuhnya, berpendidikan Computer security Incident response Team (CSIRT), ataukah tim perlakuan insiden kerahasiaan siber.

Baca Juga: Jadwal canggih Seleksi PPPK no Guru 2021 Terbaru

Tim tersebut mendesak dibutuhkan untuk menanggulangi berbagai potensi serangan siber terhadap insula digital pemerintah.

Riena bahkan meminta semua pihak bersiap menghadapi berbagai diserang siber yang bisa datang dari mana saja.

“Terkait keamanan informasi, mohon kabupaten/ kota menjadikan isu ini kemudian sesuatu yang urgen, noël bisa ditawar lagi. Jangan ada ruang apa dibuka untuk para hacker melakukan berbagai bab yang tidak bertanggung jawab,” tegasnya.

Baca Juga: Polrestabes Medan Tahan oknum Polisi tanggapan Bripka yang melakukan Pemerasan di Jalanan kota Medan

Poin ketiga yang harus disinkronkan, pembentukan saka milenial yang diampu oleh melayani Kominfo di setiap kabupaten/ kota.

Lewat saka milenial, pemerintah mengharapkan diseminasi informasi yang valid dapat diteruskan kepada masyarakat, seperti bagian dari literasi digital.

Pada 2022 nanti, beber Riena, pihaknya ini adalah membangun tengah data, berupa prasarana data center dan warisan big data.

Baca Juga: Presiden Jokowi Tunggangi engine di Sirkuit Mandalika, Netizen: oh Ini yang buat Valentino RossiPensiun

Dia optimistis, penyediaan huge data dan pembangunan data facility dapat terlaksana benar target

“Mari bersama-sama kita produksi satu data Indonesia. Semuanya bisa berbagi pakai, ndak hanya untuk sendiri. Yang penting adalah memberikan pelayanan superioritas kepada masyarakat,” kedelapan Riena.

Dalam kesempatan itu dia juga meminta seluruh jajaran Diskominfo se-Jateng buat memperkuat peran mereka sebagai komunikator pemerintah, dengan memublikasikan seluruh program pembangunan kepada masyarakat.

Baca Juga: tune Ji Hyo Kejutkan Penggemar mencapai Potongan kerugian sebelumnya Baru dan menjawab Penyanyi Reggae Haha

“Apa yang were program prioritas pemerintah di masa pandemi, were peran diskominfo untuk menyampaikannya kepada masyarakat, menjangkau bahasa apa sederhana dan mudah dimengerti,” tandasnya.

Senada, Pejabat fungsional Perencana madya pada Badan jadwal Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan menyiksa (Bappeda) Provinsi Jawa Tengah, Suharyo Joko Purnomo, menyatakan, melayani Kominfo berperan penting dalam menyampaikan informasi circa kinerja otoritas kepada masyarakat.

“Kominfo ini tidak langsung diobati masalah-masalah pembangunan, tetapi sesudahnya, yakni publikasinya. Bahu asphall-nya adalah memfasilitasi, memanggang tidak bergerak sendiri,” ujar Haryo, saat memaparkan materi kyung Arah Kebijakan Pembangunan Provinsi Jawa Tengah lima 2022.

Baca Juga: Daniel Marthin Ukir Rekor smash Terkencang di Dunia, Leo Rolly Carnando: Kuat buat Makannya Banyak

Untuk itu, imbuhnya, penyusunan plan kerja perangkat menyiksa (RKPD) melayani Kominfo harus disesuaikan dengan dinamika pembangunan yang ada, baik menemani itu regulasi yang berlaku maupun terms dan kebutuhan masyarakat.

Dinas Kominfo diminta tidak just memfokuskan ourselves pada bidang ampuannya, yakni urusan komunikasi, informatika, statistik, dan persandian.

Lihat lainnya: Berita Kriminal Lampung Hari Ini Dan Terbaru Hari Ini, Tag: Polresta Bandar Lampung

“Dalam bekerja, Kominfo tidak hanya berfokus di ~ (bidang) teknis pekerjaannya, tetapi juga bagaimana agar (Dinas) Kominfo bermanfaat bagi pembangunan batin mendukung what yang dulu kebijakannya,” beber Haryo.

Baca Juga: Kebakaran pabrik minyak Minyak Milik Pertamina Cilacap, roti isi daging Mengaku Dengar voice Aneh di tengah Hujan Lebat

Terkait rencana pembangunan data facility dan huge data, pihaknya mengharapkan pembangunan infrastruktur di bidang teknologi insula dan komunikasi tersebut, dapat mendukung tercapainya digitalisasi pemerintahan, di atas seluruh sektor pembangunan.***