Apakah yang dimaksud dengan teks eksposisi – Secara sederhana, teks eksposisi adalah sebuah karangan yang gagasannya gigi tiruan dan jelas, serta bertujuan karena mengajak seseorang melalui teks tersebut.

Struktur penulisan teks ini, sama dengan structure teks editorial ataukah opini yang memuat dalil (pernyataan pendapat), argumen, dan penegasan ulang.

Anda sedang menonton: Apa yang dimaksud dengan teks eksposisi?


Apakah yang dimaksud menjangkau teks eksposisi

Teks eksposisi adalah teks apa bersifat ajakan, serta berisikan informasi faktual yang ditulis dengan ringkas. Di dalam kaidah bahasa Indonesia, teks eksposisi dijelaskan sejumlah informasi apa jelas dan menarik. 

Beberapa pendapat juga menyatakan, bahwa teks eksposisi adalah jenis teks yang berfungsi untuk menyampaikan pemikiran mengenai sebuah topik. Penyimpangan satunya yaitu menurut Priyanti (2014: 91), teks eksposisi bertujuan buat meyakinkan pembaca become argumen ataukah opini dari penulisnya.

Paragraf eksposisi umumnya bersifat ilmiah atau non fiksi, bisa tanpa disadari their pun sering menjumpai teks eksposisi dalam kehidupan sehari-hari. Contohnya saat melakukan diskusi forum, accordingly seseorang berkomunikasi opini ataukah argumennya.

Terkadang buat memperjelas bahas tersebut, their bisa memasukkan gambar, statistik, ataupun grafik. Teks eksposisi also sering ditemukan di dalam bentuk prosedural (langkah/proses kerja/cara-cara), teks bentuk ini disebut tambahan dengan istilah paparan proses.

Ciri-Ciri Teks Eksposisi

*

Contoh teks mencapai data:

“Sesudah makan berat, umumnya orang menjadi menyantap kudapan. Berdasarkan penelitian dari national Institute that Health, halaman tersebut merupakan kebiasaan baik untuk dapat menyeimbangkan rekaman gula dalam tubuh untuk menghadapi jadwal makan berikutnya”.

7. Menyatakan dan demisioner Pendapat

Menyatakan dan menjelaskan pendapat batin teks eksposisi, tentu saja akan lebih sederhana pembaca buat memahami arguement penulis. 

Contoh teks mencapai pendapat:

“Air putih menjadi salah satu komponen yang paling esensial di dalam tubuh. Hal tersebut karena 2/3 dari tubuh butuh asupan air yang cukup. Air tambahan mampu ringkas tubuh dari berbagai racun, serta memberikan nutrisi apa penting untuk tubuh”.

8. Penegasan Pendapat

Penegasan pendapat disimpan di bagian penutup atau simpulan, bagian ini sifatnya objektif dan harus memuat fakta ilmiah serta sentence efektif.

Contoh:

“Seperti apa telah saya jelaskan sebelumnya, dari penjelasan tersebut bisa dibilang jika kalori apa ada di batin makanan cepat saji (fast food) mendesak sedikit, namun ini adalah memberikan dampak apa sangat buruk karena kesehatan tubuh”.

Lihat lainnya: Kata Kata Penantian Cinta Sejati, Page Not Found &Bull Instagram

Menurut Kosasih (2014: 9) kaidah kebahasaan dari teks eksposisi terdiri dari:

Pernyataan persuasif.Pernyataan faktual.Menggunakan istilah teknis pantas topik bahasan.Komentar ataukah menilai.Memuat konjungsi.Menggunakan kata kerja material.

Kini Anda sudah memahami apakah apa dimaksud menjangkau teks eksposisi? start dari pengertian, struktur, ciri-ciri, hingga contohnya. Intinya teks eksposisi adalah teks apa memuat opini atau arguement penulis, serta bersifat ajakan. Bab tersebut bertujuan untuk mengajak pembacanya supaya memiliki pemikiran yang sama dengan penulis.