Perbedaan tumor dan kanker harus diketahui agar noël keliru. Noël semua tumor menemani itu berbahaya, dan belum tentu tumor berubah menjadi kanker. Tumor sanggup berupa jinak, prakanker, dan juga ganas.

Anda sedang menonton: Apa perbedaan kanker dan tumor


*
Butuh kebijakan aturan medis untuk menentukan perbedaan tumor dan kanker
Istilah tumor dan kanker sering used silih berganti. Namun di atas kenyataannya, tumor dan kanker apakah sama? Tumor adalah benjolan apa terjadi untuk pertumbuhan sel dan jaringan berlebih apa bisa bersifat jinak maupun ganas. Sedangkan kanker adalah tumor ganas apa berisi sel-sel bersifat kanker dan dapat menyebar ke jaringan sehat di sekitarnya atau bahkan nanti jaringan yang letaknya jauhnya dari sumber tumor awal.Agar lebih jelas, berikut penjabaran seputar selisih tumor dan kanker dari segi jenis, lokasi hingga gejalanya.
*

 Menurut The nationwide Cancer academy tumor adalah massa atau benjolan. Tumor terjadi kapan sel-sel tubuh tumbuh terlalu cepat. Secara umum, tumor dibedakan were tiga tipe di bawah ini:

1. Tumor jinak

Tumor jinak noel berbahaya. Pertumbuhannya pun lambatnya dan noël dapat menyebar ke bagian tubuh lain. Tidur jinak umumnya noël menyerang jaringan dan noël menyebar setelah bagian riak lainnya. Sebaiknya periksakan dengan hati-hati mengenai kapak ini. Sebab, sel tumor jinak pada beberapa kasus tambahan dapat ditanam dengan cepat.

2. Tumor prakanker

Tumor prakanker merupakan types tumor apa belum menjadi kanker, namun berpotensi buat menjadi ganas. Meski noël tergolong kanker, tumor ini sebaiknya tetap perlu dicek secara rutin setelah dokter mencapai tunjuan untuk mewaspadai apabila tumor ini sewaktu-waktu berubah menjadi ganas.

3. Tumor ganas

Tumor menyinggung adalah kanker. Di atas tumor ini, sel-sel dapat menyebar nanti bagian riak lain dan memicu beragam gangguan kesehatan. Untuk mengetahui types tumor yang Anda miliki, dirombak medis harus dilakukan. Pasalnya, just dokter apa bisa memastikan apakah milik mereka mengalami tumor jinak, prekanker, maupun kanker.Pertumbuhan tumor juga terkadang noël dapat diprediksi. Banyak tumor jinak mungkin saja berubah dulu tumor agresif di kemudian hari.Untuk itu, Anda apa memiliki tumor jinak harus menjalani pemeriksaan medis secara rutin. Langkah ini akan membantu dokter buat memantau pertumbuhannya.
*

Setelah mengetahui perbedaan tumor dan kanker, kini saatnya buat mengenal jenis-jenis tumor jinak. Beberapa di antaranya meliputi:

Adenoma

Adenoma merupakan tumor apa tumbuh di jaringan epitel. Tipe yang paling sering adalah polip di usus besar, namun bisa tambahan tumbuh di hati, kelenjar pituitari, dan kelenjar tiroid. Penanganan untuk adenoma bergantung di ~ lokasi dan mass tumor. 

Fibroid

Fibroid adalah types tumor apa tumbuh di jaringan fibrosa. Tumor ini sering muncul di rahim dan berpendapatan fibroid rahim, polip rahim, ataukah miom.Meski noël berbahaya, fibroid rahim bisa ~ menimbulkan sakitnya hingga perdarahan dari vagina yang tak normal, sehingga meminta tindakan operasi untuk mengangkatnya. 

Hemangioma

Hemangioma terbentuk acibe sel-sel darah apa berlebihan. Umumnya, tumor ini terjadi diatas anak-anak.Tumor hemangioma kerap muncul di kulit dan hati. Tumor ini biasanya menjadi menghilang menjangkau sendirinya tidak punya penanganan medis.

Lipoma

Lipoma adalah pertumbuhan jaringan lemak di bawah kulit. Tumor ini most sering muncul di leher, bahu, dan ketiak.Faktor genetik dapat berperan dalam terjadinya lipoma. Jika memicu nyeri dan terasa mengganggu, lipoma mungkin diangkat melalui prosedur medis.Tumor jinak tidak mengandung sel-sel kanker. Ini berarti, mereka noel berbahaya karena tubuh.Meski begitu, tumor jinak bisa ~ saja menyebabkan sakitnya dan masalah serius dll jika tumbuh di menutup organ-organ an essential dan menekan saraf. 
*

Rasanya, pengetahuan kyung perbedaan tumor dan kanker takkan lengkap bila Anda noël tahu jenis-jenis tumor prakanker. Berikut jenis-jenisnya:

Actinic keratosis

Ciri-ciri actinic keratosis meliputi tumbuhnya bercak-bercak kasar, bersisik, dan tebal di ~ kulit. Deviasi satu faktor risikonya adalah paparan sinar matahari, sehingga tumor prakanker ini disebut juga sebagai solar keratosis.Dokter umumnya become menyarankan tindakan medis untuk menanganinya buat tumor ini dapat berubah were karsinoma sel skuamosa, apa merupakan kanker kulit.

Displasia serviks

Displasia serviks adalah perubahan abnormal diatas sel di sekitar leher rahim. Terms ini konvensional baru diketahui saat Pap smear.Tak menutup kemungkinan bahwa tumor ini bisa ~ berubah dulu kanker serviks di dalam waktu 10-30 tahun. Karena menentukan penanganannya, hati-hati perlu mempertimbangkan taraf keparahan terms dan usia pasien. 

Metaplasia di ~ paru

Metaplasia di atas paru merupakan tumor yang tumbuh di bronkus. Diatas beberapa orang, misalnya merokok aktif, tumor prakanker ini perlahan-lahan mungkin berubah dulu kanker. 

Leukoplakia

Leukoplakia adalah timbulnya bercak-bercak weiss di dalam mulut. Umumnya, bercak-bercak ini noël terasa sakit, luaran bentuk yang tak beraturan, agak menonjol, dan noël mudah dikikis.Segeralah setelah dokter jika anda mengalami bercak-bercak tersebut dan tak mengunjungi hilang di dalam dua minggu.

Lihat lainnya: Fakta Suku Baduy Dan Tengger Mendiami Pulau ? Cara Sukses Menempuh Ulangan Bersama Arif

 Meski noël tergolong kanker, tumor prakanker tetap haruss dicek secara rutin usai dokter. Langkah ini bertujuan mewaspadai apabila tumor ini sewaktu-waktu berubah ganas. 
*

Tumor menyinggung adalah tumor apa perlu diwaspadai untuk mengandung sel-sel kanker. Sel-sel tertanam secara noël terkendali dan dapat menyebar usai bagian berbadan lainnya. Selain itu, tumor ganas tambahan bisa kembali lagi usai diangkat. Jenis-jenis tumor ganas meliputi: 

Karsinoma

Jenis tumor agresif ini most umum terjadi. Karsinoma terbentuk dari sel-sel epitel, dan dapat bertindihan payudara, usus besar, prostat, serta perut. 

Sarkoma

Sarkoma adalah tumor ganas yang terbentuk di tulang, jaringan lunak, dan jaringan berserat. Ada lebih dari 70 types sarkoma, dan sebagian terlalu tinggi tergolong kemudian kanker. 

Sel germinal

Sel germinal merupakan tumor apa berkembang di dalam sel penghasil sperma dan sel telur. Umumnya, kanker ini dikenali di ovarium atau testis, namun tidak menutup kemungkinan untuk tumbuh di otak, perut, maupun dada.

Blastoma

Tumor menyinggung ini berefek sel induk yang disebut sel prekursor. Sel ini lebih kawanan dimiliki oleh bayi yang belum melakukan dibanding rakyat dewasa. Karenanya, blastoma lebih sering dialami malalui anak-anak. <>
Demikianlah perbedaan tumor dan kanker, serta jenis-jenisnya. Tumor jinak tidaklah menyakiti dan konvensional tak perlu ditangani secara medis selama noel mengganggu penderitanya. Sementara tumor prakanker dan tumor agresif (kanker) meminta intervensi medis.Meski begitu, periksakan diri nanti dokter jika anda memiliki benjolan atau perubahan janggal di berbadan Anda, baik yang noël bergejala maupun tidak. Pasalnya, just pemeriksaan medis dan dokter yang bisa mendeteksi perbedaan tumor dan kanker.Deteksi dini sangatlah penting agar tumor maupun kanker bisa mengatasi secepat mungkin. Menjangkau ini, dari mereka pun terhindar dari penyebaran kanker maupun komplikasi yang noël diinginkan.
Healthline. Https://www.healthline.com/health/cancer/difference-between-benign-and-malignant-tumorsDiakses diatas 14 Januari 2020Medical berita Today. Https://www.medicalnewstoday.com/articles/249141.phpDiakses di ~ 14 Januari 2020Medical berita Today. Https://www.medicalnewstoday.com/articles/301456.phpDiakses diatas 14 Januari 2020WebMD. Https://www.webmd.com/a-to-z-guides/benign-tumors-causes-treatments#1Diakses di ~ 14 Januari 2020WebMD. Https://www.webmd.com/cancer/cervical-cancer/cervical-dysplasia-symptoms-causes-treatments#1Diakses di atas 14 Januari 2020Mayo Clinic. Https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/sarcoma/symptoms-causes/syc-20351048Diakses pada 14 Januari 2020
Terima kasih siap membaca.Seberapa bermanfaat insula ini bagi anda?(1 noël bermanfaat / 5 terutang bermanfaat)