*
Sumber: gsuite.google.com

Saya akhirnya menemukan tautan untuk mengakses Google membentuk dengan mudah. Tidak punya bertele-tele. 

Lalu bagaimana paling efektif cara membuat kuesioner online? Caranya mendesak mudah. Salah satunya dingin dengan memanfaatkan akuntabel Google kalian. Bagi kalian apa telah pribadi akun Gmail, berarti sudah memiliki bertanggung jawab Google. Just tinggal mengikuti langkah-langkah under ini.

Anda sedang menonton: Cara buat kuisioner google docs

Cara membuat Kuesioner mencapai Google Form


1. Masuk nanti Laman Google Form

Akses koneksi berikut docs.google.com/forms untuk masuk usai Google Form. Kemudian yang saya singgung di awal. Bahwa dibutuhkan akuntabel Google. Maka silahkan masukkan email dan klik berikutnya. Namun bagi yang belum memiliki akun, bisa klik “Buat Akun” terlebih dahulu. Baru bisa next ke langkah kedua.

*

2. Masukkan email dan Password bertanggung jawab Google

Pastinya diminta pintu masuk kata sandi buat masuk nanti akun Google tersebut. Silahkan dimasukkan, lalu mengklik berikutnya. Kalau lupa kata sandinya, mengklik ‘Lupa Sandi?’ dan ikuti langkah selanjutnya.

*

3. Pilih Template yang Disediakan

Kalian akan disuguhkan tampilan mulai dari Google Form. Di situ ada dua membentuk survei apa pernah saya buat. Sehingga, muncul daftarnya di situ. Jika kalian belum pernah membuatnya. Otomatis di daftar membentuk tersebut kosong.

Jika kalian perhatikan di bawah. Di situ siap tersedia theme dari Google. Could beberapa orang sudah cukup dengan pakai template tersebut. Memiliki silahkan pakai saja. Tapi bagi apa ingin making dari awal, ikuti langkah selanjutnya.

*

4. Membuat membentuk Baru

Kalau belum pernah untuk membuat kuesioner sebelumnya, klik tanda <+> untuk memulai forms baru. Di sinilah kita ini adalah memulai semuanya dari awal. Mari untuk kita awali segalanya menjangkau bismillah. Supaya what yang kita lakukan minimal bermanfaat karena diri kita. Aamiin.

*

Nah setelahnya, ini adalah muncul tampilan formulir apa kosong. Di situ benar-benar masih kosong. Judul, deskripsi, serta pertanyaan-pertanyaan juga belum ada. Maka kita sendiri apa akan membuatnya nanti.

Sebelum untuk kita lanjut, mari kita menyamakan persepsi kembali. Kita menjadi membuat forms atau kuesioner karena tujuan apa? Agar menyudahi mari kita buat kuesioner untuk pengiriman barang saja ya.

*

5. Berry Judul

Karena dummy kuesioner ini untuk kepentingan pengiriman barang, maka di atas judul, bisa ~ kita beri tulisan “Formulir siaran Barang”. Sekaligus penjelasan singkat, seperti di bawah ini. Biasanya penjelasan singkat untuk calon pengisi kuesioner.

*

Kemudian langsung saja klik ‘Untitled Question’ untuk mulai untuk membuat pertanyaan.

*

6. Buat Pertanyaan

Selanjutnya, untuk kita ketik silam pertanyaan pertama. Konvensional diawali mencapai menanyakan nama seseorang. Format pertanyaan terserah kita. Misalnya, “Siapa nama lengkap Anda?” atau “Nama maksimum :” juga bisa. Sesuaikan kebutuhan saja ya.

Kemudian, untuk kita ingin hadiah yang such apa? peluang ganda kah? Ya noel mungkin dong. Maka sanggup diganti dengan mengklik bagian combobox, lalu pilih ‘Jawaban singkat’.

Oya. Nama belakang adalah deviasi satu data apa penting. Oleh untuk itu, responden harus mengisinya. Google form pun memberi cara buat menghindari responden mengosongkan jawaban. Caranya mencapai mengaktifkan ‘Wajib diisi’.

*

Dari sini, kita bisa ~ tambah lainnya pertanyaan lain untuk mendapatkan data lain. Misalnya, “Nomor telepon:” Maka caranya dengan klik tanda tangan + di bagian kanan. Setelah itu akan muncul membentuk pertanyaan baru. Lalu isikan pertanyaan lain di situ.

*

Google membentuk cukup keren nih. Jika kami mengisikan “Nomor telepon:” ini adalah muncul keahlian data. Memiliki tujuan agar terhindar dari kesalahan memasukkan data. Apalagi angka telepon yang terdapat angka nol, mungkin saja tertukar mencapai huruf O.

Bisa kami tambah teks salah khusus buat responden. Contohnya, “Hanya sanggup diisi mencapai angka!” diatas bagian situ. Sehingga selagi responden mengisi dengan huruf, become muncul peringatan ini.

Mau menambah pertanyaan lagi? Caranya seperti langkah kesembilan. Pertanyaan what ya kira-kira? Oya misalnya, menanyakan tipe barang yang akan dikirim. Barang spray award belah ataukah bukan? Maka jangan lupa untuk mengganti tipe jawaban responden dengan ‘Pilihan ganda’. Lalu berikan pilihan sesuai kebutuhan kita.

Sebagai tambahan. Google form memberikan fitur karena menambahkan ikon atau lukisan pada setiap usulnya atau peluang di atas. Caranya dengan mengarahkan kursor usai pertanyaan atau peluang tersebut, lalu klik di atas ikon gambar yang muncul.

Kemudian, klik ‘Pilih gambar buat diupload’ >> menjadi masuk document explorer karena mencari gambar apa akan diupload >> ok.

Kita tunggu mengolahnya upload. Oya, saya sarankan bila ingin menggunakan lukis pada form. Maka disesuaikan antara ukuran gambar dengan massa form. Supaya rapi dan enak dilihat.

Begitu selesai upload. Otomatis muncul gambarnya. Mungkin diperhatikan gambar apa saya sisipkan pada opsi jawaban. Gambar tersebut memiliki ukuran 80×80 pixels. Memang saya resize, supaya pas dengan mass form.

Sejauh ini untuk kita telah pribadi tiga pertanyaan untuk responden. Maka kita untuk pertanyaan lain pantas kebutuhan masing-masing. Misalnya di sini saya popponitis tiga pertanyaan terakhir “Kode Pos:”, “Alamat Pengiriman”, dan “Nama maksimum Penerima:”. Caranya hampir sama mencapai langkah-langkah di atas.

Berikut layout jawaban yang saya berikan buat ketiga pertanyaan tersisa. Ketiganya diamanatkan diisi, maka saya aktifkan fitur ‘Wajib diisi’.

Oke. Kita cantik selesai produksi pertanyaan karena formulir pengiriman barang. Waktunya karena uji coba. Pura-puranya kita kemudian responden apa mengisi formulir apa kita buat barusan. Sebelum uji coba, jangan lupa mengganti nama file formulir apa ada di tepian kiri atas. Supaya enak dilihat.

Fitur-fitur di atas Google Form

Coba muncul tengok setelah pojok kanan atas. Dort ada pemfitnahan ikon apa bisa itupenggunaan coba. Ikon palet, mata, gerigi, tombol kirim, dan tiga titik.

Palet : digunakan untuk pemilihan tema formulir.Mata : digunakan untuk melakukan pratinjau formulir. Kita bisa melihat formulir kemudian responden.Gerigi : digunakan buat melakukan menaikkan terhadap formulir.Tombol kirim : digunakan untuk mengirim formulir. Sanggup langsung dikirim setelah email tertentu. Ataukah kita copy tautan dari Google membentuk yang kita buat, baru kita sebar kepada responden.Tiga titik : digunakan karena mengatur lebih lanjut.

Baca juga: Google Photos: back Up Kenangan cantik Anda di sini!

Terlepas dari fungsi kelima ikon di atas. Itu tinggal disesuaikan benar kebutuhan kita. Misalnya saja aturan untuk login terlebih sebelum sebelum mengisinya kuesioner. Itu sanggup kita atur diatas ikon gerigi (setelan) di atas. Caranya menjangkau mengaktifkan ‘Batasi ke 1 tanggapan’. Sebagai yang saya lakukan di bawah.

Cara ditularkan kuesioner Google membentuk dengan tautan atau link

Ini yang membuat kuesioner, mungkin dengan mudah terlibat siapa saja. Sehingga memiliki jangkauan lebih luas. Langsung saja mengklik ‘Kirim’ dan become muncul tampilan sebagai ini. Lalu klik yang saya menunjukkan di bawah.

Berikutnya sanggup kita perpendek URL-nya supaya simpel. Terakhir ya kita salin URL tersebut. Baru bisa disebar usai responden.

Lihat lainnya: Cara Mengganti Email Yang Sudah Terdaftar Di Bpjs, Ridwan Lubis

Oya, jika kita ingin URL-nya lebih kekurangan lagi. Coba kita akses bit.ly dan silahkan perpendek di situs tersebut. Selain bisa lebih pendek, URL-nya tambahan bisa untuk kita custom, supaya lebih sederhana diingat. Berikut contoh URL formulir yang saya practice dan perpendek, bit.ly/FormPengirimanBarang coba mengklik saja untuk melihatnya.

Penutup

Akhirnya tulisan mengenai Google form sudah dengan penghujung. Oke guys, tunggu saya di tulisan berikutnya. Harapan bermanfaat. Watch you soon!