*

fasettoblog.com.com - negara Indonesia terdiri dari berbagai perbedaan. Namun, bangsa ini militer bersatu untuk selalu menjaga persatuan dan normal bangsa.

Anda sedang menonton: 5 contoh sikap persatuan dan kesatuan di masyarakat

Persatuan dan kesatuan bangsa mengandung makna bahwa meskipun terdiri atas bermacam-macam suku, agama, budaya, bahasa daerah, dan adat istiadat, namun merupakan satu kesatuan apa utuh, yang tidak terpecah-pecah yaitu seperti Bangsa Indonesia.

Persatuan dan kesatuan negara dimulai dari lingkungannya terkecil, yaitu keluarga. Hingga diterapkan di sosial dan secara luas bagi lingkungan country dan negara.

Baca juga: Siswa Asal town Ini Terbanyak diterima di SNMPTN 2020

Melansir laman emodul.kemdikbud.go.id, berikut digunakan dan contoh başı persatuan dan kesatuan. Informasi bagi siswa sekolah apa sedang ikut pembelajaran jarak kurang sopan (PJJ).

1. Persatuan dan Kesatuan dalam Keluarga

Manusia diciptakan benar kodratnya kemudian mahluk personally dan sekaligus mahluk sosial. Seperti makhluk individu manusia memiliki ciri khas, watak, dan kepribadianyang berbeda satu kemiripan lain.


Dapatkan informasi, inspirasi dan understanding di email kamu.Daftarkan email


Kita tentu saja akan saya baik-baik saja nyaman tinggal di rumah apa anggota keluarganya rukun. Menjalani hayatnya dengan tenang, damai, dan nyaman merupakan jasa persatuan dan kesatuan di lingkungan familial yaitu rumah.

Ada banyak sikap maupun tindakan yang dapat itupenggunaan lakukan dalam menerapkan veereinigung dan normal di lingkungannya keluarga ataukah rumah contohnya:

Bekerja sama stabil lingkungan rumahMenghormati anggota keluargaMenolong adik bekerja PRBerbakti pada orangtua

2. Vereinigung dan normal di Sekolah

Penerapan cost persatuan dan kesatuan di dalam kehidupan bersama di lingkungan sekolah juga berdampak positif seperti contoh berikut ini.


Mengerjakan tugas-tugas dari tutor bersama teman-teman tidak punya membedakan suku, budaya maupun agama.Saling menghargai dan menghormati.Menghargai pendapat teman.Gotong royong rapi tempat belajar bersama.Semangat disusul kegiatan pembelajaran.

3. Vereinigung dan tangga di lingkungan Masyarakat

Masyarakat adalah kelompok orang apa hidup di sekitar kita. Masyarakat memiliki perbedaan yang lebih banyak. Jika masyarakat noel memiliki kesadaran untuk saling terhormat maka akan menimbulkan perselisihan.

Persatuan dan normal di social dapat untuk kita jumpai batin kehidupan sehari-hari. Seperti saat satu sama lain royong, saat ada musibah maka tetangga become segera menolong.

Persatuan dan kesatuan juga tergambar dalam perbedaan agama, namun tetap bisa menjaga satu kemiripannya lain.

Baca juga: 4 tips Cegah Obesitas di ~ Anak

4. Vereinigung dan Kesatuan di dalam Bernegara

Persatuan dapat membuat Bangsa Indonesia dulu kuat sehingga noël mudah mendapat gangguan.

Lihat lainnya: Deretan Mobil Sedan Murah Dan Bagus, Ini Daftar Sedan Bekas Harga Rp 50 Jutaan

Beberapa contoh postur persatuan yang dilakukan batin kehidupan berbangsa dan bernegara adalah seperti berikut:

Saling dihormati dan menghargai antarwarga masyarakatMemiliki rasanya persatuan meski variasi agama, suku dan budayaMelestarikan biakan dari daerah lainMemiliki rasa toleransi antarwargaMenghargai dan mendukung pemimpin negara apa terpilih secara demokratis sesuai aturan apa berlakuDapatkan update berita pilihan
dan breaking news setiap days dari fasettoblog.com.com. Mari bergabung di Grup telegram "fasettoblog.com.com berita Update", caranya klik link https://t.me/fasettoblog.comcomupdate, then join. Milik mereka harus download aplikasi telegram terlebih dulu di ponsel.