Surah Al-Qari"ah adalah surah ke-101 dalam Al-Qur"an. Surah ini terdiri atas 11 ayat, tersirat golongan surah-surah Makkiyyah, diturunkan sesudah surah Quraisy. Namu Al-Qari"ah diambil dari kata Al-Qari"ah apa terdapat diatas ayat pertama, artinya menggebrak atau mengguncang, kemudian kata ini dipakai untuk nama hari kiamat.

Anda sedang menonton: Dalam istilah bahasa arab berbakti kepada orang tua disebut

Pokok isi surah ini adalah kejadian-kejadian pada days kiamat, yaitu human bertebaran, gunung berhamburan, amal perbuatan manusia ditimbang dan ancaman Neraka Hawiyah.

Dengan namu Allah, apa Maha Pengasih, Maha Penyayang.

hari Kiamat, Apakah aku Kiamat itu? Tahukah kamu apakah aku Kiamat itu? Pada hari itu manusia kemudian laron yang beterbangan, dan gunung-gunung sebagai bulu apa dihambur-hamburkan. Maka adapun orang yang berat timbangan (kebaikan)nya, maka itu berada batin kehidupan apa memuaskan (senang). Dan adapun orang yang ringan timbangan (kebaikan)nya, maka angkasa kembalinya adalah neraka Hawiyah. Dan tahukah kamu apakah neraka Hawiyah itu? (Yaitu) fire yang mendesak panas.
*

Surah Al-"Adiyat terdiri overhead 11 ayat dan tergolong surah makkiyah, surat ini diturunkan usai surah Al-"Asr. Nama Al "Aadiyat diambil dari kata Al "Aadiyaat apa artinya berlari kencang yang terdapat diatas ayat duluan surat ini.Pokok-pokok isinya: Ancaman Allah SWT kepada manusia apa ingkar dan apa sangat mencintai harta benda bahwa mereka ini adalah mendapat balasan apa setimpal di tentu saja mereka dibangkitkan dari kubur dan di kala isi dada mereka ditampakkan.

Dengan nama Allah, apa Maha Pengasih, Maha Penyayang.

Demi kuda perang yang berlari kencang terengah-engah, dan kuda apa memercikkan bunga fire (dengan kerusakan kuku kakinya), dan kuda yang menyerang (dengan tiba-tiba) pada waktu pagi, sehingga menerbangkan debu, lalu menyerbu ke tengah-tengah kumpulan musuh. Sungguh, manusia itu sangat ingkar, (tidak bersyukur) kepada Tuhannya, dan sesungguhnya itu (manusia) menyaksikan (mengakui) keingkarannya; dan pada kenyataannya cintanya kepada harta benar-benar berlebihan. Maka tidakkah dialah mengetahui apabila maafkan saya yang di dalam kubur dikeluarkan, dan maafkan saya yang tersimpan di dalam dada dilahirkan? Sungguh, bapak mereka pada days itu Mahateliti terhadap keadaan mereka.
*

Surah Al-Lail (bahasa Arab:الّيل, al-Layl, "Malam") adalah surah ke-92 di dalam al-Qur"an. Surah ini terdiri atas 21 ayat, implisit golongan surah Makkiyah, diturunkan sesudah surah Al-A’la. Surat ini dinamai Al Lail (malam), diambil dari notes Al Lail yang terdapat di atas ayat pertama surat ini.

Dengan namu Allah, apa Maha Pengasih, Maha Penyayang.

Demi malam apa menyelimuti, serta siang apa menerangi, serta penciptaan laki-laki maupun perempuan; Sungguh kemauan kita memang bermacam-macam; adapun golongan apa menderma, juga yang bertakwa, serta mengakui bab Terbaik; kelak Kami become tempatkan ia di jalur kemudahan. Dan adapun golongan yang berlaku kikir, juga menganggap ourselves kaya, serta membantah halaman Terbaik, kelak Kami ini adalah tempatkan ia di cara kesengsaraan. Dan tidaklah berharga hal yang berada pada dirinya sewaktu ia dicampakkan. Ketahuilah bahwa kewenangan kami buat memberi bimbingan, serta ketahuilah bahwa kewenangan Kami circa Akhirat maupun Awal. Maka kita peringatkan kalian circa Neraka apa menghanguskan, tiada apa terjerumus usai dalamnya selain golongan apa bangkrut apa membantah, also yang mengabaikan; sedangkan golongan apa bertakwa ini adalah dihindarkan terhadap chapter demikian; golongan apa mendermakan hal-hal apa berada di atas dirinya supaya memurnikan diri, namun bukanlah buat ada sosok yang telah membantu dirinya sehingga harus diupahi melainkan untuk ia mengharap perkenan Tuhannya, yang Maha Luhur; dan kelak ia pasti terpuaskan.
*

surah Al-Insyirah / Asy-Syarh adalah surah ke-94 dalam al-Qur"an. Surah ini terdiri overhead 8 ayat dan tersirat golongan surah-surah Makkiyah serta diturunkan sesudah surah Ad-Duha.

Dengan namu Allah, yang Maha Pengasih, Maha Penyayang.

Bukankah kita telah melapangkan dadamu (Muhammad)?, dan kami pun telah menurunkan bebanmu darimu, yang memberatkan punggungmu, dan kami tinggikan sebutan nama(mu) bagimu. Maka sesungguhnya bersama kesulitan ada kemudahan, sesungguhnya together kesulitan ada kemudahan. Maka apabila engkau telah selesai (dari sesuatu urusan), tetaplah bekerja keras (untuk urusan apa lain), dan hanya kepada Tuhanmulah engkau berharap.Hubungan surah al-Insyirah dengan surah at-Tin

Dalam surat intisari Nasyrah, Allah SWT memotivasi morel dan perjuangan Nabi Muhammad saw selaku manusia sempurna. Maka dalam surat in ~ Tiin, diterangkan bahwa manusia itu adalah alam Allah apa mempunyai kesanggupan baik terjejas maupun batin.


*

Surat Al-Buruj adalah surat ke 85 di dalam Al Qur"an. Suratnya ini tergolong surat makiyyah apa terdiri atas 22 ayat. Dinamakan Al Buruuj yang berarti Gugusan bintang diambil dari perkataan Al Buruuj apa terdapat diatas ayat duluan surat ini.

Surat Al-Buruj Artinya : Gugusan Bintang . - Klasifikasi : Makkiyah .- Surah nanti 85 . - Juz: Juz 30

Terjemahan :

Dengan namu Allah, apa Maha Pengasih, Maha Penyayang.

Demi langit yang dihuni gugusan-gugusan bintang, serta sebuah aku yang telah ditetapkan, serta golongan yang menyaksikan maupun golongan apa disaksikan; Terkutuklah golongan apa mengadakan perangkap api yang disulut minyak pembakar, sewaktu mereka bersiaga, sementara mereka menyadari hal apa sedang mereka perbuat terhadap golongan apa beriman, bahwa mereka noël menyakiti golongan tersebut melainkan untuk golongan tersebut telah mengimani Allah, yang Maha Perkasa, Maha Terpuji; Sang Penguasa Kerajaan thiên maupun bumi. Dan Allah Maha Memperhatikan segala sesuatu. Sebenarnya orang-orang yang mencobai golongan laki-laki yang beriman beserta golongan perempuan yang beriman; then orang-orang itu noel bertaubat maka tentulah kelak ditimpa Azab Jahannam, serta terdapat Azab membakar apa menimpa mereka. Sungguh orang-orang beriman serta memperbuat berbagai keshalehan, telah disediakan Surga yang di bawahnya dialiri sungai-sungai karena mereka; demikianlah pencapaian apa sesungguhnya. Ketahuilah bahwa Hantaman Tuhanmu sungguh mendesak menyakitkan, Ketahuilah bahwa Dialah yang Merancang, serta yang mengulanginya, Dialah apa Maha Pengampun, Maha Mengasihani, Penguasa Arsy yang Menakjubkan, apa Melaksanakan hal-hal yang Dia kehendaki. Sudahkah sampai kepada dirimu tentang berbagai riwayat bala legiun penentang dari Fir"aun serta Samud? acibe orang-orang apa kafir berada di dalam keadaan menentang, padahal Allah adalah Pemelihara mereka di terbalik diri mereka, ~ hal apa mereka bantah merupakan sebuah Bacaan apa berharga di dalam Loh yang Terlindungi.
*

Surah At-Tariq adalah surah setelah 86 di dalam al-Qur"an. Surah ini tergolong surah Makiyah yang terdiri overhead 17 ayat. Dinamakan At-Tariq yang berarti yang datang di malam days diambil dari notes Ath Thaariq apa terdapat pada ayat pertama surat ini.

Arti: apa Datang di Malam Hari

Klasifikasi Makkiyah

Surah usai 86 .- JuzJuz 30

Dengan nama Allah, apa Maha Pengasih, Maha Penyayang.

Demi thiên serta yang melesat, tahukah dirimu halaman apakah apa melesat itu? sebuah bintang yang menyilaukan; Bahwasanya di setiap jiwa terdapat sosok pelindung maka hendaklah human memperhatikan dari maafkan saya ia tercipta? ia tercipta dari air yang tertumpah, apa keluar antara tulang belakang serta tulang rusuk; Sungguh itu memiliki kuasa buat mengembalikan halaman demikian. Di ~ sebuah days ketika segala secara rahasia disingkapkan, kemudian tiada pembela, tiada pula penolong untuk manusia. Demi langit yang mempunyai penopang, serta bumi apa mempunyai celah-celah; sungguh chapter demikian merupakan Firman apa menerangi; serta chapter demikian bukanlah senda gurau. Sesungguhnya mereka alur siasat, Aku pun konspirasi siasat pula, malalui sebab akun itu tangguhkan golongan yang kafir itu, tangguhkan mereka buat sementara waktu.

Surah Al-Infitar (bahasa Arab:الانفطار) adalah surah ke-82 dalam al Qur"an. Surah ini terdiri atas 19 ayat, implisit golongan surah Makkiyah dan diturunkan setelah surah An-Nazi"at. Al Infithaar yang dijadikan nama untuk surat ini adalah kata asal dari kata Infatharat (terbelah) apa terdapat di ~ ayat pertama.

Terjemah:

Dengan nama Allah, apa Maha Pengasih, Maha Penyayang.

Ketika tee terbelah, dan ketika berbagai bintang disebarkan, dan selama samudera meluap, dan kapan berbagai kuburan dibongkar, maka tiap-tiap diri become memahami hal-hal apa telah ia lalui, maupun hal-hal apa telah ia lalaikan. Wahai manusia, apakah apa telah memikat dirimu daripada Tuhanmu apa Maha Pengasih, yang telah menciptakan dirimu lalu merancang dirimu kemudian membentuk dirimu dalam keadaan yang Dia kehendaki; dia menyelesaikan keadaan dirimu. Jangan demikian, sebenarnya kalian mengingkari aku Penghakiman padahal sungguh pada diri kalian terdapat golongan apa mengawasi, golongan mulia yang menulis riwayat, mereka observasi hal-hal yang kalian lakukan. Sungguh golongan berbakti menjadi tinggal dalam kemakmuran; sementara golongan durhaka tentu saja akan tinggal batin Perapian yang membara, mereka ini adalah dicampakkan pada days Penghakiman, serta mereka takkan bisa untuk melarikan diri darisana. Dan tahukah kamu apakah hari Penghakiman itu? maka tahukah kamu apakah hari Penghakiman itu? sebuah hari ketika seseorang tidak berdaya sedikitpun terhadap seorang lain; sementara kehendak pada hari itu berada di atas Allah.

Surah Al-Bayyinah (bahasa Arab:البينة, "Pembuktian") adalah surah ke-98 batin al-Qur"an. Surah ini terdiri atas 8 ayat, tersirat golongan surat-surat Madaniyah, diturunkan sesudah surah At-Talaq. Dinamai Al-Bayyinah (Pembuktian) diambil dari notes Al-Bayyinah yang terdapat di ~ ayat duluan surat ini.

Terjemahan:

Dengan namu Allah, yang Maha Pengasih, Maha Penyayang.

Orang-orang apa kafir di dalam golongan pewaris Kitab maupun golongan musyrik takkan menyerah silam keterangan jelas hadir kepada mereka, seorang Rasul dari Allah apa menjelaskan berbagai kertas kitab yang suci serta berisi berbagai Ketetapan yang tepat. Dan orang-orang yang diserahi Kitab tidaklah berpecah-belah melainkan sesudah keterangan jelas hadir kepada mereka; serta mereka tidak diperintah selain supaya mereka memuja Allah, bertekun buat Dia secara lurus batin beragama, serta mereka ditanggapi shalat tambahan menunaikan zakat. Dan demikian itulah agama apa benar. Ketahuilah bahwa kelak orang-orang yang kafir dalam golongan pewaris Kitab maupun golongan musyrik become berada di dalam Neraka Jahannam, secara selama-lamanya disana; mereka itulah tipe makhluk most buruk. Ketahuilah bahwa orang-orang yang beriman serta memperbuat berbagai keshalehan, mereka itulah jenis makhluk most baik, upah mereka di sisi tuhan mereka ialah surga "Adn yang di bawahnya dialiri sungai-sungai; secara keabadian disana, Allah berkenan terhadap mereka serta mereka pun berkenan terhadap Dia, hal apa demikian ini adalah untuk golongan yang menghormati Tuhannya.

Surah Asy-Syams (bahasa Arab: الشّمس‎) adalah surah ke-91 di dalam al-Qur"an, terdiri overhead 15 ayat, implisit golongan surah Makkiyah, diturunkan sesudah surah Al-Qadr. Dinamai Asy Syams (matahari) diambil dari perkataan Asy Syams apa terdapat pada ayat permulaan surat ini.

Terjemahan:

(1) Demi matahari dan sinarnya di ~ pagi hari,

(2) demi bulan apabila mengiringinya,

(3) demi siang apabila menampakkannya,

(4) demi malam apabila menutupinya (gelap gulita),

(5) demi langit serta pembinaannya (yang menakjubkan),

(6) demi bumi serta penghamparannya,

(7) demi jiwa serta peningkatan (ciptaan)nya,

(8) maka dia mengilhamkan kepadanya (jalan) keburukan dan ketakwaannya,

(9) sungguh keberuntungan orang yang menyucikannya (jiwa itu),

(10) dan sungguh rugi orang apa mengotorinya.

(11) (Kaum) Tsamud telah mendustakan (rasulnya) untuk mereka melampaui batas (zhalim),

(12) selama bangkit orang yang most celaka middle mereka,

(13) lalu Rasul Allah (Shalih) berkata kepada mereka, “(Biarkanlah) unta betina dari Allah ini mencapai minumannya.”

(14) Namun mereka mendustakannya dan menyembelihnya, untuk itu tuhan membinasakan mereka untuk dosanya, lalu diratakan-Nya (dengan tanah),

(15) dan Dia noel takut terhadap akibatnya.


Surah Al-"Asr (bahasa Arab: سورة العصر‎) adalah surah ke-103 dari al-Qur"an. Surah ini tergolong surah Makkiyah dan terdiri overhead 3 ayat. Kata Al "Ashr berarti waktu/masa dan diambil dari ayat pertama surat ini. Isi surat mengabarkan bahwa pada kenyataannya semua manusia itu berada di dalam keadaan merugi kecuali dia termasuk mereka apa selalu beramal saleh, saling konsultan dalam sebenarnya dan kesabaran.

Terjemahan:

Dengan menyebut nama belakang Allah apa maha pengasih lagi maha penyayang.

(1)Demi masa,

(2)sungguh, umat ​​manusia berada batin kerugian,

(3)kecuali orang-orang apa beriman dan mengerjakan kebajikan serta saling menasihati buat kebenaran dan saling menasihati untuk kesabaran.


Surah An-Nazi’at (bahasa Arab:النّازعات) adalah surah ke-79 dalam al-Qur"an. Surah ini tergolong surah Makkiyah, terdiri overhead 46 ayat. Dinamakan one Naazi’aat yang berarti Malaikat-malaikat apa mencabut berasal dari kata one Naazi’aat yang terdapat di ~ ayat duluan surat ini. Dinamai pula together Saahirah yang diambil dari ayat 14, dinamai juga Ath Thaammah diambil dari ayat 34.

Terjemahan:

Dengan namu Allah, yang Maha Pengasih, Maha Penyayang.

Demi golongan yang merenggut secara kasar, dan golongan apa mencabut secara hati-hati, dan golongan apa melesat kencang, dan golongan yang menerobos secara keras, dan golongan apa melaksanakan perintah.Sebuah aku ketika gemuruh pertama yang menggemparkan seraya diiringi gemuruh lain; kerumunan kalbu pada days itu terguncang, jam mereka tertunduk, mereka mengatakan: "Benarkah kami become dikembalikan di ~ keadaan semula? juga sewaktu diri kalian telah menjadi serpihan belulang?" mereka mengatakan: "Jika tentu saja demikian, tentulah menyertainya merupakan suatu pengembalian apa merugikan." bahwa yang demikian itu hanya melalui begitu banyak, begitu banyak panggil lalu seketika mereka terbangun. (Ayat: 1-14) cantik sampaikah kepadamu riwayat Musa? ketika Tuhannya memanggil ia di lembah apa kudus, Thuwa;: "Temuilah Fir"aun, sungguh people itu berlaku sewenang-wenang serta ucapkan: "Maukah kamu mengatasi diri? dan aku menjadi membimbingmu judul Tuhanmu supaya dirimu merendahkan diri?" then ia memperlihatkan mu"jizat yang menakjubkan, namun people itu justru mendustakan dan mendurhakai, lalu setiap orang itu berpaling di samping itu menantang, hingga orang itu berunding dan menyatakan; orang itu mengatakan: "Akulah ketuhanan kalian yang Agung" then Allah menghukum people itu serta menjadikan orang itu sebagai kiasan di Akhirat maupun di dunia; sungguh dalam hal yang demikian itu berhubungan dengan bimbingan bagi orang apa gentar. (Ayat: 15-26) Apakah kalian apa lebih sulit dalam hal penciptaan atau langit? sungguh Dialah apa mendirikan itu, Dialah apa Membentangkan langitNya lalu Dialah apa menyelesaikan itu, dan Dialah apa Menggelapkan malam serta Dialah apa Mencerahkan siang,bahwa Dialah apa Menghamparkan bumi sesudah itu, Dialah apa memunculkan darisana, mata air-mata wait beserta tanaman-tanamannya, bahwa Dialah apa Menancapkan gunung-gunung untuk kenyamanan kehidupan kalian serta buat hewan ternak kalian. (Ayat: 27-33) Maka selagi kegemparan dahsyat terjadi, sebuah days ketika human tersadar tentang segala hal apa telah ia pilih;kemudian dihadapkan api yang membakar kepada orang-orang yang melihat;adapun orang-orang apa telah berlaku semena-semena dan lebih menggemari kehidupan duniawi maka api yang membakar merupakan tempat selama-lamanya orang-orang itu;sedangkan orang-orang apa tunduk penuh terhadap Tuhannya, serta apa menahan diri terhadap segala kecondongan diri, tentulah surga merupakan tempat selama-lamanya orang-orang tersebut. (Ayat: 34-39) Mereka tanya kepadamu circa Kegemparan itu: "Kapankah tepatnya perkara akun itu terjadi?" batin kedudukan apakah dirimu untuk bisa menyatakan perkara itu? kepada Tuhanmu diserahkan tentang perkara itu, kamu noël lain seorang pemberi peringatan bagi orang-orang yang gentar terhadap perkara itu. Pada hari ketika mereka menghadapi perkara itu, mereka seolah-olah tiada merasakan apapun melainkan hanya berlalu di times senja atau fajar. (Ayat: 40-46)

Surah Al-Kausar (bahasa Arab: الكوثر‎) adalah surah ke-108 batin al-Qur"an. Surah ini tergolong surah Makkiyah dan terdiri dari 3 ayat yang dulu surah terpendek di dalam Al-Qur"an. Kata Al-Kausar sendiri berarti nikmat apa banyak dan diambil dari ayat pertama dari surah ini artinya karunia Allah SWT berupa telaga Al Kautsar bagi orang-orang penghuni surga. Mengurung isi surah ini adalah perintah mandatnya salat dan berkorban untuk Allah memberikan banyak kenikmatan untuk untuk mereka yang beriman sedangkan para orang kafir pembenci Nabi SAW apa mengatakan keturunan Nabi terputus karena semua putranya wafat maka sebenarnya merekalah apa terputus. (Lihat Tafsir Ibnu Katsir dan Tafsir Al Azhar).

Terjemahan:

Dengan Menyebut nama Allah yang MAha Pengasih lagi Maha Penyayang.

(1)Sungguh, kalian telah memberimu (Muhammad) nikmat yang banyak.

(2)Maka laksanakanlah sholat untuk Tuhanmu, dan berkurbanlah (sebagai ibadah dan mendekatkan diri pada Allah).

(3)Sungguh, orang-orang apa membencimu, dialah yang terputus (dari rahmat Allah).


Surah Al-Ghasyiyah (bahasa Arab:الغاشية, al-Ġhāšiyäh, "Hari Pembalasan") adalah surah ke-88 di dalam al-Qur"an. Surah ini tergolong surah Makkiyah dan terdiri overhead 26 ayat. Dinamakan Al-Ghasyiyah apa berarti aku Pembalasan diambil dari kata al-Ghasyiyah apa terdapat pada ayat pertama surah ini. Apa dimaksud mencapai "Hari Pembalasan" di dalam surah ini adalah hari Penghakiman.

Terjemahan:

Dengan nama belakang Allah, apa Maha Pengasih, Maha Penyayang.

Sudahkah tersampaikan kepada dirimu kyung sebuah kabar apa menggemparkan? diatas sebuah days ketika terdapat wajah-wajah apa tertunduk, serta letih, serta bertindak sewaktu memasukkan Neraka yang membakar; serta disediakan minuman apa bersumber dari mata air yang sangat panas; bahwa orang-orang menyertainya tiada memperoleh memberi makan selain sanose berduri, yang tidak dicerna serta noël memenuhi rasa lapar. (Ayat: 1-7) diatas sebuah hari ketika terdapat wajah-wajah bergembira, seraya saya baik-baik saja terpuaskan terhadap hal-hal yang telah diperbuat, berada batin Surga yang dimuliakan, dirimu noël akan dengar ucapan apa sia-sia disana; bahwa disana disediakan sumber-sumber mata air yang terpancar, disana disediakan takhta-takhta kehormatan, serta gelas-gelas piala apa diserahkan, serta bantal-bantal sandaran apa berjajar, serta permadani-permadani yang terhampar. (Ayat:8-16) Tidakkah orang-orang itu observasi unta, bagaimanakah makhluk itu diciptakan? demikian halnya langit, koknya hal apa demikian ditinggikan? demikian halnya pegunungan, bagaimana itu? hal yang demikian ditancapkan? demikian halnya bumi, di mana hal apa demikian dihamparkan? (Ayat: 17-20) Maka peringatkanlah! sebab dirimu hanyalah seorang pemberi peringatan; dirimu bukanlah seorang apa bertanggung jawab terhadap orang-orang itu, become tetapi barangsiapa apa berpaling seraya mengingkar, maka kelak Allah yang quận orang itu menjangkau Malapetaka pedih; maka ketahuilah bahwa kewenangan Kami, sekitar tempat kesudahan orang-orang itu, serta ketahuilah bahwa kewenangan kami tentang gaji orang-orang itu. (Ayat:21-26)

Surah At-Tin (Arab: التِّينِ, "Tin") adalah surah ke-95 batin al-Qur"an. Surah ini terdiri atas 8 ayat dan implisit golongan surah Makkiyah. Surah ini diturunkan usai surah Al-Buruj. Namu At-Tin diambil dari kata At-Tin apa terdapat pada ayat pertama surah ini yang artinya buah Tin.

Terjemahan:

Dengan namu Allah, yang Maha Pengasih, Maha Penyayang.

Demi (buah) tin dan (buah) Zaitun, demi Gunung Sinai, dan negeri (Mekah) apa aman ini; Sungguh telah kalian menciptakan manusia batin bentuk apa sebaik-baiknya, then kami kembalikan dia ke tempat apa serendah rendahnya, kecuali orang-orang apa beriman dan diperkerjakan kebajikan; maka mereka ini adalah mendapat pahala yang tidak ada putusnya, maka apakah apa menyebabkan (mereka) mendustakan (tentang) aku pembalasan setelah (adanya keterangan-keterangan) itu? Bukankah Allah terhukum yang paling adil?Keutamaan surah at-Tin Teguran keras mengenai manusia kemudian makhluk most istimewa yang pernah diciptakan Allah melampaui segala alam namun berakhir tragis untuk dicampakkan nanti dalam keadaan paling menyedihkan jika noël beriman dan ragu-ragu beramal saleh. Penegasan bahwa tiada apa melebihi Keadilan apa Maha Adil.

Surah Al-Ma"un (bahasa Arab:الْمَاعُونَ, "Hal-Hal Berguna") adalah surah ke-107 dalam Al-Qur"an. Surah ini tergolong surah Makkiyah dan terdiri atas 7 ayat. Kata Al Maa"uun sendiri berarti bantuan penting atau hal-hal berguna, diambil dari ayat last dari surah ini. Basis isi surah menjelaskan ancaman terhadap mereka yang tergolong pesan agama yakni mereka apa menindas anak yatim, tidak menolong orang yang meminta-meminta, riya" (ingin memuji sesama manusia), lalai batin salatnya, serta dengan enggan menolong mencapai barang-barang yang berguna.

Jadi pokok surah ini menceritakan people orang apa lalai di dalam beribadah dan setiap orang orang yang menindas anak yatim serta ragu-ragu menolong barang barang apa berguna.

Terjemahan :

Dengan nama Allah, apa Maha Pengasih, Maha Penyayang.

Tahukah kamu (orang) apa mendustakan agama? Maka itulah orang yang menghardik anak yatim, dan noel mendorong makanan orang miskin. Maka celakalah golongan apa salat, (yaitu) orang-orang apa lalai terhadap shalatnya, yang berbuat ria, dan enggan (memberikan) bantuan.

Surah Al-Balad (bahasa Arab: البلد) adalah surah ke-90 di dalam al-Qur"an. Surah ini tergolong surah Makkiyah yang terdiri overhead 20 ayat. Dinamakan "Al-Balad" apa berarti Negeri diambil dari perkataan "Al-Balad" apa terdapat pada ayat pertama surah ini. Yang dimaksud dengan town dalam ayat ini ialah kota Mekkah.

Terjemahan:

Dengan Menyebut nama belakang Allah, yang Maha Pengasih another Maha Penyayang.

Aku menyalahkan dengan negeri ini dan kamu yang tinggal di negeri ini dan demi orang tua beserta anaknya. Sungguh, kita telah menciptakan manusia batin keadaan rapuh apakah ia perhitungan bahwa tiada yang memelihara dirinya? ia menyatakan: "Aku telah menghabiskan harta apa banyak." Apakah ia menyangka bahwa tiada apa mengawasi dirinya? Bukankah Kami yang telah membentuk sepasang mata buat dirinya sebuah lidah serta sepasang bibir serta kita telah demonstrasi kepada dirinya dua pilihan, namun ia tak menempuh hal apa diutamakan tahukah kamu hal apa diutamakan itu? memerdekakan budak, ataukah memberi makanan pada aku kelaparan anak-anak yatim terdekat ataukah golongan miskin yang tak mengizinkan serta ia termasuk orang-orang yang beriman serta berteguh dalam kesabaran juga menjunjung kasih sayang. Merekalah golongan kanan. Sedangkan orang-orang apa mengingkari ayat-ayat Kami, orang-orang menyertainya merupakan golongan kiri orang-orang menyertainya dikurung batin Neraka.

Surah Al-Humazah adalah surah ke-104 batin al-Qur"an. Surah ini terdiri atas 9 ayat dan tergolong pada surah Makkiyah. Kata Al Humazah berarti pengumpat dan diambil dari ayat pertama surat ini. Kurung isi surat ini adalah ancaman Allah terhadap orang-orang apa suka mencela orang lain, shanks mengumpat dan shang mengumpulkan harta tetapi noël menafkahkannya di jalan Allah.

Terjemahan:

Dengan Menyebut nama Allah, yang Maha Pengasih another Maha Penyayang.

Celakalah bagi setiap pengumpat dan pencela, apa mengumpulkan harta dan menghitung-hitungnya, itu (manusia) ragu bahwa hartanya itu dapat mengekalkannya. Sekali-kali tidak! Pasti dia akan dilemparkan setelah dalam (neraka) Hutamah. Dan tahukah kamu apakah (neraka) Hutamah itu? (Yaitu) api (azab) Allah yang dinyalakan, yang (membakar) sampai nanti hati. Sungguh, fire itu ditutup rapat overhead (diri) mereka, (sedang mereka itu) diikat di ~ tiang-tiang apa panjang.

Surah Ad-Duha (bahasa Arab:الضحى) adalah surah ke-93 di dalam al-Qur"an dan terdiri atas 11 ayat. Surah ini termasuk golongan surah Makkiyah dan diturunkan sesudah surah Al-Fajr. Nama Adh Dhuhaa diambil dari kata yang terdapat diatas ayat pertama, apa artinya "waktu matahari sepenggalahan naik".

Surat Adh Dhuhaa, menerangkan tentang pemeliharaan Allah SWT terhadap Nabi Muhammad SAW mencapai cara yang tak putus-putusnya, restriksi berbuat buruk terhadap anak yatim dan orang yang meminta-minta dan berhubungan dengan pula perintah kepada Nabi supaya mensyukuri segala nikmat.

Terjemahan :

Dengan Menyebut nama belakang Allah yang Maha Pengasih another Maha Penyayang

(1)Demi times dhuha (ketika matahari naik sepenggalah),وَالضُّحَىٰ ​(2)dan demi malam apabila telah sunyi,وَاللَّيْلِ إِذَا سَجَىٰ ​(3)Tuhanmu noël meninggalkan engkau (Muhammad) dan tidak (pula) membencimu,مَا وَدَّعَكَ رَبُّكَ وَمَا قَلَىٰ ​(4)dan sungguh, yang kemudian itu lebih baik bagimu dari apa permulaan.وَلَلْآخِرَةُ خَيْرٌ لَّكَ مِنَ الْأُولَىٰ ​(5)Dan sungguh, kelak Tuhanmu pasti memberikan karunia-Nya kepadamu, sehingga engkau were puas.وَلَسَوْفَ يُعْطِيكَ رَبُّكَ فَتَرْضَىٰ ​(6)Bukankah dia mendapatimu sebagai seorang yatim, lalu dialah melindungi(mu),أَلَمْ يَجِدْكَ يَتِيمًا فَآوَىٰ ​(7)dan itu mendapatimu such seorang yang bingung, lalu dialah memberikan petunjuk,وَوَجَدَكَ ضَالًّا فَهَدَىٰ ​(8)dan itu mendapatimu sebagai seorang apa kekurangan, lalu itu memberikan kecukupan.وَوَجَدَكَ عَائِلًا فَأَغْنَىٰ ​(9)Maka terhadap anak yatim janganlah engkau berlaku sewenang-wenang.فَأَمَّا الْيَتِيمَ فَلَا تَقْهَرْ ​(10)Dan terhadap orang apa meminta-minta jangan lakukan itu engkau menghardik(nya).وَأَمَّا السَّائِلَ فَلَا تَنْهَرْ ​(11)Dan terhadap nikmat Tuhanmu hendaklah engkau nyatakan (dengan bersyukur).وَأَمَّا بِنِعْمَةِ رَبِّكَ فَحَدِّثْ


Surah Az-Zalzalah (bahasa Arab:الزلزلة) adalah surat ke-99 di dalam Al-Qur"an. Suratnya ini terdiri atas 8 ayat dan tergolong di ~ surat Madaniyah. Suratnya ini diturunkan setelah surah An-Nisa". Nama Az-Zalzalah diambil dari kata Zilzaal apa berarti "goncangan" dan terdapat pada ayat pertama surat ini.

Terjemahan

Dengan namu Allah, apa Maha Pengasih, Maha Penyayang.

Lihat lainnya: Pasangan Yang Cocok Untuk Golongan Darah B, Urutan Golongan Darah Yang Paling

Apabila bumi diguncangkan hingga gempar, serta bumi mengeluarkan hal-hal apa terpendam dari dalamnya, sehingga umat ​​manusia mengatakan: "Ada apa dengan ia?" pada aku itu ia keluar riwayatnya; buat sungguh Tuhanmulah yang kelak memerintahkan ia. Pada aku itu umat umat ​​manusia bermunculan dari kubur di dalam keadaan berkelompok-kelompok, supaya sangat halus kepada mereka; berbagai amal mereka, barangsiapa yang memperbuat jenis seukuran zarrah, maka kelak orang itu menjadi mendapati hal tersebut, sedangkan barangsiapa yang memperbuat kejahatan seukuran zarrah, maka kelak setiap orang itu become mendapati halaman tersebut.

al-Fajr ( Arab : الفجر ‎, "Fajar", "Fajar") adalah halaman ( suratnya ) kedelapan puluh sembilan (89) dari Quran menjangkau 30 ayat . <3> surat tersebut menggambarkan kehancuran orang-orang kafir: orang Mesir kuno , orang-orang Iram dari Rukun , dan Mada"in saleh . Ini memvonis orang-orang apa mencintai kekayaan dan memandang rendah rakyat miskin dan anak yatim. Orang-orang saleh dijanjikan surga – ayat last mengatakan "Dan masuklah kamu ke dalam surga-Ku!". Surah ini dinamai demikian setelah kata wal-fajr yang digunakan karena membukanya.


Update compelled To bermain the media you will need to either upgrade your terbawa to a recent version or update your speed plugin.