 HomeGeografiBatas-Batas kanton Negara Indonesia (Utara Selatan Timur Barat)
Batas-Batas utama Negara Indonesia (Utara, Barat, Timur, Selatan) Perbatasan adalah panas khayalan yang memisahkan dua bagian atau lebih kanton politik ataukah yurisdiksi such negara, negara bagian atau utama subnasional. Di beberapa utama Indonesia perbatasan ditandai dengan tapal batas. Perbatasan country merupakan manifestasi major kedaulatan kanton suatu negara yang memilik peranan penting dalam penentuan batas utama kedaulatan, pemanfaatan kekayaan alam, membudaya keamanan dan semua wilayah.
Bahwa penataan mengenai batas-batas utama negara indonesia meliputi wilayah daratan, perairannya pedalaman, perairan pulau-pulau dan lautnya teritorial beserta radikal laut, dan negara di bawahnya, serta ruang udara di atasnya, implisit seluruh sumber kekayaan yang terkandung di dalamnya. Penataan batas-batas wilayah negara indonesia ini dilakukan untuk memberikan kepastian tindakan dan kejelasan kepada warga negara mengenai utama negara.

Anda sedang menonton: Batas selatan negara indonesia adalah


Indonesia berbatasan langsung dengan Malaysia (bagian timur), tepatnya disebelah north Pulau Kalimantan. Malaysia merupakan negara yang berbatasan langsung dengan kanton darat Indonesia. Wilayah laut Indonesia sebelah north berbatasan langsung mencapai laut lima negara, yaitu Malaysia, Singapura, Thailand, Vietnam dan Filipina.
*

Sebelah barat wilayah negara Kesatuan republik Indonesia berbatasan langsung menjangkau Samudera pada kenyataannya dan perairan negara India. Tidak ada negara apa berbatasan langsung dengan utama darat Indonesia disebelah barat. Walaupun secara geografis daratan Indonesia terpisah jauh dengan daratan India, tetapi keduanya memiliki batas-batas wilayah yang terletak Di titik-titik tertentu disekitar Samudera indies dan lautnya Andaman. Dua pulau apa menandai perbatasan Indonesia-India adalah pulau Ronde di Aceh dan pulau Nicobar di India.
Wilayah timur Indonesia berbatasan segera dengan daratan Papua Nugini dan perairan Samudera Pasifik. Indonesia dan Papua Nugini telah menyepakati koneksi bilateral antarkedua negara sekitar batas-batas wilayah, tidak just wilayah darat melainkan tambahan wilayah laut. Wilayah Indonesia sebelah timur, yaitu Provinsi Papua berbatasan dengan wilayah Papua Nugini sebelah barat, yaitu Provinsi west (Fly) dan Provinsi Sepik west (Sandaun).
Indonesia sebelah selatan berbatasan secepatnya dengan utama darat Timor Leste, stasiun air Australia dan Samudera Hindia. Timor Leste adalah bekas kanton Indonesia apa telah polemik diri were negara individu pada lima 1999, dahulu wilayah ini dikenal mencapai Provinsi Timor Timur. Provinsi Nusa Tenggara Timur adalah Provinsi yang berbatasan secepatnya dengan utama Timor Leste, tepatnya di Kabupaten Belu. Selain itu, Indonesia also berbatasan menjangkau perairan Australia. Diawal lima 1997, Indonesia dan Australia telah menyepakati batas-batas wilayah negara keduanya apa meliputi Zona Ekonomi Ekslusif (ZEE) dan batas landas kontinen.
Pengaturan utama Negara berdasarkan di ~ pasal 3 undang-undang republik indonesia angka 43 lima 2008 sekitar wilayah country bertujuan karena menjamin keutuhan utama Negara, kedaulatan negara, dan ketertiban di Kawasan Perbatasan demi kepentingan kesejahteraan setiap orang bangsa; Menegakkan kedaulatan dan hak-hak berdaulat; dan menyortir pengelolaan dan pemanfaatan utama Negara dan Kawasan Perbatasan, tersirat pengawasan batas-batasnya.

Lihat lainnya: Cara Merekam Video Di Layar Android Dengan Mudah, Cara Merekam Layar Di Hp Android Dengan Mudah


Disclaimer:
Gambar, jadwal acara ataupun video apa ada di internet ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Daratkan Cipta full dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada melecehkan terkait hal ini, anda dapat menghubungi kami disini.