Tiada Allah menciptakan sesuatu dengan manfaat dan tujuannya. Begitupun mencapai penciptaan setan. Mungkin sebagian orang perhitungan setan tiada guna, hanya untuk setan selalu menjerumuskan anak Adam ke jalan yang kurang baik. Yang perlu diketahui adalah bahwa setan yang noel pernah lepas dari manusia, sebab dialah yang paling bersemangat saya suka orang yang taat kepada Allah.

Sebab itulah Ibnu Athaillah together Sakandari menulis petuah bijaknya dalam kitab “Al Hikam” seperti berikut:

جعله لك عدوا ليوحشك به إليه وحرك عليك النفس ليدوم إقبالك عليه

“Allah menjadikan setan kemudian musuhmu agar kau benci kepadanya dan perlindungan kepada-Nya. Dia juga tetap menggerakkan nafsumu supaya kau selalu menghadap kepada-Nya.”


Majalah fasettoblog.com
*

Dalam kitab tersebut disebutkan juga jika setan memang musuh apa nyata bagi segenap manusia. Namun yang sebagai itu dimaksudkan agar kau benci kepadanya, dan always memohon keterpurukan kepada Allah semata.

Anda sedang menonton: Apa tujuan allah menciptakan iblis

Manusia sadar jika ia noël akan mampu menghadapi setan sendirian, untuk itu ia terdorong karena meminta bantuan kepada sang Maha kuat dan Maha Perkasa. Permusuhan itulah apa mengembalikan umat ​​manusia kepada Allah.

Manusia menjadi lebih menutup dan selalu bergantung just kepada Allah. Inilah tujuan major diciptakannya setan sebagai musuh manusia. Namun gambaran di atas noël berlaku kepada manusia yang sudah mengarahkan tekadnya kepada apa Maha Haq, karena manusia yang masuk golongan ini sudah terbiasa rem dirinya kepada Allah.

Tidak lagi membutuhkan ‘musuh’ untuk menjadikannya bagian belakang kepada Allah. Sebagaimana tersurat di dalam QS an Nahl ayat 99:

إِنَّهُ لَيْسَ لَهُ سُلْطَانٌ عَلَى الَّذِينَ آمَنُوا وَعَلَىٰ رَبِّهِمْ يَتَوَكَّلُونَ

“Sesungguhnya setan itu tidak ada kekuasaannya atas orang-orang yang beriman dan bertawakkal kepada Tuhannya.”

Allah juga menggerakkan nafsu setiap umat ​​manusia agar selalu menghadap kepada-Nya. Manusia noel akan mampu melawan hawa nafsunya dan pinggir jalan gelora apa sudah menyatu dengan darah dagingnya kecuali berlindung kepada Dzat apa lebih kokoh darimu, yaitu Allah.

Alhasil, rupanya setan diciptakan untuk mendekatkan umat ​​manusia kapada Allah, bukan menjauhkann dari-Nya. Kita yang mengerti bahwa setan adalah musuh apa nyata di dalam kehidupan, buat itu mari untuk kita mohon maju kepada Allah semaksimal mungkin, sebab kita noël akan mungkin menghadapi setan sendirian.

Lihat lainnya: Cara Menyembuhkan Radang Usus Besar Bisa Sembuh, Buku Ajar Patologi Robbins

Kita membutuhkan Allah untuk mengalahkannya. Ternyata setan menjadikan manusia lebih berdekatan pada-Nya.