Bahasa Jawa terkenal rumit untuk memiliki tingkatan bahasa yang disesuaikan dengan siapa kita berbicara.




Anda sedang menonton: Bahasa jawa sehari hari dan artinya

Indonesia terdiri dari berbagai suku bangsa dengan perbedaan bahasa daerah yang begitu beragam. Suku Jawa adalah salah satunya. Karena percakapan sehari-hari, biasanya setiap orang Jawa keuntungan bahasa Jawa start dari bahasa Jawa ngoko hingga krama. Nah, bagi Parents yang ingin mempelajari bahasa Jawa, simak insula seputar kosakata bahasa Jawa karena percakapan sehari-hari berikut ini. 

Kosakata Bahasa Jawa Ngoko untuk Percakapan Sehari-hari


*

Sumber: Twitter


Bahasa Jawa subur rumit buat memiliki tingkatan bahasa apa disesuaikan dengan siapa kita berbicara. Bahasa Jawa ngoko digunakan karena berbicara mencapai orang yang usianya sebaya atau lebih muda. Bahasa Jawa krama digunakan untuk berbicara mencapai orang yang baru dikenal atau yang lebih tua. Sedangkan, bahasa Jawa krama inggil dipakai karena berbicara mencapai orang yang dituakan atau para sesepuh. Nah, dibawah ini adalah kosakatan bahasa Jawa ngoko yang biasa dipakai untuk percakapan sehari-hari such dikutip dari Detik Travel.

Kowe: KamuAwekedhewe: KitaDeweke: DiaIki: IniKuwi: ItuNgendi: Di manaSingendi: yang manaSopo: SiapaNgopo: MengapaPiye: BagaimanaOra: Tfasettoblog.comakMenowo: BarangkaliUwong: OrangLanang: Laki-lakiWedhok atau wadon: PerempuanLare: AnakJeneng: NamaDuwit: UangBanyu: AirDalan: JalanKabeh: SemuaSeko: DariSaiki: SekarangAnyar: BaruTuwo: TuaDowo: PanjangCendek: PendekLarang: MahalBenther: PanasAdem: DinginWingi: KemarinSesuk: BesokNduwur: AtasNgisor: BawahNgelih: LaparLara: SakitNgapunten: MaafEsuk: PagiAwan: SiangBengi: MalamPiro: BerapaOjo: JanganMonggo: SilahkanNuwun: Terima kasihDalem: SayaPanjengengan: KamuPiyambakipun: DiaMenika: IniWonten Pundhi: Di manaIngkangpundhi: yang manaSinten: SiapaKadosmenopo: MengapaKadospundhi: BagaimanaInggih atau injih: IyaMboten: Tfasettoblog.comakMenawi: BarangkaliTiyang ataukah Piyantun: OrangJaler: Laki-lakiEstri : Anak perempuanPutra: AnakAsma: NamaArtha: UangToya: AirMergi: JalanKinten-kinten: Kira-kiraSedanten atau sedaya: SemuaLangkung: LebihSanget: SangatSaking: DariSakmeniko: SekarangEnggal: BaruSepuh: TuaCendak: PendekMirah: MurahAwis: MahalBenther: PanasAsrep: DinginKalawingi: KemarinMbenjang: BesokNginggil: AtasNgandap: BawahLuwe: LaparRahayu: BahagiaGerah: SakitNgapura: MaafEnjing-Injing: PagiSiang: SiangDalu: MalamPripun ataukah kadospundhi: apa kabarPinten: BerapaBaca juga: 6 Cara Belajar Bahasa Mandarin apa Menyenangkan untuk Anak

Kosakata Bahasa Jawa Krama untuk Percakapan Sehari-hari


*

Sumber: Kompas.com


Bahasa Jawa terkenal cukup rumit buat ada tingkatan bahasa yang tangan kedua sesuai mencapai lawan bicara. Jika bahasa Jawa ngoko digunakan untuk berbicara mencapai teman sebaya atau apa lebih muda, maka bahasa Jawa krama digunakan karena berbicara menjangkau orang yang lebih tua atau orang apa dihormati. Berikut kosakata bahasa Jawa krama apa bisa dipakai untuk percakapan sehari-hari:

Sugeng tindak : Selamat jalanDereng: BelumAmargi: KarenaWontenmriki: Di siniSae: BaikKirangsae: JelekLeres: BetulAgeng: BesarAlit: KecilKathah: BanyakSakedhik: SedikitSami: SamaSaget: BisaKagungan: PunyaWonten: AdaKersa: MauTindhak: PergiRawuh: DatangNgendika: BicaraDawuh: BilangMrisani: LihatNgertos: Mengertfasettoblog.comahar: MakanNgunjuk: MinumMireng: DengarParingi: BerikanRemen: SukaTresna: CintaPenggalih: PikirNdamel: MembuatLenggah ataukah pinarak: DudukTumbas: BeliKendhel: BeraniTebih: JauhCerak: DekatTengen: KananKiwo: KiriBaca juga: 10 Aplikasi Belajar Bahasa Inggris Terbaik untuk Buah trấn Parents

Bahasa Jawa ngoko dan Krama untuk Angka 1-20


*

Sumber: Webwisata.com


Selain kosakata di atas, Parents juga bisa mempelajari angka satu sampai sepuluh sebagai latihan dasar hitung-hitungan dalam bahasa Jawa. Masing-masing juga berbeda untuk yang ngoko dan krama. Linimasa perbedaannya berikut ini:

Siji/Setunggal: SatuLoro/Kalih: DuaTelu/Tiga(dibaca tigo): TigaPapat/Sekawan: EmpatLima/Gangsal: LimaEnem/Enem: EnamPitu/Pitu: TujuhWolu/Wolu: DelapanSanga/Sanga: SembilanSepuluh/Sedasa: SepuluhSewelas/Setunggalwelas: SebelasRolas/Kalihwelas: Dua belasTelulas/Tigawelas: Tiga belasPatbelas/Sekawanwelas: Empat belasLimolas/Gangsalwelas: tahun belasNembelas/Nemwelas: Enam belasPitulas/Pitulas: Tujuh belasWolulas/Wolulas: Delapan belasSangalas/Sangalas: Sembilan belasRongpuluh/Kalihdasa: Dua puluh

Parents, itulah sederet kosakata bahasa Jawa ngoko dan krama apa masing-masing sanggup digunakan karena percakapan sehari-hari. Penggunaannya adaptasi dengan lawan bicara miliki dilihat dari usia, status, dan juga latar belakang. Harapan informasi di ~ bisa help Parents belajar bahasa Jawa ya!

Baca juga:

Pentingnya anak belajar bahasa ibu, ini 4 alasannya!


Penelitian: sayang Akan pulih Bahasa Lahirnya sampai Ia Dewasa

Tahapan perkembangan Bahasa diatas Balita



Bagaimana Cara saya dilatih Anak Hebat? Ini 3 Hal yang Perlu Diperhatikan Menurut Psikolog dan Mam Hebat

Edukasi sekolahnya Dasar
7 Cara Menyenangkan yang Membuat Si small Semangat Sahur
Pengasuhan Anak


Lihat lainnya: Rangkuman Materi Mtk Kelas 8 Semester 1 3, Matematika Kelas 8 Smp

Bagaimana perilaku Belajar Progressif dapat menyumbangkan Masa dore Generasi Alpha? Ini penjelasan dari Psikolog Anak & Keluarga
Parenting bikin pusing? Yuk meminta langsung dan dapatkan jawabannya dari sesama parents dan also expert di application fasettoblog.com! Tersedia di iOS dan Androfasettoblog.com.