fasettoblog.com, Jakarta Sholat tarawih merupakan ibadah sunnah yang kerap dikerjakan melalui umat Muslim di bulan Ramadan. Sholat tarawih pada umumnya dilakukan secara berjamaah di masjid. Menjadi tetapi, sholat tarawih juga dapat dikerjakan personally di rumah di dalam situasi tertentu.

Anda sedang menonton: Apakah shalat tarawih boleh sendiri


Dilansir dari laman NU Online, sholat tarawih dapat dilakukan sendiri dalam apabila memenuhi mayoritas kriteria seperti usia siap uzur, hujan apa dapat membasahi pakaian, datangnya salju, cuaca dingin, sakit berat, hingga kekhawatiran overhead gangguan scammers jiwa.

Oleh untuk itu, di saat pandemi virus Corona atau Covid-19 saat ini mendesak dianjurkan bagi umat Muslim karena melakukan sholat tarawih di rumah.

Pendapat ini also berdasarkan pendapat imam malik, Abu Yusuf dan ulama lain dan dikuatkan oleh hadits Rasullullah SAW yang berbunyi:

فَصَلُّوا أَيُّهَا النَّاسُ فِى بُيُوتِكُمْ ، فَإِنَّ أَفْضَلَ الصَّلاَةِ صَلاَةُ الْمَرْءِ فِى بَيْتِهِ إِلاَّ الْمَكْتُوبَةَ

“Hendaklah kalian human melaksanakan shalat (sunnah) dalam kalian buat sebaik-baik shalat adalah shalat seseorang di rumahnya kecuali shalat wajib.” (HR Bukhari Muslim)


2 dari 5 halaman

Niat Sholat Tarawih sendiri di Rumah


*
penjadwalan Sholat, Imsakiyah dan buka terbuka Puasa aku ke-20, 5 Juni 2018" class="js-lazyload read-page--photo-gallery--item__picture-lazyload" data-template-var="image">
Perbesar
Masih kokoh puasanya? Ini perencanaan shlat, imsakiyah dan buka puasa aku ke-20, 5 Juni 2018. (Ilustrasi: Wikipedia)
Sholat tarawih adalah ibadah sunnah yang hukumnya sunnah muakkad. Sholat tarawih bisa dilakukan sendirian atau cara munfarid di rumah. Untuk kalian yang ingin bekerja sholat tarawih sendiri di rumah, harus baca niat berikut:

"USHOLLII SUNNATAT-TAROOWIIHI ROK"ATAINI MUSTAQBILAL QIBLATI LILLAAHI TA"ALAA."

Artinya: "Saya niat sholat sunnah tarawih dua raka"at menghadap kiblat untuk Allah Ta"ala."


3 dari 5 halaman

Tata Cara Sholat Tarawih personally di Rumah


*
jadwal Sholat, Imsakiyah dan membukanya Puasa aku ke-26, 11 Juni 2018" class="js-lazyload read-page--photo-gallery--item__picture-lazyload" data-template-var="image">
Perbesar
Ramadan belum berakhir, ini perencanaan sholat, imsakiyah dan buka terbuka puasa hari ke-26, 11 Juni 2018. (Ilustrasi: Pexels.com)
Umumnya sholat tarawih sendiri di rumah cukup dikerjakan sebanyak 11 rakaat yang terdiri dari 8 rakaat sholat tarawih dan 3 rakaat sholat witir.

Idealnya sholat tarawih dikerjakan sebanyak 2 rakaat mencapai 1 kali salam such sholat sunnah lainnya. Kerjakan sholat tarawih 8 rakaat mencapai setiap 2 rakaat diakhiri salam sebagai biasa.

Setelah akun itu disambung mencapai sholat witir yang dikerjakan 3 rakaat diakhiri 1 kali salam. Karena tata cara sholat tarawih individu di rumah sebenarnya sama dengan cara bekerja pada sholat fardhu, tersirat gerakan maupun bacaannya. Hal yang membedakan tata cara sholat tarawih dari sholat fardhu terletak pada bacaan niatnya saja.


4 dari 5 halaman

Tata Cara Sholat Witir


*
jadwal Sholat, Imsakiyah dan membukanya Puasa hari ke-25, 10 Juni 2018" class="js-lazyload read-page--photo-gallery--item__picture-lazyload" data-template-var="image">
Perbesar
Sudah aku ke-25 puasa, jangan lupa dengan reservasi sholat dan imsakiyah ramadan 2018. (Ilustrasi: Pexels.com)
Jumlah rakaat sholat tarawih apa umum dikerjakan antara 8 rakaat sholat tarawih ditambah 3 rakaat sholat witir. Namun ada tambahan yang mengerjakan sholat tarawih 20 rakaat ditambah mencapai 3 rakaat sholat witir.

Meski begitu, masing-masing dikerjakan setiap 2 rakaat dan diakhiri mencapai salam. Sholat tarawih sebaiknya ditutup mencapai sholat witir yang jumlah rakaatnya ganjil. Niat sholat witir bervariasi, umumnya 1 rakaat atau 3 rakaat.


5 dari 5 halaman

Niat Sholat Witir 3 Rakaat 1 Kali Salam


*

Perbesar
Ilustrasi Kitab Al Qur’an Credit: pexels.com/Abdulmeilk
Berikut ini bacaan niat sholat witir mencapai 3 rakaat yang diikuti mencapai 1 kali salam.

Lihat lainnya: Password Resident Evil 4 Ps2 Cheats, Resident Evil 4

"USHALLII SUNNATAL WITRI TSALAASA ROKA"AATIN MUSTAQBILAL QIBLATI ADAA"AN LILLAAHI TA"ALAA."

Artinya : "Saya berniat sholat witir tiga rakaat menghadap kiblat karena Allah Ta"alaa".

 


Kredit
Bagikan
68
*

TOPIK POPULER


TOP 3 CITIZEN6


Populer

Lihat Semua

Berita Terkini

Lihat Semua